Hercules di MCU, Akankah Berbeda Dengan Komik Juga?

Sutradara kondang Taika Waititi, agaknya ingin memperluas dunia dewa pada Film “Thor: Love & Thunder”. Seperti halnya Zeus (Russell Crowe) dihadirkan sebagai penguasa daerah yang disebut dengan Omnipotence City.

Bahkan di Mid-Credit Scene film “Thor: Love and Thunder”, dia memperkenalkan anaknya yaitu Hercules yang diperankan oleh Brett Goldstein. Ia adalah pemeran Roy Kent di serial “Ted Lasso” di Apple TV+.

Masa depan MCU (The Marvel Cinematic Universe) seakan tidak memiliki batasan. Dengan kemunculan Hercules ini, penggemar semakin dibuat penasaran dengan alur kisah film-film kedepannya.

MCU seakan memaksa agar mengingat kembali karakter-karakter di Marvel Comics, terutama kali ini adalah Hercules.

Hercules di Komik Marvel

Hercules muncul pada komik Young Allies #16 Tahun 1945. Tak sampai di sana, Ia lebih dieksplorasi lagi pada komik Journey Into Mystery Annual #1 yang dirilis pada 1965.

Prince of Power, begitulah julukan Hercules atau Herakles di Marvel Comics. Karakter Hercules pertama kali dikenalkan oleh Stan Lee dan Jack Kirby. Hercules memiliki seorang Ibu manusia biasa yang telah melahirkannya pada masa Yunani Kuno bernama Alcmena.

Mulanya dia bernama Herakles, namun karena kebencian Hera (Istri sah Zeus) terhadapnya, Herakles terus menjadi tumbal kemurkaan Hera. Berharap menghindar, diapun mengubah namanya menjadi Hercules.

Hercules bertemu dengan para Avengers pertama kali ketika ia sedang dalam pengaruh sihir Enchantress (seorang penyihir Asgard) untuk menghancurkan Avengers. Namun pada akhirnya Hawkeye berhasil membebaskannya, dan dia pun bergabung dengan para Avengers. Tentu saja ini membuatnya bertemu dengan anggota Avengers yang lain termasuk dewa dari Asgard, Thor.

Memang mereka berdua sering saling berkerja sama untuk mengalahkan musuh, mengalahkan supervillain, namun pada dasarnya di antara mereka berdua terdapat rivalitas. Mereka saling ingin membuktikan, siapa yang lebih kuat dan hebat dalam pertarungan.

Sebagai penguasa petir dan dapat memanipulasi cuaca dengan Mjolnir-nya, Thor memang tepat disebut God of Thunder. ia pun telah banyak membuktikan kegagahannya dalam melindungi bumi dari segala bentuk macam ancamannya.

Berbeda dengan Hercules, sang dewa Olympian yang sudah sangat terkenal dengan fisik supernya. Bahkan Hercules menyebutkan bahwa satu-satunya di dunia ini yang mampu melampaui kekuatannya hanyalah keteguhan hatinya.

Singkatnya, di dalam komik Marvel, Hercules diceritakan bergabung dengan Avengers. Ia adalah karakter yang sangat kuat dan sering berseteru dengan rival sekaligus temannya di Avengers, Thor.

Hercules di MCU, Mid-Credit Thor

Hercules di MCU, tepatnya pada film “Thor: Love and Thunder” sempat dimunculkan di Mid-credit Scene. Meski demikian Hercules mengundang banyak rasa penasaran para penonton.

Mungkin ini akan membuat para penggemar Hercules agak kecewa, karena Hercules nantinya akan dihadirkan sebagai sosok antagonis (mungkin). Dia dalam misi pembasmian Avengers oleh ayahnya, Zeus.

Misi tersebut didasari oleh rasa iri Zeus kepada para pahlawan bertopeng alias Avengers. Zeus beranggapan kehadiran mereka akan membuat manusia lupa dengan para Dewa.

Nah, bermula dari sinilah Zeus mengirim sosok yang perkasa atau Hercules untuk mengalahkan Avengers sekaligus untuk mengingatkan manusia bahwa Dewa-Dewa yang pernah mereka takuti masihlah ada.

Belum pasti apakah Hercules benar-benar menjadi antagonis atau hanya sekilas saja. Kalau menginitp cerita di komik sih dia bukanlah musuh.

Tetapi jika melihat pola dari MCU dalam pembuatan film, MCU memang jarang sekali mentransfer secara utuh isi komik. MCU justru sengaja melakukan perubahan-perubahan alur kisah komik dengan tetap mempertahankan makna fundamentalnya.

Jadi hasil teorinya, Hercules akan muncul di film Thor 5 sebagai musuh Avengers. Pada akhirnya dia akan tersadar bahwa yang dilakukannya adalah sebuah kesalahan kemudian bergabung dengan Avengers.

Mungkin ini adalah jurus MCU agar bisa membuatkan Hercules film khusus dan menjadikannya bagian dari MCU di kemudian hari.

Yuk, lanjut baca
Robert Downey Jr Ingin Membuat Mystery-verse Sherlock Holmes
%d blogger menyukai ini: