Kang the Conqueror – Villain Besar MCU di Fase 6

Sejak kemunculannya di serial “Loki” (walau bukan memakai nama itu), Kang the Conqueror sudah diprediksi akan menjadi villain besar baru di MCU, seperti Thanos di Fase 3. Demikian pula hubungannya dengan multiverse yang juga diangkat di serial tersebut.

Mungkin kamu yang mengikuti MCU sudah punya bayangan soal siapa Kang. Namun, jika kamu belum punya bayangan, di sini kami membahas supervillain yang bisa menjelajah waktu itu.

Kang the Conqueror Versi Komik

Kang the Conqueror sudah punya sejarah panjang di komik Marvel. Ia muncul pertama kalo dengan nama Rama-Tut di komik Fantastic Four pada tahun 1963, lalu ia hadir sebagai Kang di komik The Avengers tahun berikutnya, 1964.

kang the conqueror

Selama perjalanannya di komik, Kang muncul dengan berbagai versi. Selain Rama-Tut, ia juga pernah muncul dengan versi Nathaniel Richards, Immortus, Iron Lad, Victor Timely, dan Mister Gryphon.

Menariknya, Kang disebut tidak memiliki kekuatan super. Namun ia adalah seorang yang super jenius, yang bisa membangun berbagai teknologi canggih. Teknologi yang memungkinkannya bertualang ke berbagai dimensi dengan berbagai pertahanan tempur.

Kang the Conqueror Versi MCU

Seperti sudah disebut di atas, karakter supervillain ini memulai kemunculannya di Fase 4 MCU. Pada awal kemunculannya ia masih berselimut misteri.

Fase 4 MCU

Kang pertama kali muncul di serial “Loki” musim pertama. Tepatnya di episode ke-6 (final) yang berjudul “For All Time, Always.” Di episode ini ia muncul sebagai karakter alternatif dengan julukan ‘He Who Remains’ dan diperankan oleh Jonathan Majors.

karakter he who remains di serial loki mcu, variasi kang the conqueror

Dalam penjelasannya, ia mengatakan kalau ia aslinya adalah seorang ilmuwan dari abad ke-31 dan pencipta Time Variance Authority (TVA) untuk mencegah versi lain dirinya yang jahat menghancurkan alur waktu.

Fase 4 MCU sudah memperkenalkan pada kita konsep multiverse. Konsep ini mulai jelas di serial “Loki,” kemudian berkembang lagi di film “Spider-Man: No Way Home” dan “Doctor Strange in the Multiverse of Madness.”

Namun karakter Kang belum menunjukkan batang hidungnya lagi.

Fase 5 MCU

Kang kembali muncul di MCU pada film “Ant-Man and the Wasp: Quantumania” yang akan membuka Fase 5 MCU. Jonathan Majors kembali memerankan tokoh ini.

Namun, dalam wawancara dengan Games Radar, Jonathan Majors menyebutkan kalau versi yang ia perankan berbeda dengan He Who Remains. Karakternya di “Quantumania” memiliki pergeseran psikologi. Sebuah indikasi Kang bertransformasi menjadi villain besar MCU.

logo ant-man and the wasp quantumania

Selain “Quantumania,” belum jelas apakah Kang akan muncul lagi di film atau serial MCU lain. Jika melihat judul dan jadwal MCU untuk Fase 5 dan 6, nampaknya ia belum akan muncul lagi. Paling tidak secara penuh. Mungkin, seperti Thanos, ia bisa muncul di adegan kredit film.

Fase 6 MCU

Dari pengumuman di San Diego Comic-Con 2022, ada satu hal yang pasti. Kang the Conqueror adalah villain besar yang akan menutup fase 6 MCU.

Hal itu tentunya terlihat dari judul “Avengers: The Kang Dynasty” yang menjadi film pertama dari ‘double features’ penutup fase 6 (seperti “Avengers: Infinity War” dan “Avengers: Endgame”).

logo avengers kang dynasty penutup fase 6 mcu

Istilah ‘Dynasty’ mungkin akan merujuk ke berbagai dimensi yang menjadi korban pengaruh Kang. Mungkin fenomena ini akan mempertemukan berbagai superhero MCU yang awalnya belum berhubungan, seperti “Infinity War.”

Kemudian, sebagai penutup fase 6 MCU, ada film “Avengers: Secret Wars.” Kisah Secret Wars memang sudah diduga akan menjadi pemuncak fase ini. Walau begitu, ada yang menarik sehubungan karakter yang ada.

film avengers secret wars penutup fase 6 MCU

Di komik, Secret Wars berkisah soal bagaimana tokoh bernama Beyonder mengumpulkan superhero dan supervillain dalam satu dunia bernama ‘Battleworld.’

Para superhero yang ada meliputi tim Avengers, 3 tokoh Fantastic Four, Spider-Man dan Spider-Woman, dan juga anggota X-Men. Sementara di bagian villain, ada Absorbing Man, Doctor Doom, Doctor Octopus, Enchantress, Kang the Conqueror, Klaw, The Lizard, Molecule Man, Titania, Ultron, Volcana dan Wrecking Crew.

Tentu, seperti bisa kamu lihat, tidak semua karakter itu ada di MCU. Jadi akan menarik bagaimana Marvel mengolah cerita Secret Wars agar sesuai dengan kondisi MCU.

Akankah Kang Jadi Villain Yang Lebih Maut Dari Thanos?

Ancaman Thanos di akhir fase 3 MCU benar-benar maut. Ia akan menghapus separuh penghuni jagat raya dengan Infinity Stone supaya terjadi keseimbangan. Susah kiranya membayangkan musuh yang lebih mengerikan dari itu.

Fase 4 MCU masih berupa pengantar pada multiverse. Jadi belum ada ancaman besar yang benar-benar terasa. Kalau kita tengok ke belakang, Fase 1 MCU barulah memperkenalkan para superhero Marvel yang kemudian menjadi satu kelompok Avengers.

Jadi kemungkinan besar kita masih akan melihat bagaimana berbagai superhero MCU bergerak secara terpisah dan mengalami efek multiverse secara langsung maupun tidak.

Tentu, secara konsep, ancaman terhadap multiverse yang berarti banyak dimensi ini lebih besar dari yang Thanos lakukan. Walau Thanos akan menghapus separuh penghuni jagat raya, itu hanyalah satu dimensi saja.

Yah, kita tunggu saja bagaimana Kang the Conqueror menjadi villain besar dan ancamannya menjadi nyata di Fase 6 MCU.

Yuk, lanjut baca
walking dead season 10 finale
The Walking Dead Tunda Final Episode Season 10
%d blogger menyukai ini: