Manhwa “Again My Life” Punya Cerita Penuh Drama dan Intrik Politik

again my life manhwa

Kalau kamu mencari komik Korea yang sedikit berbeda, mungkin Again My Life bisa jadi manhwa pilihan. Dengan tema balas dendam dengan latar hukum dan politik, komik ini bukanlah isekai biasa.

Ketika saya menulis artikel ini, komik Korea penuh dengan tema “gamification” alias membuat sang tokoh punya kemampuan seperti di dalam game. Selain itu tidak sedikit pula manhwa yang bertema wuxia alias dunia persilatan atau juga isekai seperti manga dari Jepang. Jadi sedikit perbedaan bisa jadi selingan asik.

Tentang “Again My Life”

Sebelum membahas lebih jauh soal Again My Life, ada baiknya kita kenal sedikit lebih jauh soal manhwa ini.

Sinopsis

Seorang jaksa berdarah panas, Kim Hee Woo, dibunuh dengan ditenggelamkan ke laut saat memburu tiran yang mengontrol Korea. Namun Kim Hee Woo bertemu si pencabut nyawa yang memberinya kesempatan untuk kembali ke saat ia berusia 18 tahun dan menjalani ulang hidupnya. Mulai lagi sebagai pelajar, Kim Hee Woo bersiap untuk menghukum sang tiran, Jo Tae Seop.

Informasi

Judul alternatif:어게인 마이 라이프, Eogein Mai Laipeu
Penulis:이해날 (Lee Hae Nal)
Ilustrator:선용민 (Seon Yong Min)
Genre:Drama, Aksi
Penerbit:KakaoPage (Kakao)

Plot Cerita Tidak Klise

Sisi “mulai lagi dari awal” di awal cerita mungkin sedikit menjebak kita berpikir pada plot standar isekai. Apalagi biasanya si tokoh utama langsung punya kelebihan yang bikin dia overpower.

Kemampuan Berkembang Perlahan

Kim Hee Woo mulai menjalankan hidupnya kembali sebagai pelajar biasa. Tidak ada kemampuan lain yang ia miliki selain pengetahuannya soal masa depan. Untuk mencapai tujuannya, ia harus bekerja keras dan memanfaatkan pengetahuannya untuk memenuhi rencana balas dendam.

Pada satu titik Kim Hee Woo memang “beruntung” sebagai pebisnis. Namun kesuksesannya juga bertahap dan tidak terlalu diperlihatkan di komik.

Karakter Tokoh Utama yang Fokus

Kalau mau sedikit membandingkan, mungkin komik ini agak mirip dengan Medical Return. Bedanya, yang satu bertema kedokteran, yang ini bertema hukum. Lalu karakter Kim Hee Woo di sini juga terlihat lebih fokus dan punya tujuan dibandingkan Kim Jihyun di Medical Return.

Harem Tidak Menonjol

Tidak sedikit komik seperti ini yang menunjukkan sisi harem yang kuat. Si tokoh utama mendapat perhatian cewek-cewek cantik tiada habisnya.

Tokoh utama kita, Kim Hee Woo, juga dekat dengan beberapa tokoh perempuan. Tentunya ada yang pingin lebih dari sekedar teman. Tapi sampai artikel ini saya tulis, Again My Life masih memperlakukan sisi harem secara halus. Jadi kisah asmaranya masih bikin penasaran.

Penuh Intrik

Untuk bisa mengalahkan Jo Tae Seop sejak awal, Kim Hee Woo harus menjatuhkan orang-orang yang akan menjadi kaki tangan sang tiran. Hal ini membuat hampir semua tokoh tidak terlalu jelas posisinya. Cewek yang dekat dengan Hee Woo pun punya hubungan lingkaran Jo Tae Seop.

Demikianlah cerita mengupas cara Kim Hee Woo membalik keadaan secara taktis. Bahkan ketika ia bertemu dengan si musuh bebuyutan, Jo Tae Seop, hubungan mereka masih berada di wilayah abu-abu yang penuh intrik.

Sampai sejauh ini, cerita Again My Life masih menarik dan belum kendor (semoga jangan). Manhwa ini pun merupakan selingan menarik di antara tema gamification atau MC yang OP. Kalau kamu suka cerita drama yang penuh intrik, komik satu ini layak kamu baca.

More Stories
Ini Dia Karakter yang Muncul di Super Smach Bros. Ultimate
%d bloggers like this: