Perempuan Tanah Jahanam Jadi Perwakilan Indonesia di Oscar

Ada kabar baik ni bagi masyarakat Indonesia. Film horror-slasher karya Joko Anwar, Perempuan Tanah Jahanam menjadi perwakilan Indonesia di ajang piala Oscar 2021. Sebelumnya film ini telah tayang di bioskop Indonesia dan kini masih bisa disaksikan di situs streaming Shudder.

Indonesia telah memilih Perempuan Tanah Jahanam sebagai perwakilan negara dalam perlombaan Oscar 2021 dalam kategori film feature Internasional. Film ini dianggap layak karena berdarah-darah, menyeramkan namun penuh dengan gaya dan sinematik.

Seleksi dan pemilihan tersebut diumumkan di awal minggu ini oleh Komite Seleksi Akademi Indonesia. Setelah menang, hal ini diumumkan oleh Joko Anwar sendiri di laman Twitter pribadinya. “Semoga film ini jadi representasi yang baik dan membangkitkan minat penonton Internasional terhadap film Indonesia” cuit Joko Anwar.

Impetigore (Perempuan Tanah Jahanam) sendiri pertama kali ditayangkan di Sundance Film Festival pada bulan Januari lalu dan dibeli oleh situs streaming film horror Shudder dan ditayangkan secara eksklusif di situs tersebut.

Impetigore sendiri bercerita tentang seorang perempuan miskin perkotaan yang pergi ke desanya demi mencari warisan. Alih-alih mendapat warisan, ia justru berada dalam bahaya dan incaran pembunuhan.

Warga desa mencoba membunuh sang perempuan karena dianggap sebagai kutukan bagi desa tersebut selama berpuluh-puluh tahun. Di samping hal tersebut sang tokoh utama mengetahui masa lalu dan mencoba untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Film Perempuan Tanah Jahanam dibintangi oleh bintang-bintang Indonesia antara lain Marissa Anita, Tara Basro, Christine Hakim dan Asmara Abigail. Film ini diproduksi bersama oleh Base Entertaiment dan Rapi Film di Indonesia dengan dukungan dan pendanaan dari Ivanhoe Pictures (Crazy Rich Asians) dan CJ Entertaiment (Parasite).

Perempuan Tanah Jahanam jadi film pertama dari Joko Anwar dari kesepakatan yang ia dan 4 perusahaan buat pada tahun 2018. Ya semoga film-film selanjutnya akan sebagus film ini.

Sutradara Indonesia lain Garin Nugroho, sekaligus kepala Komite Seleksi Academy Awards memuji keahilan Joko Anwar dalam mengemas latar belakang budaya mistis di Indonesia yang jadi elemen terkuat dalam film ini. Ya tahun lalu film kontroversial Garin Nugroho, Kucumbu Tubuh Indahku jadi perwakilan Indonesia di ajang Oscar.

BACA JUGA  Film "Perempuan Tanah Jahanam" Tayang Di Amerika Lewat Shudder

Terlepas dari itu, baru-baru ini Perempuan Tanah Jahanam memenangkan 17 nominasi dari penghargaan di ajang Festival Film Indonesia, termasuk film feature terbaik, sinematografi, editing dan musik. Film ini mengukir sejarah baru di perfilman Indonesia.

Sementara itu Oscar 2021 akan berlangsung pada 25 April 2021 mendatang. Nominasi Oscar akan diumumkan pada 15 Maret sebelumnya. Semoga saja film ini menang!~

%d blogger menyukai ini: