Jenis-Jenis Buah Iblis dalam Dunia One Piece

Buah iblis adalah salah satu hal yang luar biasa dalam dunia One Piece. Karena berkatnya kita bisa menyaksikan banyak sekali varian karakter, kekuatan, dan masing-masing keunikanya.

Buah ini memberikan kekuatan dahsyat bagi siapa saja yang memakannya. Tapi efek samping dari buah ini adalah penggunanya akan kehilangan kemampuan dalam berenang.

Nah, dari itu tidak heran jika banyak bajak laut dalam One Piece yang meski sangat jago bertarung tapi tidak bisa berenang.

Jenis Buah Iblis One Piece

Secara umum, buah iblis ini terbagi menjadi 3 jenis, yakni Zoan, Paramecia, dan Logia. Meski demikian, pada kenyataannya masih ada sub jenis lainnya. Jadi jika ditotal, sampai sekarang ada 6 jenis buah iblis dalam dunia One Piece.

Dari keenam jenis buah iblis itu, masing-masing memiliki keunikan dan kekuatan yang berbeda. Berikut penjelasannya:

Zoan

Tipe Zoan adalah buah iblis yang memberikan kekuatan binatang bagi siapapun yang memakannya. Buah iblis ini juga akan memberikan peningkatan kekuatan yang sangat signifikan, terutama kemampuan bertarung secara fisik.

Efek lain dari pemakan buah iblis ini adalah perubahan bentuk binatang, yang umumnya akan berubah menjadi hewan apa saja berdasarkan kemampuan yang ia dapatkan.

Contohnya adalah buah iblis Neko Neko no Mi Model: Leopard yang digunakan Rob Luci. Dan juga buah iblis Hito Hito No Mi yang digunakan oleh Chopper.

Ancient Zoan

Ancient Zoan ini adalah sub dari Tipe Zoan. Efek dari buah iblis ini masih sama, yakni peningkatan kekuatan dan perubahan bentuk. Hanya saja bukan kekuatan binatang biasa yang akan ia dapatkan melainkan makhluk kuno seperti Dinosaurus.

Seperti halnya buah iblis Ryu Ryu no Mi dimiliki oleh Ulti, X-Drake, Page One dan buah iblis Zou Zou No Mi yang dimiliki oleh Jack.

Buah iblis tipe Ancient Zoan merupakan buah iblis yang sangat langka, bahkan dianggap spesial diantara tipe Zoan pada umumnya. Masalah kekuatan, tentu saja tipe ini jauh lebih kuat.

Mythical Zoan

Ada satu lagi sub tipe Zoan yang lebih langka lagi, yakni Mythical Zoan. Bahkan bisa dibilang kelangkaannya masih melebihi tipe Logia. Pemakannya akan diberkahi dengan perubahan dan kekuatan dari makhluk yang hanya ada dalam mitologi.

Saking jarangnya buah ini, pemakan buah ini sampai menduduki kelas tertinggi dalam pemetaan kekuatan di One Piece. Seperti Kaido pengguna buah iblis Uo Uo No Mi Model Seiryu atau Naga Oriental dan Marco pengguna buah iblis Tori Tori no Mi model Phoenix.

Artificial Zoan

Nah berbeda dengan yang lain, Artificial Zoan adalah buah iblis Zoan yang diciptakan oleh manusia, mereka adalah Caesar dan Dr Vegapunk. Di antaranya adalah Smile, yang memiliki kemungkinan berhasil atau tidak.

Jika berhasil maka pemakannya akan mendapatkan kekuatan binatang, dan jika tidak dia hanya akan mendapatkan efek sampingnya, yakni tidak bisa berhenti tertawa.

Para Gifter adalah contoh nyata keberhasilan buah ini, semua pemakannya bertahan dalam mode Hybrid, dan mendapat kekuatan hewan terkait.

Contoh gagal bisa dilihat pada Killer, sebelumnya dia adalah orang yang sangat susah tertawa tapi setelah memakan buah iblis ini, bukannya mendapat kekuatan hewan malahan ia mendapat efek samping buruknya, yakni tidak bisa berhenti tertawa.

Paramecia

Buah Iblis paling umum di dunia One Piece adalah Paramecia. Buah iblis tipe ini akan memberikan kekuatan sebuah zat atau bahan tertentu untuk siapapun yang memakannya.

Seperti halnya kemampuan tubuh karet yang dimiliki oleh Monkey D. Luffy setelah memakan buah iblis Gomu Gomu No Mi. Juga kemampuan Katakuri memanipulasi mochi setelah memakan buah iblis Mochi Mochi No Mi.

Logia

Buah iblis tipe Logia adalah yang paling special. Karena tidak memberikan kekuatan biasa melainkan elemen atau kekuatan alam. Lalu pemakan buah iblis tipe Logia ini akan memiliki kemampuan untuk memanipulasi elemen terkait.

Buah iblis tipe inilah yang paling merepotkan, karena selain kemampuan tersebut, mereka juga tidak bisa lawan dengan kekuatan fisik saja.

Hal itu disebabkan pemakan buah iblis ini bisa berubah menjadi elemen yang tidak bisa sentuh dengan fisik. Haki menjadi satu-satunya peluang untuk bisa melawan dan bertahan dari serangan mereka.

Contohnya adalah kemampuan Portgas D. Ace berubah menjadi Api dan memanipulasi Api setelah memakan buah Iblis Mera Mera No Mi. Jadi jangan berharap bisa menyentuh apalagi mengalahkan Ace tanpa memiliki kekuatan Haki.


Nah demikianlah jenis-jenis buah iblis, kekuatan dan penggunanya dalam serial One Piece. Sejauh yang saya ketahui sekarang masih ada 6 tipe, tapi siapa yang tahu, mungkin saja Oda akan menghadirkan sesuatu yang berbeda di next episode.

Yuk, lanjut baca
Misteri dan Rahasia yang Terungkap Dalam WandaVision Episode 4
%d blogger menyukai ini: