Isao Takahata, Salah Satu Pendiri Studio Ghibli, Meninggal

jzvsnqjz5ppo6ps9n3gf.jpg

Isao Takahata, salah satu pendiri Studio Ghibli dan sutradara film-film animasi seperti Grave of the Fireflies, meninggal hari ini (6 April 2018) di sebuah rumah sakit Tokyo pada usia 82 tahun, menurut berbagai sumber berita Jepang.

Karir Takahata yang terkenal sebagai produser, sutradara, dan animator  dimulai pada tahun 1959 ketika ia bergabung dengan Toei Animation sebagai asisten. Di  sana, ia bertemu dengan kolaborator lamanya dan sesama legenda animasi Hayao Miyazaki, yang kemudian bersamanya ia mendirikan Studio Ghibli bersama dengan Toshio Suzuki.

Sejumlah anime paling terkenal di Studio Ghibli telah mendapatkan sentuhan dari tangan Takahata sebagai produser, sutradara, atau penulis. Setelah memproduksi Nausicaa of the Wind of the 1984 dan Castle 1986 in the Sky, Takahata menyutradarai Grave of the Fireflies, drama Perang Dunia II yang brilian dan menyayat hati yang mendapat pengakuan universal.

Antara 1991 dan 2013, Takahata menyutradarai Only Yesterday, Pom Poko, My Neighbors the Yamadas, dan Kisah Putri Kayuga, yang dinominasikan untuk Academy Award. Dan beliau terus bekerja sampai tahun 2016.

Kabarnya, kesehatan Takahata mulai menurun tahun lalu karena kondisi jantung.

Rest in peace, Isao sensei. Terima kasih atas banyak karya yang selalu menginspirasi.

[zombify_post]

Yuk, lanjut baca
Patung Batman Dalam Dark Knight Rises Sudah Bisa Kamu Koleksi
%d blogger menyukai ini: