The Eun’s Garden – Webtoon Buat Kamu yang Hidupnya ‘Flat’ Aja

Baru-baru ini saya habis baca webtoon “The Eun’s Garden,” dan menurut saya webtoon ini bakal cocok buat kamu yang hidupnya ‘flat’ aja.

Siapa nih yang selama ini ngerasa hidupnya flat-flat aja? Ya nggak flat 100% sih. Cuma ketika ada suatu peristiwa terjadi dalam hidup, responmu nggak heboh seperti orang lain dan justru malah cenderung biasa saja.

Mungkin jarang ada tipe orang yang seperti itu, tapi mereka tetap ada. Nah gambaran orang seperti itu baru-baru ini saya temukan dalam karakter utama di “The Eun’s Garden,” webtoon yang baru-baru ini saya baca.

Kali ini saya mau mengulik sekilas soal webtoon “The Eun’s Garden.” Dari cerita yang saya baca, sekilas webtoon ini menyampaikan makna bahwa nggak selamanya orang bakal ‘flat’ dalam menjalani kehidupan. Kalau sudah waktunya, perlahan hidup mereka bakal lebih berwarna. Misalnya ketika bertemu dengan orang yang mereka suka, mungkin. Haha, oke yuk langsung saja!

Webtoon “The Eun’s Garden” Tentang Apa?

The Eun’s Garden” adalah webtoon romantis karya Chae-Eun, gambarnya dibuat oleh Turjang dan webtoon ini diterbitkan oleh Naver WEBTOON. Chae-Eun sendiri bukan nama baru dalam industri webtoon, ia juga sempat membuat webtoon populer berjudul “Daytime Star.”

“The Eun’s Garden” menceritakan tentang Shin Jihun, pria pembuat onar sekaligus penerus dari perusahaan konstruksi ternama, yang menghabiskan satu malam bersama wanita misterius pemikat hatinya. Keesokan harinya saat terbangun, wanita itu sudah tidak ada dan yang Shin Jihun temukan hanya sepasang anting mutiara dan uang 250.000 won.

Merasa dilecehkan karena dibayar 250.000 won, Jihun memutuskan untuk mencari keberadaan wanita itu untuk membuat perhitungan. Nggak perlu waktu lama, akhirnya yang ia temukan ternyata adalah seorang florist bernama Soeun Yoon.

Apa yang Bikin Webtoon Ini Menarik?

Hal pertama yang menurut saya membuat webtoon ini menarik adalah visualnya. Di sini Jihun digambarkan sebagai sosok pria emosional, arogan dan vibes-nya harus ‘mahal banget.’ Dan menurut saya, penggambaran karakternya sudah benar-benar sesuai. Bahkan setiap ekspresi yang ditampilkan Jihun juga pas.

Sedangkan Soeun adalah sosok wanita yang hidupnya ‘flat.’ Bahkan saat kekasihnya berselingkuh hingga menghamili adik tirinya, Soeun tetap memasang wajah biasa saja tanpa menampilkan emosi apapun. Ini dia poin plus-nya. Tatapan tanpa emosi Soeun menurut saya pas banget. Lewat Soeun, tampak jelas kalau si webtoonist sangat handal dalam menggambarkan ekspresi karakter.

Selain itu pertemuan ‘si pembuat onar dan arogan’ dengan ‘si B aja’ juga sangat menarik. Jihun yang nggak sabaran, mendadak harus jadi penyabar menghadapi Soeun yang ‘B aja’ dan lugu. Walau saling bertolak belakang, tapi sebenarnya benih-benih cinta sudah mulai hadir di antara mereka berdua. Cuma mereka berdua belum menyadarinya. Hal ini dibuktikan dengan timbulnya rasa khawatir ketika satu sama lain terluka.

Yang Nggak Saya Suka dari Webtoon Ini

Satu-satunya hal yang kurang saya sukai dari webtoon ini adalah alur ceritanya yang ‘lama banget.’ Saya sudah membaca beberapa episode, tapi perkembangan ceritanya menurut saya sangat tipis.

Hal ini terjadi karena pertemuan ‘si pembuat onar’ dan ‘si B aja.’ Sebenarnya karakter mereka yang bertolak belakang memang menarik. Hanya saja melihat Jihun yang gengsinya sangat tinggi, lalu Soeun yang B aja dan super lugu, inilah yang akhirnya menghambat perkembangan cerita.

Masa sudah berpuluh-puluh episode, tapi ceritanya masih mutar-mutar seputar aksi Jihun yang mau bikin perhitungan sama Soeun dan belum ada tanda-tanda mereka lagi PDKT.

Webtoon Ini Cocok Buat Siapa?

Pertama, saya mau bilang kalau webtoon ini nggak cocok buat kamu yang suka alur cerita yang ‘sat set sat set’ alias nggak bertele-tele. Karena perkembangan cerita webtoon ini super lemot, kamu mungkin bakal langsung bosan membacanya.

Tapi sisi lainnya, webtoon ini bakal cocok buatmu yang punya teman atau jika kamu sendiri hidupnya ‘flat.’ Seperti yang saya bocorkan sebelumnya, webtoon ini bakal memberikan gambaran bahwa nggak selamanya hidup orang akan terasa flat.

Ketika sudah bertemu dengan seseorang yang menarik perhatiannya, maka perlahan hidup akan lebih berwarna. Inilah yang coba digambarkan webtoon tersebut lewat karakter Soeun Yoon.

Selain itu buat kamu yang suka webtoon dengan alur cerita ‘alon-alon asal kelakon’ (pelan-pelan yang penting bakal sampai), webtoon ini jelas bakal cocok buat kamu. Soalnya webtoon ini benar-benar akan membawamu ke perjalanan cinta Jihun dan Souen yang seolah natural mengalir seperti air.

Yuk, lanjut baca
Rekomendasi 9 Serial Kriminal Netflix Terbaik yang Wajib Kamu Tonton
%d blogger menyukai ini: