David Prowse, Aktor Pertama Darth Vader di Star Wars Meninggal Dunia

Ada kabar kurang enak bagi para fanboy Star Wars”. David Prowse, aktor pertama Darth Vader dinyatakan meninggal dunia. Sang aktor meninggal dunia pada usia 85 tahun setelah melawan penyakit. Hal ini jadi tamparan keras bagi para pecinta “Star Wars” jika kembali mengingat betapa ikonisnya peran yang dimainkan David.

Bicara soal Darth Vader, para penggemar “Star Wars” akan mengingat satu nama: James Earl Jones. Nama sang aktor akan berputar dipikiran para fanboy saat mendengar nama sang villain tersebut. Pada kenyataannya, Darth Vader nggak akan seikonik itu jika nggak ada David Prowse.

Tanpa David Prowse, nggak akan ada Darth Vader dengan perawakan tinggi dan mengancam. David adalah aktor asli yang berada di set trilogi pertama Star Wars. Sayangnya meski ia banyak berjasa namanya kurang dikenal sampai ia meninggal di usia 85 tahun.

Kabar meninggalnya Prowse sendiri diumumkan oleh tim manajemen sang aktor. Thomas Bowington, agen Prowse mengatakan bahwa sang aktor Darth Vader tersebut meninggal dunia setelah melawan penyakit pendek. Namun masih belum ada pengumuman jelas soal penyakit yang membuat sang aktor meinggal. Melihat beberapa laporan tahun 2018, Prowse pernah dirawat di rumah sakit karena kanker prostat.

Dalam pernyataan meninggalnya Prowse, sang agen menambahkan “May the force be with him always. He was true hero in our lives”

Darth Vader sendiri menjadi peran yang paling dibanggakan David Prowse selain berperan sebagai Green Cross Code Man, pahlawan super yang diciptakan untuk kampanye keselamatan jalan raya bagi anak-anak tahun 1975. Ikan ini ditampilkan dari 1975 sampai 1990 dan ia kembali membintangi karakter ini pada 2014 dengan konsep baru.

Selain memilki perawakan tinggi yang mengagumkan, Prowse juga pernah menjuarai kompetisi angkat besi Inggris di tahun 1960-an. Perawakan ini yang membuat kehadirannya sebagai Darth Vader begitu mengintimidasi. Ya memang tanpa James Earl, dialog Darth Vader nggak akan ikonik, namun tanpa perawakan David dan gerakannya dalam set, Darth Vader juga nggak akan diingat sampai sekarang. Bisa dikatakan James dan David saling melengkapi.

Awalnya David diberi 2 opsi karakter oleh George Lucas. Pertama ia ditawari bermain sebagai Chewbacca, salah satu ras monster berbulu di “Star Wars”. Namun ia menolak dan memilih jadi Darth Vader, sang villain besar di waralaba tersebut. David memilih jadi sosok jahat karena menganggap bahwa orang-orang selalu ingat penjahat dalam sebuah film.

Peran Lain David Prowse

Perawakan dan bentuk fisiknya yang besar membuat sang aktor mendapatkan banya peran di film dan serial TV. Dari mulai menjadi monster, penjahat, pengawal dan karakter mengesankan lainnya. Sebagai contoh ia memainkan karakter monster terkenal di film “The Horror of Frankenstein” pada 1970 dan mengulangi perannya di “Frankensetein and The Monster From Hell” tahun 1974

Prowse juga masuk pada kredit sebagai Bearder Tortuler dalam film “Carry on Henry VII” tahun 1971. Seorang algojo di film “People That Time Forgot” tahun 1977 dan masih banyak peran kecil lain seperti dalam “The Beverly Hillbillies, Doctor Who, The Saint, The Tommorow People, The Hitchhiker’s Guide to Galaxy dan masih banyak lagi.

Selain itu Prowse juga sempat membantu aktor Christopher Reeve saat menjadi Superman. Ia juga jadi salah satu pelatih pribadi aktor-aktor yang bermain untuk film.

Akhir kata, David Prowse mungkin nggak seterkenal bintang-bintang Darth Vader lain, namun para penggemar “Star Wars” akan selalu mengenang Prowse sebagai sosok original karakter tersebut. Tinggi, mengancam sekaligus karismatik. Thanks for all David. Rest in power, may the force be with you.

More Stories
Tertarik mencoba Jon Snow Beer ?
%d bloggers like this: