Urutan Film Spider-Man Versi Marvel Yang Diperankan Tom Holland

spiderman tom holland

Nonton film Spider-Man memang bisa jadi PR tersendiri. Selain banyak versi, judul yang mirip pada versi Marvel seringkali membuat bingung urutan film Spider-Man yang benar. Oleh karena itu, di sini kami membahasnya.

Versi Film Spider-Man Yang Banyak

Spider-Man merupakan salah satu karakter komik yang paling populer sepanjang masa. Bahkan tidak hanya di Marvel saja, tapi di dunia fiksi pada umumnya. Dengan begitu, wajar jika si manusia laba-laba ini sering diadaptasi menjadi film maupun serial TV.

Nah, jika kita bicara film layar lebar, paling tidak ada 4 seri Spider-Man yang wajib kita bicarakan.

Pertama, trilogi Spider-Man besutan Sam Raimi dengan pemeran Tobey Maguire. Kedua, dua film The Amazing Spider-Man dengan pemeran Andrew Garfield. Ketiga, film-film versi MCU dengan Tom Holland sebagai Spider-Man. Lalu keempat, film animasi Spider-Verse.

Seperti sudah disebut di atas, judul yang mirip antara satu dengan yang lain di versi MCU bisa membuat kita bingung dengan urutan film Spider-Man. Belum lagi jika kita bicara soal keterlibatan Peter Parker dengan Avangers, terutama Iron Man.

Jadi mungkin memang layak membahas urutan tersebut. Karena akan berguna bagi kamu yang baru mengikuti film Spider-Man secara khusus atau film MCU secara umum.

Urutan Film Spider-Man Versi Marvel (Tom Holland)

Supaya lengkap, di sini kami juga mengurutkan film bersama dengan kemunculan Spider-Man di film MCU lain.

Inilah urutan nonton film Spider-Man.

1. Captain America: Civil War (2016)

spiderman tom holland

Di film Captain America: Civil War, Spider-Man yang diperankan oleh Tom Holland pertama kali muncul. Ia, yang direkrut Iron Man, muncul dengan dramatis di airport Leipzig/Halle mengambil perisai Captain America.

2. Spider-Man: Homecoming (2017)

spider-man homecoming

Spider-Man: Homecoming merupakan film pertama si manusia laba-laba versi MCU. Di sini ia masih mengawasi lingkungan dari penjahat kelas teri sebelum bertemu Vulture yang membuat armor dari peninggalan alien pada serangan New York.

BACA JUGA  3 Easter Eggs dan Referensi Pop Culture di Deadpool 2 [SPOILER ALERT]

Di film ini, Ned juga menjadi orang pertama yang mengetahui siapa yang berada di balik topeng superhero “lokal” ini. Ned kemudian memutuskan membantu Peter menjalankan aksinya.

FIlm ini pun menunjukkan arah yang berbeda dari komik. Di komik, Spider-Man tidak punya mentor dan harus belajar “with a great power comes great responsibility” sendiri. Di film MCU ia menjadi anak didik Iron Man (juga diberi kostum).

3. Avengers: Infinity War (2018)

Di film Avengers: Infinity War, Peter Parker kembali beraksi ketika New York kembali diserang oleh anak buah Thanos. Awalnya membantu Iron Man, ia kemudian terseret ke luar angkasa sampai ke Titan.

Seperti yang kita ketahui, ia ikut bertarung melawan Thanos dan termasuk salah satu yang menjadi korban “snap” alias peristiwa blip.

4. Avengers: Endgame (2019)

Di Avengers: Endgame, Spider-Man kembali hadir akibat “snap” yang dilakukan oleh Bruce Banner alias Hulk. Ia juga ikut bertempur melawan pasukan Thanos. Namun, seperti kita ketahui bersama, ia kemudian menyaksikan gugurnya Iron Man, sang mentor.

5. Spider-Man: Far From Home (2019)

Spider-Man: Far From Home merupakan film kedua tempat si manusia laba-laba beraksi sendiri. Tanpa kehadiran Tony Stark — walau masih berhubungan dengan karakter MCU lain — Peter Parker berusaha menangani semua permasalahan sendiri.

Di film ini, MJ mengetahui sepak terjang Peter Parker sebenarnya. Mereka pun mulai menjalani hubungan romantis.

6. Spider-Man: No Way Home (2021)

Spider-Man: No Way Home jelas merupakan film yang menarik. Tentu, film ini memang menghadirkan dua sosok Spider-Man dari film sebelumnya — tetap diperankan Tobey Maguire dan Andrew Garfield — sebagai konsekuensi multiverse.

Namun, terlebih dari itu, film ini juga menunjukkan bagaimana karakter Spider-Man selalu menghadapi tragedi di semua universe. Termasuk kematian Bibi May dan konsekuensi “with a great power comes great responsibility” (yang secara unik ada di akhir trilogi bukan di awal).

Yang tidak kalah menarik, film ini juga menjadi “penebusan” rasa bersalah Spider-Man versi Anrew Garfield yang tidak berhasil menyelamatkan Gwen Stacy di filmnya sendiri. Di sini, ia berhasil menyelamatkan MJ (dengan adegan yang mirip).

BACA JUGA  Mengenal SWORD, Organisasi Yang Muncul di Serial "WandaVision"

Spider-Man Yang Berbeda

Seperti yang sudah disebut di atas, baik Peter Parker maupun Spider-Man versi MCU memang cukup berbeda dengan versi film lain dan juga di komik. Tentu karena Marvel sudah meresmikan multiverse di film (sebelumnya sudah ada di komik).

Berbagai versi Spider-Man ini pun diperkuat oleh film animasi Spider-Man, yaitu seri Spider-Verse. Mulai dari film pertama Spider-Man: Into the Spider-Verse (2018), sampai lanjutannya Spider-Man: Across the Spider-Verse (2023) dan Spider-Man: Beyond the Spider-Verse (2024).

Nah, itulah urutan film Spider-Man versi Marvel yang diperankan oleh Tom Holland. Silakan ikuti urutannya jika kamu memang ingin menonton maraton. Silakan kunjungi Disney+ untuk menontonnya.

%d blogger menyukai ini: