Serial TV Adaptasi The Dark Tower Baru Akan Diproduksi, Sudah Disetujui Stephen King

Mike Flanagan Akan Adaptasi The Dark Tower

Kabar baik bagi para penggemar novel karya penulis kenamaan Amerika Serikat, Stephen King. Salah satu serial cerita ternama novel King yang meliputi beberapa novel, The Dark Tower akan diadaptasi menjadi serial televisi.

Proyek ambisius ini akan dikerjakan oleh Mike Flanagan dan Intrepid Pictures milik Trevor Macy di bawah kesepakatan Amazon Studios.

Flanagan mengatakan pada majalah Deadline, “Aku sudah menulis episode pertamanya. Kita merencanakan serial ini akan tayang dalam minimal lima season.

Sebenarnya karena sudah mengerjakan proyek ini sejak lama, Aku memiliki banyak ide tentang bagaimana jalannya nanti di kepalaku. Sekarang, aku sudah memiliki skrip episode pertama, dan outline detail untuk season pertama dan outline lengkap untuk season-season selanjutnya.”

Flanagan bisa dikatakan tak asing dengan karya Stephen King. Sebelumnya, dia sudah mengadaptasi Doctor Sleep dan Gerald’s Game. Sudah menjadi rahasia umum kalau Stephen King sangat teliti dan pilih-pilih dalam menyetujui adaptasi karya novelnya, tak peduli kalau adaptasi itu nantinya terhitung sukses.

Mike Flanagan

Masih berbekas di ingatan banyak orang soal konflik antara Stephen King dan sutradara kenamaan, Stanley Kubrick soal adaptasi film horor The Shining tahun 1980. The Shining dinilai sebagai film sukses oleh para kritikus dan fans, sedangkan Stephen King protes karena beberapa elemen yang diubah Kubrick dalam film.

Flanagan melanjutkan bayangan serial ini nantinya, “Aku beritahu saja, lebih dari setengah hidupku aku menutup mata dan melihat semua ini berlallu, melihat semua ini terjadi. Shot pertama yang berasal dari kalimat awal buku pertama seri, The Gunslinger. Aku sudah memiliki image bagaimana itu terwujud nanti sejak kuliah. Semua itu akan keluar nantinya, aku hanya perlu mengeluarkannya dari kepalaku.”

Flanagan juga memiliki nama mentereng di Netflix, dengan beberapa serial hit terbarunya The Haunting of Hill House dan Midnight Mass berhasil menarik minat audiens. Sekarang, dia memutuskan untuk tidak memproduksi serial The Dark Tower miliknya di Netflix, melainkan hijrah ke Amazon.

Kali ini, dia tidak sendiri. “Aku pikir nantinya kalau kita ingin menjalaninya secara utuh, ada beberapa penulis lain yang ingin aku ajak pada proses yang telah kukerjakan sebelumnya. Aku membayangkan kami akan mengerjakan penulisan di ruang kecilm di mana kami bisa membahas satu persatu jalan ceritanya.”

BACA JUGA  Warner Bros Akan Garap Film "Revival" Adaptasi Novel Stephen King

Fakta kalau serial The Dark Tower direncanakan untuk berjalan sekitar lima season tentunya cocok dengan setting multiverse super kompleks yang telah dijabarkan dan digambarkan oleh Stephen King.

Meskipun sebelumnya sudah diadaptasi ke layar lebar, banyak fans yang beranggapan kalau The Dark Tower membutuhkan format penceritaan panjang seperti serial untuk benar-benar mengadaptasinya secara sempurna.

Stephen King juga dikabarkan telah terlibat, fakta yang membuat banyak fans bernapas lega. “Ini terjadi karena aku telah mengirimkan padanya outline detail tentang apa yang ingin kulakukan dengan ceritanya,” jelas Flanagan. “Dengan demikian, sebagai jawabannya dia memberikan hak untuk mengadaptasi The Dark Tower.”

“Proyek seperti ini, aku tak mau terlibat sama sekali apabila tim produksi mengambil arah yang berlawanan dengan kemauan Stephen King dan isi cerita yang dia buat. Tetapi, saat ini dia sangat suportif dan sangat penasaran dengan apa yang akan kita buat nanti.”

The Dark Tower 2017

Sebelumnya, sudah ada upaya untuk mengadaptasi The Dark Tower ke layar sinema. Film The Dark Tower yang dirilis tahun 2017 dan dibintangi Idris Elba dan Matthew McConaughey tersebut dikritik habis-habisan oleh para kritikus film dan audiens.

Selain itu, Amazon juga pernah memiliki rencana adaptasi cerita besar itu dalam serial sepanjang 7 season, tetapi di cancel tahun 2020 setelah menyelesaikan shooting episode pertama. Sulitnya menemukan titik tengah dalam adaptasi cerita kompleks dan panjang ala Stephen King dinilai menjadi batu loncatan yang harus dilalui Flanagan dan timnya.

Dengan keberuntungan, mungkin Flanagan dan Macy bisa menghasilkan adaptasi magis yang bisa dinikmati oleh para fans dan tentunya Stephen King sendiri.

%d blogger menyukai ini: