Kisah Goro Miyazaki Soal Sang Ayah, Hayao, Kembali Jadi Sutradara Film

Beberapa tahun ke belakang, Hayao Miyazaki, sutradara sekaligus orang di balik film-film hit Ghibli menyatakan diri untuk pensiun karena umurnya. Namun belakangan dirinya merasa bosan dan berencana untuk kembali menyutradarai sebuah film.

Pada tahun 2017 silam, salah satu produser Studio Ghibli, Toshio Suzuki mengungkapkan bahwa Hayao Miyazaki telah siap kembali dan mengakhiri masa pensiun dari penyutradaraan. Suzuki mengatakan bahwa Miyazaki sedang membuat film baru untuk cucunya.

Salah satu alasannya adalah ia nggak ingin mengecewakan cucunya yang telah menantikan film terbaru tersebut. Di balik alasan tersebut, nggak dipungkiri bahwa Hayao Miyazaki merasa gelisah dan bosan pada kehidupan penisunnya.

Kebosanan Hayao tersebut diungkapkan oleh sang anak, Goro Miyazaki saat membicarakan proyek terbarunya Earwig and the Witch. Menurut Goro, ayahnya sangat membutuhkan kegiatan dan menghasilkan sebuah karya untuk hidup.

Walhasil Ghibli membuka fasilitas animasinya untuk produksi film Earwig and the Witch bersama dengan film baru Hayao Miyazaki yang akan datang berjudul How Do You Live?

“Saya sedang membuat sebuah serial TV dengan studio luar berjudul Ronja, the Robber’s Daughter, saat saya pulang ke Ghibli, studio terlihat seperti gudang dan nggak ada aktivitas apapun. Produser Toshio Suzuki kegirangan karena akhirnya bisa pensiun. Nggak lama berselang Hayao kembali lagi dan membuat film pendek untuk museum dan membuat film panjang yang baru” cerita Goro.

Goro juga menceritakan bahwa ibunya yakni istri dari Hayao Miyazaki sering menyuruh ayahnya pensiun dan santai menikmati sisa hidup. Namun ia menerima kenyataan bahwa nggak bisa berhenti berkreasi. Hal itu membuat sang istri marah. “Oke, jika kamu lebih suka berkreasi sampai akhir hidupmu, pergilah ke studio, pergi ke kantor setiap hari.” terang Goro menirukan sang ibu.

Sementara film Earwig and the Witch akan segera tayang di HBO Max pada 5 Februari, film Hayao Miyazaki yang digarap sang sutradara How Do You Live? masih dikerjakan dan belum ada tanggal rilis. Produser mengatakan bahwa produksi film akan memakan waktu cukup lama mengingat gaya animasi yang digunakan Hayao pada film tersebut.

More Stories
Tengok Trailer Animasi Jadul Venom Ala 90an Ini
%d blogger menyukai ini: