Rekomendasi 10 Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa, Selain dari Disney dan Pixar!

rekomendasi film animasi terbaik
rekomendasi film animasi terbaik

Sudah jadi pengetahuan umum kalau Disney dan Pixar adalah pilar dunia perfilman animasi dengan genjarnya dua studio itu mengeluarkan film demi film tiap tahunnya.

Tetapi, untuk mendapatkan hiburan yang mumpuni, tak ada salahnya melihat sisi lain yang belum terjamah. Berikut rekomendasi 10 film animasi terbaik dari kami, genre yang selama ini didominasi oleh Disney dan Pixar.

Rekomendasi Film Animasi Terbaik, Selain Disney dan Pixar

1. Iron Giant (1999)

Poster Iron Giant

Bagi yang senang film animasi klasik dengan pesan moral yang yahud, bisa mencoba Iron Giant. Film yang disutradarai sutradara Brad Bird berdasarkan cerita dari Ted Hughes ini menceritakan konflik bersetting saat cold war.

Sebuah robot alien raksasa (diisi suara oleh Van Diesel) mendarat dekat sebuah kota kecil Rockwell, Maine, pada tahun 1957. Hogarth, anak lokal berusia 9 tahun, menemukan robot tersebut dan berteman dengannya.

Hogarth dan sang robot harus menghadapi berbagai rintangan untuk persahabatan mereka. Mulai dari agen pemerintah yang mencoba menghancurkan sang robot, dan misi asli sang robot ketika dikirim ke bumi.

Overall, film ini menyampaikan moral untuk bisa memilih takdir kita sendiri.

2. Spider-Man: Into the Spider-Verse (2018)

Spiderman : Into the Spider-Verse

Kali ini kita menjelajahi genre superhero. Spider-man: Into the Spider-verse produksi Sony pada tahun 2018 ini layak masuk ke list rekomendasi 10 film animasi terbaik dari kami.

Film yang disutradarai oleh Bob Persichetti ini bisa dikatakan sebagai sebuah temuan baru di genre superhero. Memadukan teknik animasi yang mumpuni, membuat gerakan karakternya terlihat smooth layaknya menonton lukisan yang bergerak.

Tak hanya dari segi animasi, ceritanya juga patut diacungi jempol. Menceritakan coming of age story dan mengambil tanggung jawab serta menentukan jati diri ala cerita Spider-Man pada umumnya.

BACA JUGA  Rekomendasi 10 Film Biografi Tokoh Terkenal Yang Wajib Tonton

Film ini memenangi Academy Award pada cabang film animasi. Spider-Verse juga akan melahirkan sekuelnya di waktu dekat.

3. Batman : Mask Of Phantasm (1993)

Batman : Mask of Phantasm

Masih di dunia film animasi superhero, salah satu film yang tak bisa dilewatkan adalah Batman: Mask of Phantasm yang diproduksi pada tahun 1993.

Film yang merupakan pelengkap dari serial TV Batman: The Animated Series ini bahkan lebih gloomy dan kelam ketimbang beberapa film live-action Batman pada zamannya.

Film ini menceritakan Batman (Bruce Wayne) yang harus mengejar seorang penjahat yang meniru dirinya. Cerita ini mengupas trauma masa lalu Bruce, dan membuat Bruce harus memilih antara dua pilihan. Bahagia dengan menjadi Bruce Wayne atau hidup di jalan kegelapan sebagai Batman.

Film ini tak kurang dari kontribusi pengisi suara legendaris seperti Mark Hamill sebagai Joker, dan Kevin Conroy sebagai Bruce Wayne yang suara dan jasanya bagi fan Batman tak akan terlupakan.

4. The Nightmare Before Christmas (1993) 

Nightmare Before Christmas

Film ini masih ada kaitannya dengan Batman, yakni lewat sutradara film live-action Batman yang pertama. Tim Burton, yang terkenal dengan gaya gothic dan kelamnya, ikut membawa suasana yang sama ke film animasi yang disutradarainya kali ini.

Berbeda dengan film-film animasi pada umumnya, film Nightmare Before Christmas bisa dikatakan tidak terlalu direkomendasikan pada anak-anak. Karena, beberapa kritikus dan penonton sepakat kalau film animasi ini adalah salah satu yang paling menakutkan.

Film yang juga bergenre musikal ini juga berhasil mencapai statusnya lewat iringan musik Danny Elfman.

FIlm ini menceritakan Jack Skellington, sang “Raja Labu”, yang tinggal di Halloween City. Jack mencoba kabur dari rutinitas di kotanya, dan harus menemui berbagai rintangan. Pada akhirnya, Jack harus membuat pilihan yang bisa dibilang pahit.

5. Shrek (2001)

Shrek

Untuk film animasi dari Dreamworks, jelas nama Shrek akan muncul sebagai salah satu rekomendasi terbaik.

Film yang menceritakan tentang petualangan seorang Ogre bernama Shrek (diperankan oleh Mike Myers) yang jatuh cinta pada seorang putri (diperankan oleh Cameron Diaz). Shrek dipuji karena tema dan ceritanya yang fresh, mengejutkan, dan menggugah.

BACA JUGA  Awas Terlewat, Ini 9 Easter Egg dan Detil Trailer Baru Lightyear

Cerita ini menggugah sebuah pesan universal yang tak bisa dipungkiri. Bahwasanya cinta itu buta.

Mungkin banyak orang yang tak menyukai sekuel dari film yang keluar tahun 2001 ini. Tetapi, tak bisa dipungkiri kalau lagu I need a Hero dari Jennifer Launders sangat memorable sampai detik ini.

6. Wolfwalkers (2020)

Wolfwalkers (2020)

Film animasi produksi Irlandia ini tak bisa dipandang sebelah mata. Sebuah hasil co-produksi dari berbagai studio internasional, Wolfwalkers menjelajah dunia fantasi bertema Celtic yang memanjakan mata.

Layaknya karya film dari Hayao Miyazaki, pesan yang disampaikan oleh Wolfwalkers juga bertemakan bagaimana manusia harus beradaptasi dengan alam dan mencari keseimbangan.

7. Prince Of Egypt (1998)

Prince of Egypt

Film yang diangkat dari cerita biblikal ini menceritakan kisah Musa ketika tinggal di Mesir. Mengekspor berbagai konflik yang muncul akibat status Musa sebagai anak angkat Pharaoh.

Prince of Egypt pantas masuk ke daftar rekomendasi 10 film animasi terbaik ini karena meski sudah hampir 25 tahun berlalu, animasinya masih enak dilihat. Film ini adalah yang pertama menjadi pionir dalam memadukan animasi yang dihasilkan komputer sebagai pelengkap, bukan menggantikan, dari teknik tradisional.

Kita dapat melihat sentuhan gambar buatan manusia lewat berbagai monumen Mesir yang terlihat, hamparan padang pasir, sampai balapan kereta kuda yang memacu adrenalin.

Film ini mengaskan kalau animasi tak perlu terperangkap dalam penjara “khusus anak kecil”, dan bisa menjangkau tema-tema kompleks dan dewasa.

8. The Last Unicorn (1982)

The Last Unicorn

The Last Unicorn yang diproduksi tahun 1982 ini mengangkat tema tentang perjalanan menemukan jati diri, dan pentingnya mencintai seseorang meski harus berpisah suatu saat nantinya.

Film ini menceritakan tentang seekor Unicorn yang barusan mengetahui kalau dia mungkin adalah yang terakhir dari rasnya. Dia memutuskan untuk melakukan perjalanan mencari Unicorn lainnya. Seorang penyihir dan wanita ikut dengannya dalam perjalanan tersebut.

9. Anastasia (1997)

Anastasia

Diproduksi oleh 20th Century Fox pada tahun 1997, Anastasia memadukan unsur mistis dan sejarah tentang salah satu figur paling tragis dalam sejarah, Anastasia Romanova. Tentu saja, nasib Anastasia berbeda dengan referensi aslinya di dunia nyata.

BACA JUGA  Yuk Rayakan Hari Film Nasional Dengan Nonton 6 Film Usmar Ismail Ini~

Anastasia menceritakan tentang keturunan terakhir Kekaisaran Rusia, Anastasia Romanova, yang kehilangan ingatannya saat revolusi Rusia terjadi. Anastasia, sekarang menamai dirinya Anya, harus melakukan perjalanan mencari jati dirinya, juga menggagalkan penyihir Rasputin, yang masih memendam dendam pada keluarganya.

10. How to Train Your Dragon (2010)

How to Train Your Dragon

How to Train Your Dragon menceritakan kisah Hiccup (disuarakan oleh Jay Baruchel), seorang remaja dari pulau Berk, di mana bertarung dengan naga adalah sebuah jalan hidup.

Pemikiran progresif dan sifat humornya membuat Hiccup menjadi terasing di pulaunya, meskipun Ayahnya sendiri adalah pimpinan klan. Pada akhirnya, Hiccup dilempar ke sekolah khusus petarung untuk melawan naga.

Hiccup bertekad untuk menjadi viking sejati. Tetapi, ketika dia bertemu dengan seekor naga yang terluka bernama Toothless, Hiccup memiliki kesempatan untuk menentukan masa depan baru untuk kaumnya.

How About Yours?

Demikian daftar rekomendasi 10 film animasi terbaik non Pixar dan Disney, yang tak banyak diketahui orang. Bagaimana menurut kalian? Apakah list ini sudah tepat? Apakah film animasi favoritmu? Tuliskan komentar kalian di bawah, ya!

%d blogger menyukai ini: