[Review] “Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings” (2021)

Film “Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings” memang sudah tayang di bioskop pada kuartal ketiga tahun 2021. Namun kini film superhero Marvel dari Asia ini juga sudah hadir di layanan streaming Disney+. Inilah review film “Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings” dari kami.

Sinopsis

Shang-Chi adalah anak dari seorang warlord, Xu Wenwu, yang mendapat kesaktian dan hidup abadi dari relik Ten Rings (yang kemudian jadi nama organisasinya). Setelah gagal melaksanakan tugas dari sang ayah, ia berkelana di Amerika dan hidup sebagai orang biasa.

Namun, masalah masa lalu kembali menghampirinya. Wenwu yang menyalahkan warga Ta Lo yang ia tuduh menyandera istrinya (ibu Shang-Chi, yang sebenarnya dibunuh pesaing Wenwu), memburu Shang-Chi dan adiknya guna mendapatkan pasangan liontin. Liontin ini akan menunjukkan jalan masuk ke desa mistik Ta Lo.

Shang-Chi dan adiknya, yang tahu kalau keputusan sang ayah salah, berusaha menggagalkan rencananya tersebut. Mereka pun menuju Ta Lo dengan dibantu Trevor Slattery (tokoh teroris Mandarin di film “Iron Man 3”).

Aksi Solid Superhero Asia

Melihat kehadiran superhero Marvel asal Asia (tepatnya dari Cina), tentu sangat menarik. Bagaimanapun, berbeda dengan DC, Marvel terbukti mampu memperkenalkan superhero yang sebelumnya tidak terlalu dikenal, menjadi tokoh yang setara dengan superhero papan atas lain. Misalnya Black Panther dan Ant-Man.

Apalagi film “Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings” sesuai dengan isu ras dan gender yang masih marak di tahun 2021. Seperti juga film “Black Panther” sebelumnya (atau “Mulan” kalau kita mengikut sertakan film Disney).

Sebagai film dengan tokoh dari Cina, “Shang-Chi” penuh dengan nuansa kungfu dan mistik. Mungkin itu juga sebabnya kenapa kita melihat kehadiran Wong, teman Doctor Strange di film ini.

Adegan laga hadir cukup ketat dan keren di film ini. Mulai dari pertarungan di bis yang terlihat mengandalkan koreografi, sampai yang penuh efek visual di akhir film. Yah, mungkin bagaikan gabungan pertarungan hand-to-hand combat ala Black Widow dan Captain Amerika dengan bumbu efek visual ala Doctor Strange dan Iron Man.

Aktor Kawakan Mencuri Perhatian

Walau adegan laga di film “Shang-Chi” memang seru, ada beberapa tokoh yang diperankan oleh aktor kawakan yang menarik perhatian. Seperti Xe Wenwu yang diperankan oleh Tony Leung, Ying Nan yang diperankan oleh Michelle Yeoh, dan tentu saja Trevor Slattery yang diperankan oleh Ben Kingsley.

Tony Leung, yang salah satunya terkenal dengan film arahan Wong Kar-Wai “In The Mood For Love,” tampil meyakinkan sebagai ayah Shang-Chi. Sebagai tokoh antagonis, karakternya berada di antara warlord berdarah dingin dan sosok ayah di keluarga yang hangat. Jujur, tokoh yang diperankan Tony Leung ini justru lebih menarik daripada Shang-Chi.

Tony Leung sebagai Xu Wenwu di Shang-Chi

Yah, kalau soal Michelle Yeoh, sejujurnya penampilannya cukup standar. Porsi adegannya pun tidak banyak. Jadi ya, tidak banyak juga yang bisa dikomentari.

Sementara itu, Ben Kingsley kembali menunjukkan kemampuan aktingnya yang prima sebagai Trevor Slattery yang konyol. Sama seperti di Iron Man 3, ia kembali tampak menyebalkan tapi juga lucu. Apalagi kini ia ditemani makhluk aneh hundun yang tanpa wajah bernama Morris.

Mudah Ditebak Tapi Menghibur

Mengikuti alur cerita film “Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings”, mungkin kamu sudah bisa menebak bagaimana akhir ceritanya. Kalau boleh jujur, babak ketiga film ini agak kendor. Tapi toh kamu tetap akan terhibur waktu menontonnya.

Seperti film superhero Marvel lain, “Shang-Chi” menghadirkan humor di sana sini. Terutama melalui tokoh Katy yang diperankan oleh Awkwafina dan Trevor Slattery. Lalu ada pula Morris yang imut dan kocak walau cuma muncul sebentar.

Melalui film “Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings” yang tayang di tahun 2021 ini, Marvel kembali berhasil membawa tokoh superhero yang kurang dikenal menjadi perhatian. Apalagi mereka masih menyisakan misteri bahan sekuel.

Walau judulnya menyebut ‘Legend of the Ten Rings’ dan 10 cincin itu memang hadir di dalam film, sebenarnya cerita justru menampilkan Xu Wenwu sebagai pemimpin organisasi Ten Rings. Cincin itu sendiri masih menjadi misteri, seperti yang ditunjukkan pada adegan di akhir.

Jadi, ya… Kalau kamu belum sempat menontonnya, kamu layak menonton film ini. “Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings” bisa kamu tonton di layanan streaming Disney+.


Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings
Aksi solid dan menghibur
Film "Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings" berhasil meghadirkan superhero Asia dengan aksi yang keren dan menghibur. Selain itu, dua acungan jempol untuk Tony Leung
8
Oke
TONTON
More Stories
dominic toretto fast furious 9 teaser trailer
Teaser Trailer Fast and Furious 9 – Ancaman Pada Keluarga Toretto?
%d blogger menyukai ini: