3 Alasan Nonton Film “Escape from Mogadishu” – Diangkat dari Kisah Nyata!

Film “Escape from Mogadishu” cocok banget buat kamu pecinta film bergenre kemanusiaan. Baca artikel ini buat tahu alasan kenapa kamu wajib nonton film itu.

“Escape from Mogadishu” mungkin bukanlah film yang baru rilis bulan ini. Film yang dibintangi oleh aktor Jo In Sung ini sudah tayang sejak bulan Juli 2021 lalu.

Film ini mengambil latar tahun 1980-an. Film ini akan menggambarkan bagaimana upaya Korea Selatan dan Utara untuk mendapatkan izin masuk ke PBB. Di tengah perseteruan internal antara Korea Selatan dan Utara, tiba-tiba ada konflik baru yang pecah di Somalia. Membuat mereka mau nggak mau harus bersatu dan melarikan diri dari sana.

Walau pun sudah terlewat beberapa bulan, namun tidak ada salahnya buatmu menontonnya. Apalagi kalau kamu suka film bergenre zaman dulu dan mengusung konsep kemanusiaan, wah saya rasa film ini akan sangat cocok untukmu.

Kali ini saya telah merangkum beberapa alasan menarik kenapa kamu wajib nonton film “Escape from Mogadishu.” Yuk, langsung saja.

Dibuat Berdasarkan Kisah Nyata

Setiap film yang didasarkan oleh kisah nyata pasti punya nuansa yang berbeda. Apalagi buat sebagian orang, film dari kisah nyata jauh lebih menarik sebab dibuat berdasarkan kejadian yang benar-benar terjadi di masa lalu.

Nah, inilah yang coba disampaikan oleh film ini. Film ini berlatar Perang Saudara Somalia. Sebuah peristiwa nyata dalam sejarah, yang berakar pada perlawanan masyarakat sipil terhadap pemerintahan militer Siad Barre tahun 80-an.

Di balik penggambaran betapa kejamnya kelompok militan yang ada di sana, ada sepenggal sejarah berdarah yang pernah dialami oleh masyarakat tempo dulu.

Penggambaran Konflik Antar-Korea

Sudah bukan rahasia lagi kalau hubungan antara Korea Selatan dan Utara nggak pernah rukun dari dulu. Bahkan sampai sekarang pun masih begitu.

Kalau bayanganmu film ini akan menampilkan pertempuran berdarah antara Korea Selatan dan Utara, maka itu salah. Karena film ini bakal lebih menekankan permainan strategi daripada perang bersenjata. Kamu nanti bisa lihat gimana mereka berdua bersaing untuk mendapatkan dukungan politik dari negara lain.

film escape from mogadishu
Sumber : Soompi

Namun di balik itu semua, warga negara Korea Selatan dan Utara di sini ‘dipaksa’ buat akur kok. Kalau nggak begitu, bagaimana mereka bisa kabur dari Perang Somalia yang mematikan? Tapi ya namanya juga bermusuhan, mereka tetap saja diam-diam saling menaruh kecurigaan satu sama lain.

BACA JUGA  Alasan Drama Korea The King: Eternal Monarch Wajib Ditonton

Kental Banget Sama Isu Kemanusiaan

Terjadinya perang berdarah yang ada di Somalia, membuat orang Korea yang ada di sana merasa terancam dan hidup di antara ambang kematian.

Di tengah situasi kritis, mereka mau nggak mau harus mengumpulkan sumber daya yang tersedia agar bisa melarikan diri bersama-sama.

film escape from mogadishu
Sumber : Soompi

Walau pun kadang petugas intelijen dari kedua belah pihak (Korea Selatan dan Utara) saling menyerang, tapi semakin dalam kamu nonton film ini, kamu akan menangkap momen-momen kecil yang memperkuat hubungan emosial antar manusia di sana kok.

Apalagi saat adegan warga Korea Selatan dan Utara telah berhasil kabur dari wilayah Somalia. Adegan perpisahan mereka menjadi bukti persahabatan telah tumbuh lewat situasi hidup dan mati yang pernah dialami sebelumnya.

%d blogger menyukai ini: