Unik, Film Adaptasi Lord of The Rings Versi Uni Soviet Tayang di YouTube

Lord of the Rings adalah salah satu novel fantasi klasik yang masih dibicarakan sampai sekarang. Novel karangan J.R.R Tolkien telah diadaptasi menjadi sejumlah film yang nggak kalah suksesnya. Terlepas dari itu, salah satu adaptasi yang jarang orang ketahui adalah The Lord of The Rings versi Soviet.

Nah pada tahun 1991, film adaptasi TV Lord of the Rings berjudul Khraniteli ditayangkan di televisi Uni Soviet. Bagaimanapun, film ini merupakan satu-satunya adaptasi yang dibuat oleh Uni Soviet dan telah dianggap menghilang dari sejarah dan semua orang melupakannya setelah Soviet runtuh.

Namun siapa sih yang bisa menampikan kekuatan Lord of The Rings? Bahkan film-film fantasi sekarang hanyalah pengembangan dan contekan dari gaya LOTR. Kembali lagi, film LOTR versi Rusia kini telah muncul kembali di kanal YouTube. Jika dilihat, film ini dibuat dengan low budget namun cukup menarik. Nggak seperti film, adaptasi Soviet ini malah mirip acara permainan televisi.

Jauh sebelum Peter Jackson membuat sejarah sinematik dengan trilogi Lord of the Rings, Soviet telah lebih dulu menggarap Khraniteli, adaptasi dari buku Tolkien oleh negara mereka. Setelah tayang pada tahun 1991 di Leningrad Television, adaptasi tersebut dianggap hilang. Beruntung, kini film tersebut ada di YouTube, penerus Leningrad Televisi, 5TV tiba-tiba mengunggah film tersebut di kanal YouTube mereka.

Film tersebut menampilkan skoring oleh Andrei Romanov dari band rock Akvarium dengan beberapa desain produksi yang sangat murah. Tentu saja adaptasi Soviet ini nggak bisa dibandingkan karena secara kualitas jauh dari garapan Peter Jackson.

Terlepas dari itu, ini bukan pertama kalinya Leningrad Television mengadaptasi Tolkien. Pada tahun 1985 mereka merilis adaptasi The Hobbit yang menampilkan penari balet di teater Marrinsky dengan narator berkumis yang mirip Tolkien.

Ceriat tersebut berjudul The Fantastic Journey of Mister Bilbo Baggins, The Hobbit. Film tersebut memperlihatkan Bilbo melewati para troll dan elf dalam kejar-kejaran selama satu jam penuh.

Kembali lagi, adaptasi LOTR versi Uni Soviet, Khraniteli yang tayang di YouTube nggak memiliki subtitel bahasa Inggris. Namun kalau kalu penggemar LOTR pasti kamu bisa menerka jalan cerita film tersebut. Menariknya, film Soviet ini menghadirkan karakter Tom Bombadil yang nggak dimasukan dalam film Peter Jackson.

Nah gimana menurut kalian Popins? Kalau kalian penasaran, berikut adalah film LOTR versi Rusia. Cek langsung di bawah ini ya~

Lord of The Rings Soviet Part I

Lord of The Rings Soviet Part II

More Stories
Ada GODAM di Balik Bat.. eh, Film GUNDALA 2019? Simak Trailernya
%d bloggers like this: