8 Rekomendasi Anime Sad Ending Terbaik yang Wajib Kamu Tonton!

Ada banyak genre anime selain shounen dan high school life. Salah satu yang memiliki cukup banyak penggemar adalah anime yang bernuansa sedih. Ada banyak sekali judul anime yang bisa membuat kita menangis. Nah kali ini, Popculture.id akan membahas beberapa anime dengan sad ending terbaik yang pasti bikin kamu banjir air mata.

Umumnya anime sedih akan memiliki akhir yang cukup bahagia dan menenangkan para penonton. Namun ada beberapa anime yang konsisten dan memberikan sad ending terbaik yang justru membuat penonton semakin merasa sedih dan depresi. Nah buat kamu yang mungkin penasaran, yuk langsung aja simak daftar selengkapnya di bawah ini!

Plastic Memories

Pertama ada anime Plastic Memories. Anime satu ini memberikan sebuah kejadian yang didasari dari kisah nyata dan kerap terjadi pada semua orang. Ceritanya tentang kehilangan dan harapan. Mau bagaimanapun kehilangan adalah sesuatu yang berat dan tak bisa terhindarkan.

Plastic Memories sendiri mengisahkan tentang hubungan manusia dan robot atau android. Sang manusia jatuh cinta pada robot tersebut namun pada akhirnya ia harus merelakan kepergian kekasihnya tersebut karena umurnya yang terbatas. Ending serial anime ini akan selalu bisa membuat kamu menangis sejadi-jadinya.

True Tears

Selanjutnya ada anime cinta berjudul True Tears. Anime satu ini memiliki premis romansa yang cukup lugas nan sederhana. Meski begitu, ending serial ini akan membuat kalian menangis karena melihat hubungan cinta dua karakter yang berakhir buruk. True Tears sendiri berkisah tentang kehidupan seorang pria bernama Shinichiro Nakami yang hidup bersama dengan gadis yang ia sukai.

Elfen Lied

Selanjutnya ada serial Elfen Lied. Anime satu ini memang dikenal sebagai salah satu anime yang sangat menyedihkan. Sejak awal, kamu akan diperlihatkan adegan-adegan yang mengerikan dan mampu membuat kamu menangis. Nggak sampai disitu, kamu akan terus diberi adegan yang tidak membuat nyaman sampai endingnya!

Elfen Lied sendiri berkisah tentang gadis bernama Lucy yang merupakan korban eksperimen yang mengerikan dan menyiksa. Ia bisa lolos dari eksperimen tersebut namun ia memiliki trauma dan akhirnya punya kepribadian ganda. Selain punya ending yang menyedihkan, Elfen Lied termasuk anime kontroversial yang pernah ada.

Steins;Gate

Kalian pasti udah nggak asing dengan anime Steins;Gate. Pada dasarnya anime ini nggak dikategorikan sebagai anime sedih. Namun nggak bisa dipungkiri kalau anime satu ini memang punya fragmen yang menyedihkan, apalagi di bagian ending. Steins;Gate sendiri menceritakan kisah seorang ilmuwan gila yang mencoba untuk mengubah masa lalunya.

Angel Beats!

Selanjutnya ada Angel Beats! Anime ini berkisah tentang seorang laki-laki bernama Otonasahi yang telah meninggal dunia. Ia kemudian terbangun pada sebuah tempat yang merupakan alam baka dan berkumpul dengan orang-orang yang bernasib dengannya.

Sebenarnya anime satu ini mengusung konsep action yang cukup menarik. Namun jangan sampai tertipu. Pasalnya, Angel Beats! akan memberikan kalian air mata yang amat banyak saat masuk ke akhir cerita. Kisah-kisah setiap karakter dalam anime ini amat menyedihkan.

Anohana: The Flower We Saw That Day

Lalu ada anime Anohana: The Flower We Saw That Day. Anime ini memiliki 11 episode yang semuanya punya kesedihannya masing-masing. Yup, serial anime ini bisa membuat kamu banjir air mata dari awal sampai akhir. Ceritanya sederhana. Anime ini berkisah tentang sekelompok teman masa kecil yang kehilangan teman lama mereka bernama Menma.

Clannad After Story

Clannad After Story mungkin menjadi salah satu anime dengan sad ending terbaik yang pernah diciptakan. Anime ini diadaptasi dari novel berjudul sama. Serial anime bagian kedua ini bisa tersebut lebih sedih dari versi pertamanya.

Clannad After Story akan memberikan banyak kesedihan tentang kehidupan cinta dan rumah tangga sepasang suami-istri yang menjalin hubungan sejak SMA. Kematian sang istri saat melahirkan anaknya di akhir cerita menjadi kesedihan yang teramat sangat dan sangat sulit untuk penonton lihat. Kalau nggak percaya, kalian bisa buktikan sendiri~

I Want To Eat Your Pankreas

Terakhir ada I Want To Eat Your Pankreas. Anime roman ini berkisah tentang seorang laki-laki introvert yang sangat menjauhi hubungan percintaan. Hidup dan prinsipnya berubah setelah ia bertemu dengan seorang gadis ceria bernama Sakura yang ternyata memiliki penyakit pankreas.

Anime ini akan memberikan kesedihan di pertengahan cerita saat Sakura menjauhi sang lelaki karena penyakitnya tersebut. Namun akhir cerita ini justru berbeda jauh dengan ekspektasi penonton. Kekejaman hidup dan hancurnya hati seolah merasuk pada jiwa penonton lewat matanya. I Want To Eat Your Pankreas memang anime dengan sad ending terbaik yang pernah ada!

Bonus: Grave of Fireflies

Sebagai bonus ada film dari Studio Ghibli; Grave of the Fireflies. Buat yang udah nonton, pasti tahu letak kesedihan film satu ini. Grave of the Fireflies sendiri berkisah tentang hari-hari saat Perang Dunia II yang melibatkan perang antara Amerika Serikat melawan Jepang.

Anime ini menyoroti anak-anak terlantar yang hidupnya hancur karena peperangan dan kehilangan orang tua. Kita akan mengikuti kisah Seita dan adik perempuannya Setsuko yang harus berjuang untuk hidup dan mengais makanan dari hari ke hari. Mereka kelaparan sampai akhirnya meninggal dunia. Ending menyedihkan ini memberikan pelajaran berharga tentang kemanusiaan dan kejamnya realitas peperangan.

Nah itu dia beberapa rekomendasi anime dengan sad ending terbaik versi Popculture.id. Gimana menurut kalian Popins? Apakah kalian pernah nonton salah satu anime di atas? Atau kalian punya anime sedih favorit kalian sendiri? Yuk tulis di kolom komentar~

More Stories
5 Alasan Kamu Harus Baca Manhwa The Boxer. Nggak Akan Nyesel!
%d blogger menyukai ini: