Abis Nonton Dewa Kipas, Tonton Rekomendasi 8 Film Catur Terbaik Ini

Belakangan permainan papan catur sedang kembali ramai diperbincangkan. Olahraga otak ini memang nggak pernah kehilangan daya pikatnya meski telah dimainkan sejak beratus-ratus tahun yang lalu. Nah buat kamu yang sedang mencari rekomendasi film catur terbaik karena sedang mengikuti drama Dewa Kipas, Popculture.id akan memberikan beberapa film yang menarik.

Minat masyarakat dunia terhadap catur melonjak naik semenjak prestasi yang ditorehkan serial besutan Netflix, The Queen’s Gambit. Namun Indonesia punya caranya sendiri, yakni drama Dewa Kipas, seorang pensiunan yang kini sedang ramai diperbincangkan masyarakat. Daripada tanggung penasaran, yuk langsung aja kamu simak rekomendasi 8 film catur terbaik yang telah dipilih Popculture.id di bawah ini!

Pawn Sacrifice

Pertama ada Pawn Sacrifice yang dirilis pada tahun 2014 silam. Film yang dibintangi Tobey Maguire ini bercerita tentang Bobby Fischer, master catur asal Amerika Serikat yang telah memiliki bakat sejak kecil. Serupa dengan The Queen’s Gambit, film ini mengisahkan karir kompetisi Bobby yang cemerlang sampai akhirnya ia bertemu dan bertanding melawan Boris Spassky, seorang master catur dari Uni Soviet.

The Luzhin Defense

The Luzhin Defense adalah film tahun 2000 yang diadaptasi dari novel karya Vladimir Nobokov. Secara garis besar, film ini bercerita tentang Alexander Luzhin, seorang master catur yang memiliki trauma mendalam dan mental yang nggak stabil. Ia kemudian bertemu dengan seorang yang bisa menyembuhkan mentalnya dan membuat ia kembali berkompetisi di dunia catur.

Computer Chess

Computer Chess adalah sebuah film komedi menarik yang sangat sayang jika nggak kamu tonton. Berlatar tahun 1980-an, Computer Chess menceritakan kisah sekelompok anak kutu buku yang membuat program catur komputer. Hasil kerja mereka nantinya diuji oleh penggemar bahkan pemain catur profesional. Gokil!

Searching For Bobby Fischer

Searching For Bobby Fischer mungkin menjadi film catur paling terkenal yang pernah ada. Film yang diadaptasi dari biografi karya Fred Waitzkin ini mengisahkan seorang anak yang punya kecerdasan luar biasa. Sang anak gemar bermain catur dengan orang-orang dewasa di taman kota sebelum akhirnya bakatnya diketahui seorang pelatih. Siapa sangka, sang anak justru merasa tertekan dan kehilangan seleranya menggerakan bidak.

BACA JUGA  4 Film Horor Barat Tahun 80-an yang Seramnya Nggak Lekang oleh Waktu

The Seventh Seal

Selanjutnya ada film klasik The Seventh Seal yang dirilis tahun 1975. Film ini menceritakan tentang prajurit yang baru pulang dari peperangan dan bermain catur melawan malaikat maut dengan mempertaruhkan nyawanya jika ia kalah. Film unik ini memang cukup terkenal di kalangan pecinta film maupun pecinta catur. Nggak mengherankan, The Seventh Seal sendiri memang disutradarai Ingmar Bergman.

Fresh

Selanjutnya ada film tahun 1994 berjudul Fresh. Film ini mengisahkan tentang seorang anak berusia 12 tahun yang bekerja untuk pengedar narkoba di lingkungan daerah rumahnya. Sang anak yang punya ketakutan tersendiri, menggunakan kemampuannya bermain catur yang diajarkan ayahnya demi bertahan hidup di lingkungan yang kelam dan keras tersebut.

The Dark Horse

The Dark Horse, berkisah tentang pecatur asal Selandia baru bernama Genesis Potini. Nggak seperti kebanyakan pecatur lain, Potini menderita gangguan mental. Kendati begitu karena kecintaannya pada permainan catur ia membangun sebuah klub catur bernama Easter Nights yang berisikan anak-anak kurang mampu. Akhirnya klub yang dibuat Potini tersebut mengikuti turnamen catur anak-anak dan memberikan pengalaman menarik pada mereka. Keren lah pokoknya!~

Life Of A King

Terakhir adalah film favorit penulis sendiri, Life Of A King. Mengusung tema pendidikan, film ini bercerita tentang seorang mantan narapidana yang punya keahlian catur yang ia pelajari dari penjara. Keluar dari penjara ia akhirnya menjadi petugas kebersihan di sebuah SMA.

Pada sebuah kesempatan, sang mantan narapidana diminta untuk mengawasi anak-anak di kelas. Dengan kikuk sang narapidana memberikan pelajaran hidup lewat permainan catur. Tanpa disangka anak-anak tersebut tertarik dan lebih mengapresasi pendekatan belajar yang dilakukan si petugas kebersihan.

Nah itu dia 8 film tentang catur yang direkomendasikan Popculture.id. Sebenarnya masih banyak film catur lain yang nggak kalah menarik dari daftar di atas. Gimana, adakah film catur favorit kalian? Yuk tulis di kolom komentar~

%d blogger menyukai ini: