10 Wanita Tercantik di Dunia, Banyak Didominasi Artis Hollywood, dan Penyanyi

Taylor Swift, salah satu wanita tercantik di dunia
makaiyla willis, CC BY 2.0 , via Wikimedia Commons

Siapa wanita tercantik di dunia saat ini? Kecantikan bisa disebut relatif dan subjektif tergantung siapa yang mengkategorikannya. Tetapi, di era di mana semua data dan elemen bisa dikategorikan, apakah mungkin bisa mencari tahu siapa wanita tercantik dunia lewat metode ilmiah yang terbukti?

Kenyataannya, hal-hal yang dulunya dianggap abstrak seperti siapa pemain sepak bola terbaik di dunia bisa diukur lewat statistik permainan, menit bermain, heat map, akurasi passing dan shooting, Average Goal dan Assist, Sudut dribbling, dan lain-lain.

Karena itu, nama Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo selalu muncul diperbincangkan. Karena berdasarkan sports science, ilmu yang dianggap abstrak beberapa dekade yang lalu mereka bisa disebut sebagai pemain sepakbola terbaik di dunia.

Lantas, bagaimana dengan konsep abstrak lainnya, kecantikan? Tentunya sudah banyak peneliti yang membuat berbagai kategori untuk mengukur kecantikan. Salah satunya adalah seorang Dokter bedah plastik, Dr. Julian De Silva yang menggunakan Golden Ratio atau Phi untuk mengukur kecantikan seorang wanita.

Apa itu Golden Ratio? Golden Ratio adalah metode matematika untuk menemukan pola yang tersebar di berbagai aspek alam. Mulai dari bentuk daun, bentuk tubuh serangga, tubuh manusia, dan lain-lain. Berbagai pola ini dapat ditemukan di alam, dan dianggap sebagai formula ala Tuhan.

Golden Ratio pertama kali ditemukan dari masa Yunani Kuno. Era ini juga yang pertama kali menggunakan Golden Ratio untuk mengukur kecantikan wanita dengan mengukur rasio spesifik antara wajah dan tubuh.

Apabila rasionya mendekati angka 1.618, yang disebut Phi, maka wanita disebut semakin cantik. Metode inilah yang digunakan oleh Dr. Julian De Silva yang menggunakan pendekatan persentase antara perbandingan rasio dalam menyajikan datanya.

Berikut adalah daftar 10 wanita tercantik di dunia berdasarkan metode Dr. Julian De Silva.

1. Jodie Comer – 94.52%

Jodie Comer adalah aktris asal Inggris yang lahir pada tanggal 11 Maret 1993. Nama Aktris 29 tahun ini pertama kali melejit di mata dunia saat membintangi serial TV BBC Killing Eve sebagai assassin bernama Villanelle.

Comer meraih penghargaan dalam IGN Movie Summer Awards tahun 2021 dalam kategori Best Lead Performer in Movie berkat perannya di film The Last Duel.

Menurut Dr. De Silva, Comer memiliki angka hasil rasio tertinggi untuk posisi hidung dan bibirnya, menghasilkan persentasi mencapai hampir 95% mendekati rasio sempurna. Hal ini membuatnya duduk di nomor satu wanita tercantik di dunia.

BACA JUGA  Fakta Menarik Yang Harus Kamu Tahu Tentang The World of The Married

2. Zendaya – 94.35%

Zendaya Maree Stoermer Coleman lahir di California, Amerika Serikat pada tanggal 1 September 1996. Aktris yang mengawali karirnya di bidang musik R&B ini sudah mencapai posisi selebriti papan atas Hollywood di usia muda.

Meskipun dalam seni peran, debut Zendaya bisa dibilang telat untuk ukuran aktor atau aktris, namanya langsung melejit lewat perannya di berbagai film blockbuster populer seperti Spider-Man Homecoming (2017), Spider-Man : Far From Home (2019), dan Spider-Man : No Way Home (2021) dari franchise Marvel Cinematic Universe.

Zendaya juga berperan di film The Greatest Showman (2017) dan film science-fiction Dune (2021).

Berbagai penghargaan sudah diraih aktris ini adalah Emmy Awards dan Golden Globe Awards. Sedangkan di bidang musik, berbagai single-nya seperti “Replay” dan “Release the Stars” berhasil menembus Billboard Top 100 berkali-kali. Album Zendaya juga banyak meraih platinum sales.

Zendaya masuk ke dalam daftar 100 wanita paling berpengaruh tahun 2022 versi majalah TIME.

3. Bella Hadid – 94.35%

Isabella Kairiah Hadid adalah seorang supermodel asal Amerika Serikat. Lahir pada tanggal 9 Oktober 1996 di Washington D.C. dari ayahnya yang seorang pengusaha real estate asal Yordania-Palestina dengan ibunya yang seorang model asal Belanda.

Pada tahun 2016, Bella dianugerahi penghargaan sebagai “Model of the Year” oleh para professional di industri modelling lewat situs Models.com. Selama jangka waktu empat tahun, Hadid sudah membuat 27 penampilan di cover majalah internasional Vogue.

Bella memulai karirnya sebagai model sejak usia 16 tahun. Namanya mulai melambung sejak mengikat kontrak dengan IMG Models pada Agustus 2014.

4. Beyoncè – 92.44%

Beyoncé Giselle Knowles-Carter atau biasa disapa Beyonce adalah seorang penyanyi, penulis lagu, aktris, dan penari yang berasal dari Amerika Serikat. Artis yang lahir pada tanggal 4 September 1981 ini terkenal dengan karya seninya yang terus menembus batas dan kemampuan vokalnya. Pengaruhnya di dunia pop culture membuatnya meraih julukan “Queen Bee”.

BACA JUGA  Daftar 5 Drama Korea / Drakor yang Tayang Bulan Juli 2022

Istri penyanyi Jay-Z ini terjun di dunia entertainment sejak kecil. Namanya melejit sejak akhir 1990-an lewat partisipasinya sebagai anggota grup musik R&B grup khusus wanita, Destiny’s Child. Grup ini juga merupakan salah satu grup musik terlaris sepanjang sejarah.

Setelah itu, single dan album Beyonce selalu mendominasi Billboard Hot. Beyonce juga mulai menjamah dunia seni peran lewat perannya di film-film seperti Austin Powers in Goldmember (2002), The Pink Panther (2006), Dreamgirls (2006), Obsessed (2009), and The Lion King (2019).

5. Ariana Grande – 91.81%

Ariana Grande-Butera atau biasa disebut Ariana Grande adalah seorang penyanyi, penulis lagu, dan aktris asal Amerika Serikat. Ciri khas Ariana adalah range vokalnya yang mencapai empat oktaf, membuatnya diakui sebagai salah satu penyanyi terbaik.

Selain perhatian dari media dan publik, Ariana juga banyak menerima penghargaan sepanjang karirnya. Di antaranya adalah dua penghargaan Grammy Awards, satu Brit Award, satu Bambi Award, dua penghargaan Billboard Music Awards, tiga penghargaan American Music Awards, sembilan penghargaanMTV Video Music Awards, dan 30 penghargaan dari Guinness World Records

6. Taylor Swift – 91.64%

Bagi penggemar musik, sudah tak asing lagi dengan nama berikutnya di daftar wanita tercantik di dunia ini, yakni Taylor Swift.

Taylor Alison Swift atau biasa disebut Taylor Swift adalah seorang penyanyi sekaligus penulis lagu asal Amerika Serikat. Genre lagu karya musisi yang lahir tanggal 13 Desember 1989 ini begitu beragam, membuatnya mendapat banyak penghargaan dan pujian dari publik internasional.

Berhasil menjual lebih dari 200 juta rekaman lagu secara global, Taylor Swift adalah salah satu musisi dengan penjualan album tertinggi sepanjang sejarah. Swift juga merupakan artis yang paling banyak disimak di aplikasi Spotify.

Di usianya yang masih tergolong muda, Swift sudah dimasukkan ke dalam daftar 100 penulis lagu terbaik sepanjang masa versi Rolling Stone’s.

7. Jourdan Dunn – 91.39%

Nama selanjutnya dari daftar wanita tercantik di dunia ini adalah Jourdan Sherise Dunn.

BACA JUGA  Daftar Pemain Drama Korea "Island" - Ada Kim Nam Gil & Cha Eunwoo!

Jourdan Sherise Dunn adalah seorang supermodel asal Inggris yang lahir pada tanggal 3 Agustus tahun 1990. Jourdan mulai muncul di runway modelling internasional pada awal 2007. Pada Februari 2008, Jourdan menjadi model kulit hitam pertama yang berhasil menembus runway Prada setelah satu dekade.

Menurut Dr. De Silva, Jourdan memiliki angka hasil rasio tinggi untuk posisi hidung dan bibirnya, menghasilkan persentasi mencapai hampir 92% mendekati rasio sempurna.

8. Kim Kardashian – 91.28%

Figur berikutnya dari daftar wanita tercantik di dunia ini adalah seorang wanita penuh kontroversi, Kimberly Noel Kardashian.

Seorang sosialita, media personality, dan sekaligus pebisnis asal Amerika Serikat ini lahir pada tanggal 21 Oktober 1980. Pertama muncul ke permukaan dunia entertainment sebagai teman dan penata rias Paris Hilton.

Berbagai kontroversi baik yang berasal dari dirinya sendiri maupun keluarga Kardashian membuat namanya makin melambung. Tak sedikit orang yang beranggapan kalau Kim dan keluarganya adalah contoh buruk soal popularitas kosong tanpa esensi.

Majalah Time memasukkan nama Kim dalam daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia pada tahun 2015. Kim juga merupakan salah satu artis terkaya di dunia, dengan estimasi kekayaannya yang mencapai hampir 1.8 miliar USD.

9. Deepika Padukone – 91.22%

Deepika Padukone adalah aktris asal India yang mayoritas berakting di industri film berbahasa Hindi. Deepika yang lahir di Copenhagen, Denmark, pada tanggal 5 Januari 1986 ini merupakan salah satu aktris dengan bayaran termahal di India.

Putri dari mantan pebulutangkis India Prakash Padukone ini sudah meraih beberapa penghargaan sepanjang karirnya, termasuk tiga penghargaan Filmfare Awards. Majalah Time memasukkan nama Deepika sebagai salah satu dari 100 orang paling berpengaruh di dunia tahun 2018, dan memberi penghargaan TIME100 Impact Award pada tahun 2022.

Salah satu hal yang paling dikenal soal Deepika adalah kampanyenya melawan depresi dan gangguan mental.

10. HoYeon Jung – 89.63%

Nama terakhir dari daftar wanita tercantik di dunia ini adalah seorang model sekaligus aktris asal Korea Selatan, Jung Hoyeon.

Jung Hoyeon, yang lahir pada tanggal 23 Juni 1994, mengawali karirnya sebagai model freelance pada tahun 2010, mengikuti acara Seoul Fashion Week selama dua tahun penuh.

Pada tahun 2016, Jung menjadi model eksklusif brand ternama Louis Vuitton dan menjadi duta global brand tersebut pada tahun 2021.

Pada tahun 2021, Jung mencoba terjun ke dunia seni peran. Debutnya sebagai aktris dimulai di serial Netflix populer Squid Game sebagai karakter Kang Sae Hyeok, membuat namanya meroket dalam sekejap di mata internasional.


Demikian 10 wanita tercantik di dunia versi Golden Ratio penjelasan Dr. Julian De Silva. Apa dari nama-nama ini ada yang mengejutkanmu?

%d blogger menyukai ini: