10 Karakter Shadow Utama di Manhwa Solo Leveling

Siapa yang paling kuat?

sung jin-woo dan shadow soldier solo leveling

Solo Leveling adalah salah satu manhwa (komik Korea) paling populer. Selain cerita yang seru dan bikin penasaran, salah satu hal paling keren dari komik Solo Leveling adalah pasukan Shadow milik Sung Jin-Woo (sering ditunjukin lewat gambar epik).

Shadow (Gurimja) adalah pasukan dimiliki hunter Sung Jin-woo setelah ia meraih status Shadow Monarch. Dengan skill Shadow Extraction, Sung Jin-Woo bisa membangkitkan lawan yang ia bunuh — baik magic beast atau orang, tapi bukan demon — menjadi pasukannya.

shadow army solo leveling

Pasukan Shadow ini memiliki peringkat. Mulai dari normal, Elite, Knight, Elite Knight, Commander, Marshal, dan peringkat Shadow terkuat adalah Grand-marshal. Peringkat karakter Shadow bisa meningkat seiring naiknya level Sung Jin-woo. Penampilan Shadow juga bisa berubah seiring naiknya peringkat.

Kamu yang fans berat komik webtoon Solo Leveling tentu sudah mengenal beberapa karakter Shadow terkuat komik ini. Apalagi kamu yang juga mengikuti novelnya. Untuk yang belum tahu, tapi berani membaca spoiler, silakan lanjut membaca artikel ini.

Sung Jin-woo dan shadow soldier

AWAS SPOILER

Karakter Shadow Terkuat Solo Leveling

Berikut beberapa karakter Shadow soldier terkuat Sung Jin-Woo sesuai urutan kebangkitannya.

1. Igris

Igris adalah salah satu Shadow pertama yang dibangkitkan Sung Jin-woo ketika ia menghadapi Job Change Quest Dungeon. Aslinya, ia dikenal dengan julukan Blood-Red Commander Igris, seorang punggawa yang menjaga singgasana kosong.

Berawal dari peringkat Knight (minimal setara A-rank Hunter), Igris kemudian meningkat jadi Elite Knight, dan kemudian meraih peringkat Marshal. Melalui Igris-lah Sung Jin-woo memiliki skill Dominator Touch.

2. Tank

Tank adalah seekor beruang es dan merupakan pimpinan pasukan beruang es yang dihadapi Sung Jin-woo ketika ikut rombongan White Tiger Guild dan tidak sengaja masuk Red Gate Dungeon.

Tank awalnya memiliki peringkat Elite. Namun kemudian meraih peringkat Knight.

3. Iron

Iron awalnya adalah seorang Hunter pimpinan tim dari White Tiger Guild bernama Kim Chul. Ketika berada di dalam Red Gate Dungeon, Kim Chul berusaha membunuh Sung Jin-woo karena menganggapnya sebagai akibat dari timnya yang dibantai musuh. Namun Sung Jin-woo justru membunuh dan membangkitkannya sebagai Iron.

Iron memiliki skill Taunt yang mebuat musuh terpancing menyerangnya. Ia termasuk salah satu Shadow yang lucu di webtoon dan membuat Shadow Magician menjadi fanboy-nya (sering jadi bahan meme). Berawal dari peringkat Knight, Iron kemudian berkembang menjadi Elite Knight.

Iron salah satu shadow di komik solo leveling

4. Tusk

Tusk awalnya adalah seorang Shaman bernama Kargalgan yang merupakan pemimpin High Orc. Sung Jin-woo mengalahkan dan membangkitkannya sebagai Shadow ketika menolong tim dari Hunter Guild terjebak di A-Rank Dungeon.

Tusk memiliki skill Magic termasuk mantra 12 Zodiac Hymns. Ia bangkit sebagai peringkat Elite Knight, dan naik menjadi Commander (peringkat ini konon bisa mengalahkan S-rank Hunter dengan mudah).

5. Kaisel

Kaisel adalah seekor wyvern bernama Kaiselin, tunggangan Demon King Baran. Setelah Sung Jin-woo mengalahkan si Demon King, ia mendapati Iron sudah membunuh Kaiselin. Kemudian Sung Jin-woo membangkitkannya sebagai Kaisel.

Sayangnya, Kaisel kemudian mati setelah menyelamatkan Sung Jin-woo dari Dragon Breath milik Monarch of Destruction. Kaisel memiliki peringkat Knight (setara dengan A-rank Hunter).

6. Beru

Beru awalnya adalah raja semut dari Jeju Island Arc. Ia sangat kuat, bahkan bisa mengalahkan Goto Ryuji, S-rank Hunter asal Jepang, dengan mudah.

Setelah dibangkitkan sebagai Shadow, ia menjadi salah satu yang terkuat dengan peringkat Commander (di webtoon ada yang menyebutnya general). Beru nantinya akan naik level lagi menjadi sekelas Marshal.

beru shadow solo leveling

7. Jima

Jima awalnya adalah pimpinan Naga dari A-rank Gate Dungeon, Sung Jin-woo mengalahkannya dan membangkitkannya sebagai Shadow. Jima memiliki peringkat Elite Knight.

8. Kamish

Kamish adalah Naga (salah satu magic beast) yang muncul di S-rank Gate di Amerika. Ia meluluh lantakkan wilayah barat Amerika dan membunuh banyak Elite Hunter. Ia disebut sebagai malapetaka terbesar bagi umat manusia.

Sayangnya, tubuh asli Kamish sudah mati terlalu lama saat ia dibangkitkan menjadi Shadow. Dengan begitu, ia tidak bisa mengabdi pada Sung Jin-woo dan kemudian menghilang (Jin-woo jengkel karena tidak bisa mendapatkan Kamish).

9. Greed

Greed awalnya adalah seorang S-rank Hunter bernama Hwang Dong-Su (Scavenger Guild, Amerika). Sebelumnya ia menyimpan dendam pada Sung Jin-woo karena telah membunuh kakaknya. Ketika dibangkitkan, Greed memiliki peringkat Commander, setara dengan Beru.

10. Belion

Belion merupakan salah satu abdi dari Shadow Monarch sebelum Sung Jin-woo, Ashborn. Ia sangat kuat sampai hampir bisa membunuh Jin-woo (terima kasih koreksi Mas Sugimanto). Bellion mengenali Jin-Woo sebagai Shadow Sovereign dan berlutut menyatakan pengabdiannya.

Belion membawa pasukan Shadow berjumlah seratus ribuan ketika mengabdi pada Sung Jin-woo. Ia merupakan Shadow terkuat Sung Jin-woo dengan peringkat Grand-marshal. Dengan mudah Belion bisa menghadapi Beru.

Latest Reviews

More Stories
‘Johnny English Strikes Again’ Review: Apa Jadinya Agen Mata-Mata Old School Berhadapan dengan Villain Digital?
%d blogger menyukai ini: