Tujuan dan Dosa yang Membuat Zeke Yeager Berubah Kuat Nan Tangguh

Zeke Yeager adalah salah satu tokoh kunci di serial manga atau anime Attack On Titan. Sebagai karakter yang memiliki kekuatan titan tersendiri, tujuan Zeke Yeager lebih besar daripada sekedar mengabdi dan menjadi seorang pejuang.

Pada episode terbaru Attack On Titan Final Season, banyak penonton dibuat bingung dengan cerita, tujuan dan manuver Zeke Yeager sendiri. Jika kita menilik ulang tokoh Zeke, ada beberapa peristiwa dan dosa yang membuat kakak Eren ini mengubah cara pandangnya terhadap dunia. Zeke bukan lagi seorang monyet raksasa yang kejam di mata penonton, ia telah berubah menjadi tokoh baru yang juga membutuhkan simpati.

Peristiwa Masa Kecil

Berbeda dengan Eren yang mendapatkan kasih sayang yang cukup dari Griesha dan ibunya, Zeke kecil tumbuh di lingkungan yang sangat politis, berbahaya dan penuh teror. Sebagai orang Eldia yang tinggal di Marley, kehidupan Zeke telah terhimpit dan dipaksa untuk menelan banyak hal dari luar maupun dalam keluarganya.

Griesha dan Diana Fritz yang kala itu masih muda dan menggebu-gebu, membuat gerakan pemberontakan restorasi Eldia. Pihak Marley seperti kita tahu, adalah pihak yang kejam dan bisa membunuh siapa saja yang mencoba menggulingkan kekuasaan mereka. Zeke yang saat itu masih kecil, tinggal di pertarungan politik yang keras.

Ia yang sebenarnya ingin mendapatkan kehangatan keluarga, justru terus didoktrin oleh orang tuanya untuk menjadi pejuang. Sampai suatu saat, Zeke melaporkan gerakan restorasi Eldia pada pihak Marley karena tak tahan dengan sikap keluarganya. Dosa terhadap rasnya sendiri telah ia tanggung sejak kecil. Semenjak peristiwa itu, Zeke tak pernah lagi sama, apalagi saat ia menjadi seorang pejuang Eldia-Marley yang mewarisi kekuatan Beast Titan. Kehilangan keluarganya sendiri karena ulahnya adalah hal pertama yang membuat Zeke begitu rumit.

Pertemuan Dengan Survey Corps

Kalian pasti masih ingat peristiwa pertarungan antara Zeke melawan Survey Corps yang dipimpin oleh Erwin. Zeke yang mempercayai kekuatan mutlak, harus melihat perjuangan sia-sia dari para Survey Corps yang berteriak di hadapannya.

BACA JUGA  Rekomendasi 7 Manga Sepak Bola Terbaik, Bisa Untuk Menemani Piala Duniamu!

Meski saat itu marah, fakta bahwa Zeke sangat tertarik pada konsep alat 3D manuver gear dan semangat juang tentara paradis, membuatnya terbuka. Ia yang ditempa untuk selalu berkorban dan berjuang sebagai prajurit nyatanya hanyalah orang biasa dibandingkan para Survey Corps yang rela menjemput ajalnya. Singkatnya, semangat dan daya juang pasukan Survey Corps sendikitnya memberikan dampak psikologis pada diri Zeke.

Levi, Sang Rival

Nggak dipungkiri lagi, pertarungan melawan Levi adalah salah satu hal yang paling membuat Zeke berubah. Zeke yang hanya mempercayai kekuatan absolut titan, sama seperti Marley harus bertekuk lutut dihadapan Levi yang hanya mengandalkan alat 3D Manuver Gear dan 4 pedang untuk menumbangkan Titan shifter setinggi 16 meter.

Pertemuannya dengan Levi membuat Zeke lebih menyadari bahwa kekuatan manusia bukan tak mungkin mengalahkan Titan. Sampai sekarang, hubungan Levi dan Zeke terbilang cukup unik. Levi yang membencinya nggak kuasa membunuh karena perintah atasan sedangkan Zeke selalu takut bahkan untuk mencoba melawan Levi dengan kekuatan titan sekalipun. Singkatnya Levi lebih menakutkan daripada barisan kapal laut yang menembakan ribuan meriam ke arahnya. Membuat Zeke mengubah pandangannya perihal pertempuran dan kekuatan.

Pengkhianatan di Liberio

Zeke telah hidup dengan dosa yang yang menumpuk. Puncak perubahan Zeke adalah peristiwa Liberio. Ia bahkan harus mengkhianati tanah airnya sendiri dan orang-orang Eldia yang tinggal di Liberio. Hal ini ia lakukan demi misi dan tujuannya tercapai.

Bukan hal yang mudah untuk seorang laki-laki menanggung banyak beban dan berpura-pura baik pada semua orang. Ia bahkan harus mengkhianati kaum Eldia dan Marley untuk kedua kalinya. Demi tujuannya sendiri yang sialnya masih belum jelas dan tuntas. Ingat kalau di Liberio ia mengkihanati banyak orang dari mulai tentara, masyarakat sipil eldia, masyarakat marley, tentara eldia sampai orang tua yang mengurusnya selama ini. Hal ini pasti berefek pada mental Zeke dan mengubahnya menjadi pria yang dingin dan licik di kemudian hari.

Yaegerist

Terbentuknya Yeagerist tentu menjadi peristiwa penting yang mengubah kehidupan Zeke Yeager. Ia yang tak memiliki keluarga, kini memiliki seorang adik yang bekerja bersamanya demi menggapai tujuan bersama.

BACA JUGA  7 Karakter Anime Fujoshi yang Demen Banget Sama Cerita "BL"

Sebenarnya, tujuan Zeke telah selesai saat ia merasakan hangatnya keluarga berkat Eren. Namun dalam Attack On Titan, semua tidak berjalan dengan sederhana. Eren sendiri hanya memanfaatkan Zeke untuk kepentingan dan kepercayaan yang ia pegang teguh, meski sedikitnya Eren juga menghormati eksistensi dan masukan dari Zeke pada pergerakan Yaegerist.

Nah itu dia ada 5 peristiwa dan dosa yang membuat tujuan Zeke Yeager selalu berubah-ubah. Gimana menurut kalian Popins? Apakah kalian setuju dengan peristiwa-peristiwa di atas?

%d blogger menyukai ini: