‘Avatar: The Way of Water’ Raih $2 Milyar di Box Office, James Cameron Cetak Rekor

Gambar: 20th Century Studio

Film Avatar: The Way of Water akhirnya meraih pendapatan lebih dari $2 milyar di box office dunia. Film ini menjadi film ke-6 yang mencapai pendapatan $2 milyar, dan membuat James Cameron menjadi sutradara pertama yang punya 3 film dengan prestasi itu.

Film sekuel Avatar ini melalui akhir minggu ketiga di bulan Januari dengan sukses dengan penghasilan $2,042 milyar. Ini termasuk penghasilan dari pasar internasional (di luar Amerika Serikat) sebanyak $1,426 milyar.

Dengan begitu, film ini menjadi film ke-6 yang melewati titik $2 milyar. Ia bergabung dengan film Avatar, Avengers: Endgame, Titanic, Star Wars: The Force Awakens, dan Avengers: Infinity War. Sedangkan khusus untuk pasar international, film Avatar 2 ini jadi yang ke-4 terlaris, melampaui Avatar, Avengers: Endgame, dan Titanic.

Avatar: The Way of Water juga membuat James Cameron menjadi sutradara pertama yang mengantongi 3 film dengan penghasilan di atas $2 milyar. Ia berhasil melampaui Anthony dan Joe Russo (Avengers: Endgame dan Avengers: Infinity War), juga J.J Abrams (Star Wars: The Force Awakens).

film dengan pendapatan $2 milyar berdasar kronologi pencapaian

Sudah jelas kalau pencapaian film sekuel Avatar ini bukan main-main. Terutama bagi sang sutradara James Cameron, yang berhasil membuktikan dirinya sebagai jaminan “pencetak uang” di industri perfilman.

Lalu, dengan begitu, film sekuel ini juga memberi jaminan kelanjutan film-film Avatar lain, yang direncanakan akan mencapai 5 buah film. Sebelum ini, James Cameron pernah menyebutkan kalau nasib produksi dan rilis sekuel lain akan bergantung pada film kedua, dengan titik aman $2 milyar.

Dengan begitu, kita bisa berharap kalau film lanjutannya akan terus bergulir, walau sempat juga beredar kabar bahwa James Cameron mungkin tidak menyutradarai film ke-4 dan ke-5.

Di samping itu, seiring perkembangan waktu dan teknologi digital, kita mungkin bisa melihat penampilan CGI yang semakin dahsyat, walau tetap natural di film-film tersebut. Bagaimanapun, James Cameron sempat mengkritik CGI MCU dan mengatakan kalau CGI Avatar lebih bagus.

Yah, penggemar film juga nampaknya setuju kalau CGI Avatar: The Way of Water memang luar biasa. Seperti yang disebut oleh @bookborks di Twitter.

BACA JUGA  Battle Angel ALITA Teasernya Keluaaaarrr...

Sekali lagi, pencapaian ini memang boleh dibilang luar biasa. Jadi, selamat untuk James Cameron. Kita lihat nanti apakah film ke-3 Avatar bisa meraih prestasi serupa atau tidak saat dirilis nanti.

Bagaimana menurutmu? Apakah film Avatar: The Way of Water ini memang sesuai dengan ekspektasi yang kamu punya?

%d blogger menyukai ini: