Urutan Film Star Wars Berdasarkan Timeline Cerita

adegan film star wars a new hope, film keempat di urutan film star wars
Gambar: Lucasfilm Ltd

Star Wars merupakan salah satu waralaba film paling populer yang juga ikut mempopulerkan genre opera antariksa. Kepopulerannya ini pun sudah merambah berbagai bidang lain, baik serial TV, game, novel, dll. Namun, bagi yang bukan fans sejati, urutan film Star Wars bisa membingungkan. Karena ada beberapa film yang dirilis tidak sesuai timeline di ceritanya.

Film Star Wars saat ini bisa kita bagi menjadi tiga bagian, dengan masing-masing bagian memiliki triloginya sendiri. Jadi total ada 9 film utama. Tiap trilogi pun memiliki tokoh utama masing-masing, yaitu Anakin Skywalker, Luke Skywalker, dan Rey. Selain itu masih ada film spin-off yang bercerita soal kejadian atau tokoh berdasar film utama tersebut.

Dengan banyaknya film tersebut, maka tidak heran jika penonton bisa merasa bingung. Nah, di sini kami akan menyusun film-film Star Wars itu berdasar kronologis waktunya.

Urutan Film Star Wars Berdasar Cerita

1. Star Wars: Episode I – The Phantom Menace (1999)

adegan film star wars the phantom menace
Gambar: Lucasfilm Ltd

The Phantom Menace, yang rilis di tahun 1999, menjadi film pertama saga Star Wars… sejauh ini, sebelum film buatan James Mangold rilis. Di film ini kita diperkenalkan pada sosok Obi Wan Kenobi yang masih muda bersama gurunya Qui-Gon Jinn, dan tentunya Anakin Skywalker yang nantinya menjadi Darth Vader.

BACA JUGA  Gara-gara Merchandise, Cerita β€˜Solo: A Star Wars Story’ Terungkap!

2. Star Wars: Episode II – Attack of the Clones (2002)

adegan film star wars attack of the clones

Attack of the Clones yang menjadi lanjutan langsung The Phantom Menace. Di sini kita menyaksikan bagaimana Obi Wan Kenobi menemukan pasukan hasil kloning (dari gen Jango Fett) yang dipersiapkan secara rahasia dan bagaimana Anakin jatuh cinta pada Padme Amidala (Jedi tidak boleh jatuh cinta).

3. Star Wars: Episode III – Revenge of the Sith (2005)

adegan film star wars revenge of the sith
Gambar: Lucasfilm Ltd

The Revenge of the Sith menjadi penutup trilogi kisah Anakin Skywalker seiring membelotnya sang tokoh utama ke dark side (Sith) dan jatuhnya kaum Jedi. Di sini kita juga melihat bagaimana lahirnya Darth Vader sebagai tangan kanan Emperor Palpatine.

4. Solo: A Star Wars Story (2018)

adegan film solo a star wars story
Gambar: Lucasfilm Ltd

Solo merupakan film spin-off yang bercerita soal masa muda Han Solo. Di sini kita melihat bagaimana Han Solo mendapatkan pesawat kesayangannya Millenium Falcon, dan bagaimana ia bertemu dengan Chewbacca.

5. Rogue One: A Star Wars Story (2016)

adegan film rogue one a star wars story
Gambar: Lucasfilm Ltd

Rogue One juga merupakan film spin-off. Film ini bercerita soal bagaimana sekelompok pemberontak berusaha mencuri rancang bangun Death Star (yang nantinya berguna di A New Hope). Di film ini kita juga melihat kemunculan Cassian Andor, yang kemudian memiliki serialnya sendiri.

6. Star Wars: Episode IV – A New Hope (1977)

adegan film star wars a new hope
Gambar: Lucasfilm Ltd

A New Hope merupakan film Star Wars yang dirilis pertama kali, yaitu di tahun 1977. Namun jika kita menonton urutan film Star Wars berdasarkan kronologi cerita, maka film ini merupakan film ke-4. Seperti yang digambarkan di judulnya, di sini kita melihat pahlawan Jedi baru, yaitu Luke Skywalker, yang menjadi harapan galaksi.

7. Star Wars: Episode V – Empire Strikes Back (1980)

adegan film star wars the empire strikes back
Gambar: Lucasfilm Ltd

Empire Strikes back menjadi film kedua dari trilogi ini. Di sini kita menyaksikan Luke Skywalker yang memulai latihannya dengan Yoda, sementara teman-teman pemberontaknya berusaha menahan serangan Empire. Darth Vader, yang mengetahui potensi Luke, berusaha mengajaknya menyeberang ke Sith.

8. Star Wars: Episode VI – Return of the Jedi (1983)

adegan film star wars return of the jedi
Gambar: Lucasfilm Ltd

Return of the Jedi menjadi kisah penutup trilogi ini seiring jatuhnya Emperor Palpatine. Di sini, kita juga melihat hasil latihan Luke dan pertarungannya dengan Darth Vader. Di sini pula kita melihat bagaimana Darth Vader berdamai dengan masa lalunya.

BACA JUGA  Inilah Nama 6 Era Saga Star Wars dengan Film dan Serial di Dalamnya

9. Star Wars: Episode VII – The Force Awakens (2015)

adegan film star wars force awakens
Gambar: Lucasfilm Ltd

The Force Awakens menjadi urutan film Star Wars selanjutnya. Jatuhnya Emperor Palpatine dan Darth Vader ternyata tidak membuat galaksi damai. Di tengah pertempuran yang masih berlangsung, hadir Rey sebagai sosok misterius dengan kekuatan baru. Di sini kita juga melihat Kylo Ren, pengganti Darth Vader, yang ternyata adalah anak Han Solo. Sementara Luke Skywalker menghilang.

10. Star Wars: Episode VIII – The Last Jedi (2017)

adegan film star wars the last jedi
Gambar: Lucasfilm Ltd

Seperti juga di film The Empire Strikes Back, di film The Last Jedi kita melihat bagaimana Rey berlatih dengan Luke Skywalker yang berhasil ditemukannya. Di sini kita juga melihat bagaimana Luke bertarung dengan Kylo Ren.

11. Star Wars: Episode IX – The Rise of Skywalker (2019)

adegan film star wars the rise of skywalker
Gambar: Lucasfilm Ltd

The Rise of Skywalker menjadi penutup kisah trilogi Rey, dan untuk sementara ini (jika belum ada film baru) menjadi yang terakhir di urutan film Star Wars. Seperti dua film sebelumnya, film ini juga membawa alur yang mirip dengan trilogi pendahulunya. Di sini kita melihat bagaimana Kylo Ren, seperti juga Darth Vader sebelumnya β€” berusaha kembali ke jalan yang benar. Kita juga menyaksikan siapa sosok yang masih memegang kendali utama Empire di balik layar.

Bagaimana Urutan Star Wars Antara Film dan Serialnya?

Mungkin ada yang penasaran bagaimana menonton urutan film Star Wars sehubungan dengan serialnya? Yah, memang serial Star Wars juga bisa kita masukkan ke dalam urutan kronologis.

Begini urutan kisah Star Wars baik film dan serialnya.

  1. Star Wars: Episode I – The Phantom Menace
  2. Star Wars: Episode II – Attack of the Clones
  3. Star Wars: Episode III – Revenge of the Sith
  4. Solo: A Star Wars Story
  5. Obi-Wan Kenobi (Serial)
  6. Andor (Serial)
  7. Rogue One: A Star Wars Story
  8. Star Wars: Episode IV – A New Hope
  9. Star Wars: Episode V – The Empire Strikes Back
  10. Star Wars: Episode VI – Return of the Jedi
  11. The Mandalorian seasons 1 dan 2 (Serial)
  12. The Book of Boba Fett (Serial)
  13. The Mandalorian season 3 (Serial)
  14. Star Wars: Episode VII – The Force Awakens
  15. Star Wars: Episode VIII – The Last Jedi
  16. Star Wars: Episode IX – The Rise of Skywalker

Nah, itulah urutan film dan serial Star Wars jika kamu ingin menonton semuanya. Ahem, sebenarnya belum semuanya sih. Karena kami tidak mengikut sertakan film dan serial animasinya.

BACA JUGA  Delay, Disney Pastikan The Mandalorian Season 3 Akan Penuh Kejutan

Jadi, jika kamu belum nonton semua (atau ingin mengulang nonton), selamat maraton!

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: