Rekomendasi Manhwa Bertema Cerita Wuxia untuk Kamu Baca

Komik dari Korea alias manhwa memang sedang rancak. Kisahnya pun beragam. Mulai dari yang romantis sampai horor. Kali ini kami mengajak kamu melihat beberapa manhwa yang membawa cerita wuxia.

Wuxia berarti pahlawan ilmu beladiri atau pendekar silat. Jadi kisah wuxia memang merupakan cersil alias cerita silat. Biasanya menceritakan sepak terjang sang pendekar di dunia persilatan, entah sejak kecil atau pada titik tertentu usianya. Kadang ada pula yang membawa misi balas dendam.

Karena cersil ini hadir sebagai manhwa, ada keunikan tersendiri. Berbagai istilah yang muncul biasanya berasal dari Korea. Misalnya istilah murim yang menggambarkan komunitas (dunia) persilatan.

Nah, berikut ini beberapa manhwa bertema wuxia atau dunia persilatan yang layak kamu ikuti ceritanya.


bowblade spirit webtoon

Bowblade Spirit

Sedikit berbeda dengan kisah pesilat lain yang biasanya menampilkan ilmu pedang, tokoh utama Bowblade Spirit lebih banyak memakai panah (seperti judulnya). Eulji So-Moon mempelajari ilmu bela diri dari kakeknya untuk kemudian siap menaklukkan rimba persilatan.

Komik ini punya gambar lumayan bagus dan cerita yang (sejauh ini) cukup menarik walau agak lambat. Yang cukup bikin penasaran, petualangan So-Moon di rimba persilatan berawal dari niatnya mencari calon istri yang dijanjikan kakeknya.

JudulBowblade Spirit
Judul Alternatif궁귀검신
Penulis / IlustratorCho Don Hyeong / Park Gwang Jin
GenreAksi, Fantasi, Martial Art,
PenerbitKAKAO Page

Chronicles of Heavenly Demon

Hyuk Woon Seong mendapat kehidupan kedua setelah ia dan gurunya dibunuh akibat konspirasi dunia persilatan. Chronicles of Heavenly Demon ini pun menceritakan bagaimana Woon Seong meniti karir di sekte sesat untuk bisa membalaskan dendamnya.

Arc yang ada di cerita komik ini juga bisa dibilang agak lambat. Walau begitu tetap ada aksi pertarungan di sana sini beserta intrik yang menarik. Sampai artikel ini ditulis, sebagian besar cerita masih berkutat di dalam sekte. Woon Seong baru keluar dari sekte untuk menyelidiki sesuatu.

JudulChronicles of Heavenly Demon
Judul Alternatif신마경천기, Shinma Gyeongcheongi
Penulis / IlustratorIl-Hwang / Gom-guk
GenreAksi, Fantasi, Martial Art, Reincarnation
PenerbitD&C Webtoon, Kakao Page

Gosu

Gang Yong berniat membalas dendam pada kakak perguruannya, setelah mereka mengkhianati sang guru. Lucunya, ternyata keempat murid yang berkhianat itu sudah dikabarkan mati. Berawal dari kisah sehari-hari pendekar yang hidup santai, Gosu menjadi kisah balas dendam yang penuh intrik dan misteri.

Yah, komik ini sudah cukup populer. Tapi untuk yang belum pernah baca, komik ini punya banyak kelucuan (terutama di musim pertama) dan pertarungan maha dahsyat.

JudulGosu
Judul Alternatif고수, Gosu (The Master)
Penulis / IlustratorRyu Ki-Woon / Moon Jung-hoo
GenreAksi, Fantasi, Overpowered, Martial Art
PenerbitWebtoon

Legend of the Northern Blade

Legend of the Northern Blade

Jin Mu-Won terkucilkan di Northern Heavenly Sect, setelah ayahnya yang menjadi pimpinan dikhianati dan hampir semua pengikut pergi dari sana. Ia diam-diam mempelajari sebuah ilmu bela diri yang ditinggalkan ayahnya. Namun sebuah peristiwa membuatnya meninggalkan perguruan dan berpetualang menentukan nasibnya.

Sama seperti Bowblade Spirit, komik ini juga punya plot cerita yang relatif lambat. Adegan laga hadir bergantian dengan drama. Walau begitu, plot yang ada di antara perguruan dan klan cukup bikin penasaran.

JudulLegend of the Northern Blade
Judul Alternatif
Penulis / IlustratorHae-Min / Woo-Gak
GenreAksi, Fantasi, Petualangan, Martial Art, Overpowered
PenerbitKAKAO Page

Record of the War God

Sebuah perang besar di murim menghasilkan tragedi dan misteri. 20 tahun setelah perang itu, Mu So Wol, yang dulu terkenal sebagai Mushin, hadir kembali dengan raga yang lebih muda (yang menambah misteri kejadian itu) dan berusaha melawan konspirasi yang menjadi penyebab perang tersebut.

Intrik kekuasaan antar perguruan dan klan kembali menjadi tema, termasuk pula unsur balas dendam. Komik ini juga memadukan unsur isekai ala manga dengan cersil, mirip Chronicles of Heavenly Demon.

JudulRecord of the War God
Judul Alternatif무신전기, Musinjeongi
Penulis / IlustratorSae Byeok Gum / Joo nI Koong
GenreAksi, Fantasi, Petualangan, Martial Art, Overpowered
PenerbitKAKAO Page

The Greatest in the World

Suatu ketika, ada seorang pendekar yang sakti bukan kepalang. Sang pendekar tidak terkalahkan sampai kemudian ia menghilang tanpa jejak. Kisah The Greatest in the World mulai dengan kehadiran seorang bocah bernama Soma dari Hwakgol, yang juga punya kemampuan dahsyat.

Kalau kamu suka komik dengan tokoh yang overpower, mungkin komik ini bisa menghiburmu. Sejauh ini (saat artikel ditulis) belum ada konflik yang terlalu serius di cerita ini. Tapi kesaktian Soma (juga kekonyolannya) membuat komik ini menarik diikuti.

JudulThe Greatest in the World
Judul Alternatif천하제일인
Penulis / IlustratorKwon Soon-Gyu / Shin Kwon
GenreAksi, Fantasi, Petualangan, Martial Art, Overpowered
PenerbitNaver Webtoon

The Scholar’s Reincarnation

Seorang pendekar sakti yang dituduh sebagai pembunuh terlahir kembali sebagai seorang anak dari seorang bangsawan lokal. Ia pun berniat memulai hidup baru.

The Scholar’s Reincarnation merupakan salah satu manhwa yang populer. Yah, sekilas gambaran ceritanya memang mirip dengan dua manhwa yang punya nuansa isekai di atas. Tapi detil ceritanya berbeda. Komik ini juga punya muatan cerita sehari-hari yang lumayan banyak.

JudulThe Scholar’s Reincarnation
Judul Alternatif학사재생, Hangsajaesaeng, Reinkarnasi Sang Pendekar
Penulis / IlustratorSoo Yu Hyun / Yum Jack Jack
GenreAksi, Fantasi, Martial Art
PenerbitKakao Page

The Undefeatable Swordman

Sementara adiknya, Sung Woo-Kang, berbakat bela diri dan ditarik oleh perguruan Hwa-San, Sung Woo-Moon punya badan lemah. Kondisi itu jadi lebih parah ketika ia sering melamun melihat lukisan pemberian seorang pertapa dan kemudian dianggap idiot. Siapa mengira kalau ternyata lukisan itu menyimpan ilmu bela diri yang dahsyat? Begitulah petualangan Sung Woo-Moon pun dimulai.

Manhwa The Undefeatable Swordman nampak punya latar cerita wuxia yang kental dengan berbagai perguruan terkenal seperti Hwa-San dan Kunlun. Sampai artikel ini ditulis belum terlihat motif khusus dari komik ini, selain petualangan Sung Woo-Moon menjadi pendekar. Namun, plot ceritanya menarik diikuti.

JudulThe Undefeatable Swordman
Judul Alternatif불패검선
Penulis / IlustratorSung Dae-Wung / Kim Chan-Young
GenreAksi, Fantasi, Martial Art
PenerbitKakao Page

Volcanic Age

Joo Seo Cheon berhasil melalui masa perang dan menjadi pimpinan perguruan Hwa-San. Namun ia masih menyimpan penyesalan. Namun kemudian ia mendapat kesempatan kedua untuk kembali ke masa lalu.

Volcanic Age juga merupakan salah satu manhwa berlatar wuxia yang populer dan sudah berjalan cukup panjang. Kisah petualangan Joo Seo Cheon ini memiliki plot menarik. Terutama melihat bagaimana ia memanfaatkan pengetahuan kehidupan sebelumnya untuk memperbaiki konflik yang berlangsung di murim.

JudulVolcanic Age
Judul Alternatif화산전생, Mount Hua Reincarnation, Hwasan Age
Penulis / IlustratorJung Joon Shin (Jeong Jun) / Tomassi
GenreAksi, Fantasi, Martial Art, Reincarnation
PenerbitKakao Page
banner cybersport

Latest Reviews

More Stories
Season Kedua STRANGER THINGS, Sekeren Apa Sih Jadinya?
%d blogger menyukai ini: