10 Film Tentang Presiden Amerika Terbaik. Dari Lincoln Sampai Obama

Semua pandangan masyarakat dunia kini sedang mengarah pada negara Amerika. Pasalnya pada Rabu, 20 Januari 2021, Joe Biden resmi dilantik menjadi presiden ke-46. Dalam sejarah Amerika, setiap presiden memiliki kontroversi dan kehidupan uniknya masing-masing. Hal ini yang merangsang para sineas untuk membuat film tentang presiden Amerika Serikat.

Nggak seperti negara kita yang baru memiliki 7 presiden, Amerika serikat kini sudah 46 kali berganti kepala negara. Menandakan bahwa demokrasi di negara tersebut cukup fair dan matang. Nah dari jumlah presiden tersebut, berikut ini ada 10 film tentang presiden Amerika Serikat yang menarik dan sayang banget untuk dilewatkan. Yuk langsung aja simak daftarnya di bawah ini!

Lincoln

Di urutan pertama tentu ada film Lincoln garapan Steven Spielberg. Film ini mungkin menjadi film biopik presiden Amerika Serikat terbaik yang pernah dibuat. Sama seperti judulnya, film ini mengisahkan tentang presiden Abraham Lincoln saat masa perang saudara saat Lincoln bergumul dan merencakan pembebasan para budak bersama kabinetnya. Salah satu hal yang membuat film ini brilian adalah akting keren dari Daniel Day-Lewis.

JFK

Selanjutnya ada film JFK. Film ini disutradarai oleh Oliver Stones. JFK sendiri dirilis pada tahun 1991 tepat setelah 28 tahun sang presiden dibunuh. Film ini mengedepankan teori konspirasi soal beberapa kejadian yang menyebabkan Kennedy dieksekusi mati. Film ini juga menyoroti kesaksian mantan jaksa agung New Orleans, Jim Garrison. Saat dirilis, film ini menuai banyak pro dan kontra. Oliver Stones dianggap tak bertanggung jawab karena menyebarkan teori konspirasi yang sampai saat ini masih sering dibahas oleh para pecinta konspirasi.

Nixon

Nixon adalah film biopik presiden Amerika Serikat ke-37. Seperti kita tahu, banyak film yang mengisahkan kontroversi dan pemakzulan Nixon seperti film jurnalistik All President Men atau Frost/Nixon yang merupakan film di balik layar wawancara antara David Frost dan Nixon yang terkenal.

Berbeda dengan film-film yang sudah dijelaskan di atas, film Nixon justru menghadirkan kisah pribadi sang presiden. Bagaimana ia berkarir sampai menjadi presiden dan juga menceritakan proses perjuangannya untuk sembuh dari kecanduan obat-obatan yang dialaminya. Singkatnya film ini berhasil memberikan sisi lain dari sang presiden.

W

W adalah film yang disutradarai oleh Oliver Stones. Film ini mengisahkan kehidupan George W. Bush yang diperankan leh aktor kondang Josh Brolin. Selain menceritakan kisahnya sebagai presiden, W juga merangkum cerita kehidupan kampus Bush, dinas militer yang ia jalani, jabatan gubernu, pencalonan, kampanye, dan kemenangannya dalam pemilu.

Barry

Barry adalah film yang disutradarai oleh Vikram Ghandi dan dirilis pada tahun 2016 silam. Film yang dibintangi oleh Devon Terrel ini mengikuti kisah kehidupan awal presiden ke-44 Amerika Barack Obama. Film ini menjadi menarik sebab sang sutradara lebih menyorot kehidupan Obama di masa-masa kuliah dan mencari jati diri dan mengenali dunia.

Hyde Park On Hudson

Franklin D Roosevelt adalah presiden Amerika Serikat ke-32. Sosok Franklin begitu karismatik dan dikagumi oleh masyarakat Amerika Serikat sampai hari ini. Telah banyak jasa yang ia berikan pada negaranya terutama mengangkat Amerika dari jurang The Great Depression.

Meski banyak hal terkait politik dan negara yang menyakut namanya, film biopik Hyde Park On Hudson lebih menceritakan kehidupan pribadi dan cinta sang presiden. Film ini jauh dari kata menegangkan dan berbau kepemimpinan. Sebaliknya, kita bisa mengenal sisi humoris dan pribadi dari sang presiden.

Vice

Vice sebenarnya bukan film tentang Presiden Amerika, melainkan film tentang kehidupan mantap wakil presiden Geroge Bush, David Chaney. Film ini menggunakan sudut pandang sang mantan wakil presiden yang merupakan orang dalam yang kuat dalam mengatasi permasalahan negara selama Bush menjabat. Film ini mendapat banyak pujian karena keakuratan historisnya.

Thirteen Days

Thirteen Days adalah film yang menceritakan secara mendetail sifat rumit dan kepemimpinan presiden John F Kennedy. Mengambil latar masa krisis misil Kuba, film ini memperlihatkan pada kita bagaimana kebijaksanaan JFK untuk memilih bertahan untuk mencegah Amerika melakukan perang nuklir bersama Uni Soviet yang telah menyimpan misil di Kuba. Penuh perdebatan, strategi dan intrik, film ini sangat cocok untuk disaksikan.

LBJ

LBJ mengikuti kisah Lyndon B. Johnson pada era 1960-an saat ia menjadi mantan wakil presiden John F Kennedy. Lyndon akhirnya menjabat menjadi presiden Amerika ke-37 menggantikan JFK yang terbunuh. Film ini berhasil mengambil sudut pandang histrori Amerika dan upaya-upaya Lyndon melanjutkan cita-cita JFK untuk hak-hak sipil.

Bonus: The Butler

Terakhir ada film The Butler. Sebenarnya film ini nggak menceritakan soal presiden Amerika secara spesifik. The Butler justru mengisahkan seorang kepala pelayan Gedung putih bernama Cecil Gaines yang menyaksikan tindak-tanduk 8 presiden yang berbeda. Dari mulai Eisenhower sampai Ronald Reagan.

Meski bukan film biopik, film ini tentu berhasil memperlihatkan pada kita sifat, cara kerja dan pencarian solusi akan beragam isu seperti perang Vietnam, Gerakan Hak Sipil dan masih banyak lainnya.

Nah itu dia 10 film yang menceritakan tentang presden Amerika Serikat. Gimana menurut kalan Popns? Adakah film yang membuat kamu tertarik untuk menontonnya? Atau kamu punya film favorit lain? Yuk tulis di kolom komentar~

More Stories
Yuk Lihat Tampilan Pertama Kostum ‘Captain Marvel’
%d bloggers like this: