5 Webtoon Sejarah Indonesia yang Seru Buat Dibaca

Sri Asih (Sumber: GetCraft)

Kamu sedang mencari webtoon sejarah Indonesia untuk mengisi waktu luang? Kalau iya, jangan sampai lewatkan rekomendasi berikut ini ya.

Sebagai penggemar webtoon kawakan, tidak munafik kalau webtoon bikinan anak bangsa selalu dipandang sebelah mata. Grafik yang dinilai kurang epic dan cerita seperti sinetron TV, adalah beberapa alasan kenapa webtoon Indonesia cenderung sepi peminat.

Padahal kalau mau berselancar lebih jauh di Webtoon, nggak sedikit webtoon Indonesia yang asik buat dibaca lho. Apalagi kalau temanya sudah mengangkat unsur sejarah Indonesia dan dikemas lebih modern, mungkin kamu juga akan ketagihan membacanya.

Kali ini saya ingin merekomendasikan beberapa webtoon yang mengangkat cerita tentang sejarah Indonesia. Beberapa webtoon ini ada yang alur dan visualnya benar-benar era kuno. Namun nggak sedikit juga yang pakai cerita kuno tapi visual dan latar tempatnya dibuat jauh lebih modern.

Dedes

Webtoon “Dedes” mengusung konsep fiksi yang tokohnya diadaptasi dari sejarah Indonesia. Webtoon yang rilis setiap hari Senin di LINE WEBTOON ini menceritakan tentang Mita, seorang mahasiswi yang tiba-tiba bereinkarnasi ke tubuh Ken Dedes.

Nggak cuma reinkarnasi biasa, Mita mendapatkan pesan dari Ken Dedes lewat mimpi. Samar-samar, Ken Dedes meminta agar Mita bisa mewujudkan keinginannya yang belum sempat terwujud sampai akhir hayat. Kalau Mita tidak bisa mewujudkan keinginan Ken Dedes, maka ia akan mati baik di dunianya yang asli atau di zaman Ken Dedes.

Dedes – Sumber: LINE Webtoon

Dalam perjuangannya mewujudkan impian Ken Dedes, Mita bertemu dengan Tunggul Ametung dan Ken Arok.

Di sejarah aslinya, Tunggul Ametung terkenal sangat bengis dan menculik Ken Dedes untuk ia nikahi. Sedangkan Ken Arok diceritakan sebagai cinta sejati Ken Dedes.

Dedes rela bekerja sama dengan Ken Arok demi menggulingkan Tunggul Ametung. Tapi balasannya, Ken Arok justru mengkhianati Dedes dan membunuh anak kandung Dedes bersama Tunggul Ametung, Anusapati.

Namun anehnya, di dunia yang dimasuki Mita, Tunggul Ametung yang terkenal bengis justru dihadapannya sangat manis. Sedangkan Ken Arok yang di sejarah sangat dicintai Ken Dedes, malah terlihat licik penuh ambisi.

BACA JUGA  Baca Solo Leveling? Ini Semua Yang Perlu Kamu Tahu

Lalu kepada siapa Mita akan melabuhkan hatinya nanti? Lalu apakah Mita bakal mengulang sejarah kelam Ken Dedes, atau justru plot twist berakhir bahagia bersama Tunggul Ametung?

DARJO SARIP

Webtoon ini baru terbit pada tanggal 7 Oktober 2022 di LINE WEBTOON, jadi masih sangat segar. “DARJO SARIP” menceritakan tentang kisah seorang pemuda yang bernama Sarip. Ia hidup di sebuah desa di pesisir timur pulau Jawa.

DARJO SARIP – Sumber: LINE Webtoon

Mengusung era peradaban kuno, Sarip digambarkan sebagai seorang pendekar muda yang memiliki kemampuan super unik.

Sebagai seorang pendekar, Sarip harus memikul tanggung jawab untuk melindungi desanya dari para penjahat, perampok, bandit, dukun, dan juga ilmu hitam mandraguna.

Bisakah Sarip mempertahankan keselamatan desanya? Itu yang harus kamu pastikan sendiri dengan membaca webtoon-nya.

Sri Asih

Webtoon rilisan tahun 2020, “Sri Asih” juga nggak kalah seru buat dibaca. Walaupun webtoon ini dikemas lebih modern, namun webtoon besutan Bumi Langit ini terinspirasi dari kisah Dewi Sri asal Jawa Barat.

Sri Asih – Sumber: DetikHot

“Sri Asih” sendiri menceritakan tentang seorang gadis remaja bernama Alana. Ia tidak hanya mampu melihat makhluk gaib. Tapi Alana juga punya kekuatan spesial yang bisa melindungi seluruh umat manusia dari serangan roh jahat.

7 Wonders

 “7 Wonder” adalah webtoon besutan Metalu Kyoyuzuki. Webtoon ini terinspirasi dari legenda Jaka Tarub serta 7 bidadari yang dikemas lebih modern.

Dalam alur ceritanya, webtoon ini juga mengangkat kisah-kisah kolosal lain seperti pewayangan Jawa, Nyi Roro Kidul, dll.

7 Wonders – Sumber: Wattpad

Untuk alur ceritanya sendiri, “7 Wonders” menceritakan tentang pemuda kaya raya bernama Jaka. Ketika masih kaya, Jaka dipuja oleh banyak orang. Namun saat bisnisnya tiba-tiba bangkrut, semua orang meninggalkannya.

Suatu hari Jaka mendapatkan tiket liburan dari temannya ke Paradise Park Air Terjun Bidadari. Ajaibnya, di sana ia benar-benar melihat 7 bidadari yang sedang mandi.

Ia lalu mengambil salah satu selendang bidadari tersebut. Harapannya sih untuk mendapat keajaiban berupa kekayaan, tapi ternyata malah mendapat calon istri dari ras bidadari.

Nusantara System Cheat

Buatmu penggila webtoon yang memadukan peradaban kuno dengan teknologi canggih, “Nusantara System Cheat” jawabannya.

BACA JUGA  Rekomendasi Manhua Bergenre Boys Love (BL) dengan Alur yang Epic

Webtoon ini menceritakan tentang remaja bernama Angga. Karena menyelamatkan cewek yang dia sukai dari insiden tabrakan mobil, Angga justru yang tewas tertabrak mobil.

Nusantara System Cheat – Sumber: LINE Webtoon

Namun bukannya menuju ke alam baka, Angga malah bereinkarnasi dengan bantuan sistem cheat. Sistem tersebut kemudian membawa Angga ke dunia paralel super kuno.

Di sana adalah dunia tempat para jawara yang ada di legenda Indonesia berkumpul. Dalam dunia tersebut, siapa yang kuat akan dihormati. Masih dengan bantuan sistem cheat, Angga dapat menjadi jawara terkuat dan menguasai dunia.

Tapi dengan metode curang seperti itu, apakah pencapaian Angga akan bertahan selamanya?

Itu dia beberapa webtoon sejarah Indonesia yang mungkin bisa kamu pertimbangkan. Nggak ada salahnya sekali-kali baca webtoon Indonesia. Toh kalaupun nanti kebetulan cocok di hati, kita malah bisa mendukung webtoonist Tanah Air agar lebih berkembang dan maju di kancah internasional kan? Gimana, setuju?

%d blogger menyukai ini: