Serial Opera Luar Angkasa Terbaik Selain Star Trek dan Star Wars

Kamu suka nonton serial seperti “The Mandalorian” atau “Picard”? Mungkin kamu suka dengan petualangan luar angkasa? Di sini kami memberi rekomendasi beberapa serial opera luar angkasa yang layak kamu coba.

Eh, tapi sebelum itu, mungkin ada baiknya jika kamu mengenal istilah opera luar angkasa terlebih dulu.

Apa itu Opera Luar Angkasa?

Opera luar angkasa (space opera) merupakan sebuah sub-genre dari fiksi ilmiah. Kisah seperti ini biasanya menyajikan petualangan yang dramatis dan heroik. Lalu, tidak jarang juga menyangkut politik atau perang yang meliputi wilayah berskala besar. Latarnya bisa di luar angkasa atau di masa depan.

Sub-genre ini sangat populer di segala bidang. Baik buku, film, sampai video game. Seperti sudah disebut di atas, lihat saja waralaba Star Trek dan Star Wars.Selain itu masih ada beberapa contoh lain. Di film, salah satunya adalah “Dune.” Lalu di video game, ada “Halo,” “Mass Effect,” atau “Destiny.”

Nah, sudah ada gambaran kan? Karena kita sekarang sedang membahas film seri alias TV show, berikut ini rekomendasi kami:

Serial TV Opera Luar Angkasa Yang Layak Ditonton


Doctor Who

“Doctor Who” merupakan salah satu serial dengan masa tayang paling lama di dunia. Serial buatan BBC Inggris ini sudah memulai debutnya pada tahun 1963 dan masih berlangsung sampai sekarang.

Serial ini mengikuti petualangan sesosok penguasa waktu (time lord) yang disebut The Doctor. Ia mengeksplorasi jagat raya dengan pesawat ruang dan waktu bernama TARDIS.

Transisi dari musim satu ke musim yang lain diperkenalkan melalui konsep regenerasi yang memungkinkan sang Doctor berganti pemeran. Biasanya ia juga memiliki asisten yang berganti-ganti (Karen Gillan, pemeran Nebula di MCU adalah salah satunya).


serial luar angkasa the expanse

The Expanse

Serial “The Expanse,” yang mulai tayang sejak tahun 2015, berasal dari buku dengan judul sama hasil karya James S. A. Corey. Film seri ini berlatar masa depan ketika manusia sudah menempati Tata Surya.

Serial ini bercerita tentang beberapa orang yang tanpa sengaja menemukan dan kemudian terjebak dalam konspirasi di tengah perang dingin. Krisis bertambah dengan kehadiran senjata teknologi alien yang baru ditemukan.

Kamu bisa menonton ke-6 season (total 62 episode) “The Expanse” di di Prime Video.


serial luar angkasa foundation

Foundation

“Foundation” merupakan serial yang diadaptasi dari seri buku karangan Isaac Asimov. Serial ini bercerita soal saga The Foundation, kaum buangan yang menemukan bahwa satu-satunya cara menyelamatkan Kekaisaran Galaktik adalah dengan menolaknya.

Berawal dari ramalan seorang matematikawan jenius, pergolakan di Kekaisaran ini berlangsung selama seribu tahun. David S. Goyer menyatakan kalau ia mengharapkan bisa menuang kisah ini dalam 80 episode (80 jam).

Kamu bisa menonton season pertama “Foundation” di Apple TV+. Apple sudah memberi lampu hijau untuk season kedua.


The Orville

“The Orville” adalah serial fiksi ilmiah berbumbu komedi yang dibuat dan diperankan oleh Seth MacFarlane (juga terkenal sebagai pembuat “The Family Guy”).

Serial ini bertempat di USS Orville (ECV-197), pesawat ekplorasi ruang angkasa kelas menengah, di Planetary Union, sebuah aliansi antar bintang. Kisahnya, yang terinspirasi oleh serial Star Trek, juga menampilkan petualangan kru pesawat melakukan eksplorasi luar angkasa.

Serial “The Orville” bisa kamu temukan di Disney+.


Selain serial di atas, ada juga beberapa judul seri luar angkasa yang pantas disebut, seperti “Farscape” (1999-2003), “Firefly” (2002-2003), atau “Batllestar Galactica” (2004-2010).

Nah, selamat mengikuti.

Yuk, lanjut baca
Review Film Peninsula: Sayang, Dramatisasi Terlalu Dipaksakan
%d blogger menyukai ini: