Macam-macam Ras Dalam Cerita Fantasi Yang Sering Muncul

thranduil raja ras elf di film the hobbit

Fiksi fantasi adalah sebuah genre cerita yang biasanya mengangkat cerita tentang kepahlawanan dan konflik peperangan yang disebabkan oleh kekuatan jahat. Cerita-cerita fiksi fantasi biasanya berlatar di dunia ajaib beserta ras-ras yang menakjubkan.

Cerita fantasi memang berawal dari buku. Namun kini fantasi sudah menjadi genre tersendiri di media lain. Tidak jarang buku populer diangkat menjadi film atau serial TV fantasi. Begitu pun di ranah game.

Selain memukau karena latar dan konflik cerita yang dihadirkan, karakter dan ras yang hadir dalam cerita fiksi fantasi juga punya keunikan tersendiri.

Ras Dalam Cerita Fantasi Yang Populer

Nah, untuk itu Popculture.id merngumpulkan ras-ras yang sering muncul dalam cerita fiksi fantasi. Yuk simak di bawah ini!

1. Manusia (Human)

Dalam kebanyakan cerita fiksi fantasi, ras manusia selalu diceritakan sebagai ras paling lemah secara fisik. Ras ini juga sering menjadi korban dari kebrutalan ras lain yang jauh lebih unggul kekuatannya.

Namun hampir disetiap cerita-cerita fiksi fantasi, ras manusia punya tekad yang kuat untuk memenangkan suatu peperangan dan menjadi pahlawan. Manusia biasanya menjadi simbol kedamaian dan akhir kisah bahagia.

2. Elf

Ras kedua yang sering muncul adalah Elf. Ras dengan ciri khas telinga runcing ini biasanya bertarung menggunakan sihir dan ahli menggunakan panah. Diceritakan mereka memiliki kecerdasan yang melebihi ras lain. Karenanya mereka seringkali menganggap ras lain lebih rendah dari mereka.

Salah satu tokoh ras Elf yang paling populer adalah Legolas dari film The Lord of the Rings.

3. Dwarf

Selanjutnya ada kurcaci. Ras ini diambil dari cerita mitologi Nordik. Tampilan para kurcaci hampir sama di setiap cerita fiksi. Tubuh yang pendek, jenggot yang panjang, bertarung menggunakan kapak.

Pada sebagian besar cerita mereka digambarkan sebagai seorang penambang. Umumnya mereka memiliki kerajaan sendiri dan hidup di bawah tanah. Para kurcaci seringkali diceritakan punya kemampuan membuat senjata paling hebat di antara ras lain.

Salah satu tokoh dari ras Dwarf yang paling populer adalah Gimli dari film The Lord of the Rings.

4. Orc

Orc juga termasuk ras dalam cerita fantasi yang populer. Sosoknya digambarkan sebagai makhluk buas yang memiliki postur tubuh layaknya manusia. Terkadang mereka juga terlihat seperti raksasa. Warna kulit para orc umumnya hijau atau abu-abu pucat.

BACA JUGA  Cerita Dunia Sihir Earthsea Diangkat ke Layar Lebar

Ras ini diidentikan bersifat buas dan ganas. Dalam cerita-cerita fiksi mereka selalu menjadi musuh utama para manusia, atau jadi antitesis bangsa elf.

Salah satu tokoh Orc paling populer adalah Thrall atau Durotan dari game dan film Warcraft.

5. Raksasa (Giant)

Meski bukan makhluk terkuat dalam dunia fiksi, raksasa selalu diceritakan sebagai makkhluk yang bar-bar dan tergesa-gesa. Biasanya ras raksasa tidak terlalu banyak namun kuat sebagai perisai hidup dalam setiap peperangan besar.

Di balik tampangnya yang besar dan menakutkan, mereka adalah makhluk yang mudah dimanfaatkan dan memiliki hati yang tulus.

Salah satu tokoh raksasa yang paling dikenal adalah Hagrid dari serial Harry Potter (yah, setengah raksasa sih tepatnya).

6. Goblin

Dalam kisah fiksi, ras Goblin umumnya digambarkan berukuran kecil dengan tubuh berwarna hijau seperti daun. Namun dalam film Harry Potter, J.K Rowling menggambarkan goblin secara berbeda.

Mereka adalah ras yang sangat kompak dan berkelompok. Di sebagian cerita para goblin dapat melakukan sihir api kecil saat bertarung. Umumnya mereka digambarkan sebagai makhluk yang serakah dan tinggal ditempat-tempat gelap dan lembab.

Seperti disebut di atas, kamu bisa bertemu tokoh goblin di serial Harry Potter atau di film The Hobbit. Penggambarannya sedikit berbeda.

7. Naga (Dragon)

Di sebagian cerita fiksi, Naga bukanlah makhluk buas yang tidak memiliki akal sama sekali. Jauh dari itu Naga adalah ras yang berkelompok dan memiliki kemampuan berkomunikasi.

Naga umumnya digambarkan sebagai makhluk bersisik berukuran besar dengan gigi tajam dan cakar yang kuat. Naga memiliki kemampuan untuk terbang dan memiliki nafas api yang menjadi senjata utamanya.

Tokoh dari ras Naga yang populer adalah Smaug dari film The Hobbit, Saphira di buku atau film Eragon, atau Toothless dari film How to Train Your Dragon.

Sementara di seri Game of Thrones, naga memang lebih terlihat sekedar tunggangan atau peliharaan. Kecerdasannya di bawah Smaug atau Saphira.


Nah itu dia ras-ras dalam cerita fantasi yang sering muncul. Mana menurut kalian ras paling keren?

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: