Film Korea Netflix 2023, Penuh dengan Romance sampai Mind Games

film korea netflix jung_e
Gambar: Netflix

Tahun 2022 lalu, film dan acara tanpa naskah Korea menjadi semakin populer di kalangan penonton seluruh dunia. Pada tahun 2023, tren itu berlanjut. Nah, ada beberapa film Korea Netflix terbaru yang bisa kamu tonton.

Basis penggemar global konten Korea terus bertumbuh. Data menunjukkan lebih dari 60 persen dari semua anggota Netflix menonton acara Korea dan film terbaru Korea tahun lalu.

Thriller laga Carter bahkan menjadi salah satu dari 10 film bukan berbahasa Inggris yang paling banyak ditonton tahun lalu, sementara acara reality kencan Singles Inferno saat ini berada di 10 Teratas Acara Bukan Berbahasa Inggris Global.

Di satu dekade terakhir ini, Korea Selatan memang sudah memantapkan diri sebagai salah satu negara industri perfilman yang paling diminati. Banyak film Korea yang mengandung nilai-nilai satir politik, melodrama, komedi subversif, horor psikologis, dan tak lupa aksi pemacu adrenalin.

Salah satu contohnya adalah keberhasilan Parasite meraih Oscar dan kepopuleran serial Squid Game di Netflix yang memenangkan penghargan Emmy Awards.

Berikut kami berikan list film terbaru Korea di Netflix yang akan rilis tahun 2023 ini. Catat jadwal tayangnya sebelum memasukkannya ke watchlist Netflix-mu nanti.

Film Korea Netflix di Tahun 2023

1. JUNG-E

jung_e netflix
Gambar: Netflix
  • Sutradara: Yeon Sang-ho
  • Penulis Naskah: Yeon Sang-ho
  • Pemeran: Kang Soo-youn, Kim Hyun-joo, Ryu Kyung-soo 
  • Tanggal Rilis: 20 Januari 2023

Sinopsis:

Setting post apocalypse selalu menjadi tema yang populer di film modern. Film-film seperti I am Legend dan Mad Max adalah salah satu contoh film genre ini yang populer. JUNG_E adalah film science-fiction yang menggambarkan bumi abad ke-22 yang lingkungannya hancur dan tidak lagi bisa dihuni karena perubahan iklim ekstrim. Di tengah kekacauan, perang saudara berkecamuk di tempat penampungan yang dibangun demi kelangsungan hidup manusia.

Segala cara diupayakan untuk meraih kemenangan — walau menggunakan cara yang dianggap tabu sebelum perang. Peperangan sekarang bergeser, cenderung bergantung pada menemukan cara untuk mengkloning tentara bayaran legendaris “JUNG_E” sebagai robot yang bisa dikembangkan, digunakan sebagai tentara yang “disposable”.

Diarahkan oleh Sutradara Yeon Sang-ho dari Train to Busan, Peninsula, dan Hellbound, dan menampilkan beragam pemeran — Kang Soo-youn, Kim Hyun-joo, Ryu Kyung-soo — JUNG_E menggambarkan tema unik yang dipadukan dengan distopia, kloning, dan teknologi.

2. Unlocked

unlocked netflix
Gambar: Netflix
  • Sutradara: Kim Tae Joon
  • Penulis Naskah: Kim Tae Joon
  • Diproduksi oleh: MIZIFILM
  • Diproduksi bersama oleh: STUDIO N
  • Pemeran: Yim Si Wan, Chun Woo Hee, Kim Hie Won
  • Adaptasi dari: ‘Stolen Identity’ oleh Akira Shiga
  • Tanggal Rilis: 17 Februari 2023 
BACA JUGA  Rekomendasi 10 Serial Anime Netflix Terbaik, Cari Tontonan Terbaru dan Terseru Kapan Saja

Sinopsis:

Bagi penggemar film, seringkali kita mendapatkan film yang terasa creepy walau tidak mengandung elemen horor yang umum seperti jumpscare atau grafis yang top untuk film thriller dan horor. Unlocked berpotensi menjadi film dengan tipe yang sama seperti itu.

Sebuah film thriller kriminal sejati, yang mengikuti cerita seorang wanita biasa yang seluruh hidupnya berubah 180 derajat setelah kehilangan ponsel yang berisi informasi pribadi tentangnya di dalam ponsel tersebut.

Wanita itu mulai membayangkan berbagai kemungkinan terburuk yang bisa terjadi setelah kehilangan ponsel yang berisi semua informasinya, termasuk nomor jaminan sosial, informasi bank, dan detail kehidupan pribadinya sampai hubungan personalnya.

Film ini akan menghadirkan rasa realitas dan horor yang relatable sekaligus menakutkan kepada audiens saat ini yang tidak bisa lepas lama dari ponsel mereka, bahkan cenderung bergantung pada ponsel.

Yim Si Wan, yang telah mengukuhkan dirinya sebagai aktor berbakat dengan peran antagonisnya yang meyakinkan di film Emergency Declaration, sekali lagi akan membuktikan dirinya sebagai ‘karakter abu-abu’ di layar saat ia memerankan Jun-yeong.

Jun-yeong adalah karakter yang melakukan kejahatan keji setelah tak sengaja menemukan sebuah ponsel pintar. Sedangkan Na-mi, staf pemasaran di perusahaan rintisan yang kehilangan ponselnya, diperankan oleh Chun Woo Hee, yang memiliki rekam jejak karir perfilman luar biasa karena memerankan beragam karakter berkat kemampuan aktingnya yang tak tertandingi. 

Na-Mi nantinya akan terseret dalam berbagai intrik jahat yang tak terbayangkan. Na-mi diperankan oleh Chun Woo Hee, yang memiliki rekam jejak karir perfilman luar biasa karena memerankan beragam karakter berkat kemampuan aktingnya yang tak tertandingi. 

3. Kill Boksoon

kill boksoon netflix
Gambar: Netflix
  • Sutradara: Byun Sung-hyun
  • Penulis Naskah: Byun Sung-hyun
  • Diproduksi oleh: SEE AT FILM CO.,LTD.
  • Pemeran: Jeon Do-yeon, Sul Kyung-gu, Kim Si-a, Esom, Koo Kyo-hwan, dan lainnya
  • Rilis: Kuartal 1 tahun 2023 (Belum Pasti)

Sinopsis:

Film yang menampilkan gap antara karakter, atau identitas rahasia yang berkebalikan dengan persona yang ditunjukkan sehari-hari selalu mampu menarik perhatian penonton. Terlebih apabila karakter tersebut adalah seorang petarung handal yang memiliki keluarga.

Jeon Do-yeon akan tampil sebagai pembunuh legendaris di film ini. Menceritakan tentang wanita bernama Boksoon yang menjalani kehidupan ganda—sebagai ibu dari seorang anak remaja perempuan dan pembunuh profesional legendaris di agensi pembunuh papan atas, MK.

Terperangkap di antara misi untuk membunuh seseorang dan misi untuk membesarkan seseorang, Boksoon menolak untuk menyelesaikan misi yang ditugaskan kepadanya dan terlempar ke dalam konfrontasi yang tak terelakkan.

4. The Match

the match netflix
Gambar: Netflix
  • Sutradara: Kim Hyung-joo
  • Penulis Naskah: Kim Hyung-joo, Yoon Jong-Bin
  • Diproduksi oleh: Moonlight Film
  • Diproduksi bersama: BH Entertainment
  • Pemeran: Lee Byung-hun, Yoo Ah-in
  • Rilis: Kuartal 2 tahun 2023 (Sekitar April-Mei)
BACA JUGA  Intip Trailer Film Zombie Korea Peninsula

Sinopsis:

Film tentang dua pria saling berhadapan di depan papan kayu berukuran 42×45 cm selama 90 menit? Siksaan macam apa lagi itu?

Tetapi, jangan asal menghakimi. Film tentang olahraga dan atlit yang berkecimpung di dalam olahraga tersebut, mencurahkan isi hidup mereka dalam suatu momen, tentunya tetap akan menggugah emosi penonton.

Terlebih karena game yang diangkat dalam film ini adalah permainan Go. Bagaimana kedua karakter yang sudah saling kenal, berusaha menemukan strategi menembus pertahanan lawannya lewat penempatan bidak hitam-putih Go, tentunya akan dipenuhi momen saling tipu-menipu yang membawa twist tersendiri.

Rival legendaris Cho Hoon Hyun dan Lee Changho, mereka berdua pernah menjadi guru dan murid, kemudian saling berhadapan di pertandingan terpenting dalam hidup mereka dalam permainan Go.

Lee Byung-hun memerankan Cho Hoon Hyun, yang tegas dan hangat terhadap Lee Changho, yang ia terima sebagai muridnya ketika Changho baru berusia 10 tahun karena menunjukkan potensi besar, tepat setelah Cho Hoon Hyun memenangi grand slam.

Yoo Ah-in memerankan Lee Changho, seorang murid yang bekerja tanpa lelah untuk melampaui gurunya yang monumental, Cho Hoon Hyun.

Lee Byung-hun dan Yoo Ah-in, yang dikenal karena menghadirkan interpretasi mereka sendiri terhadap karakter-karakter dalam genre atau alur cerita apa pun, berkolaborasi untuk pertama kalinya di The Match, meningkatkan ekspektasi untuk permainan antara guru dan murid ini.

5. Believer 2

believer netflix
Gambar: Netflix
  • Sutradara: Hae Young Lee
  • Cerita Orisinal oleh: Jeon Cheol-hong
  • Penulis Naskah: Kim Hee-jin
  • Diadaptasi oleh: Kim Joon-hyun
  • Diproduksi oleh: Yong Film Inc.
  • Diproduksi bersama: Superfiction, CJ ENM Studios
  • Pemeran: Cho Jin-woong, Cha Seung-won, Han Hyo-joo, Oh Seung-hoon, Kim Dong-young, Lee Joo-young, dan lainnya
  • Rilis: Kuartal 4 tahun 2023 (Sekitar September- Desember 2023)

Sinopsis :

Sekuel dari film Believer , salah satu film action Korea terbaik tahun 2018 lalu. Masih menceritakan tentang perjalanan polisi detektif Won-Ho yang terus memburu sebuah organisasi kriminal penyelundup narkoba terbesar di Korea.

Sebuah film action laga kriminal tentang perang sengit antara Won-ho, yang masih memburu organisasi Tuan Lee dan “Rak” yang menghilang setelah perkelahian berdarah di Stasiun Yongsan, dan Brian, yang muncul kembali, beserta karakter baru yang dipanggil “Big Knife”.

Believer 2 mengikuti penyelidikan Won-ho untuk menemukan “Rak”, yang menghilang setelah penahanan Brian, sambil mencoba menembus jantung kartel narkoba yang sukar ditangkap.

Sutradara Baik, yang telah menerima pujian untuk sinematografi canggih dan penyutradaraan sensasionalnya di The Beauty Inside, menunjukkan sisi lain dari penyutradaraannya di film ini.

Aktor Cho Jin-woong akan kembali memerankan Won-ho, detektif gigih yang telah melacak jejak kartel narkoba sejak lama; Cha Seung-won memerankan Brian, yang mengira dirinya Tuan Lee, karakter rahasia di dalam organisasi; serta Kim Dong-young dan Lee Joo-young, yang memerankan Manko dan Lona, dua bersaudara tuli yang genius dalam membuat narkoba berkualitas tinggi.

BACA JUGA  Gila! Netflix Ganti Rugi Rp 12 Juta Buat Pemilik Nomor HP "Squid Game"

Karakter baru “Big Knife” diperankan oleh Han Hyo-joo, yang dikenal karena jangkauan luas sinematiknya mulai dari roman, laga, hingga komedi, dan akan membenamkan diri dalam karakter yang sangat berbeda untuk film ini.

6. Ballerina

ballerina netflix
Gambar: Netflix
  • Sutradara: Lee Chung-hyun
  • Penulis Naskah: Lee Chung-hyun
  • Diproduksi oleh: Climax Studio
  • Pemeran: Jun Jong-seo, Kim Ji-hun, Park Yurim, dan lainnya
  • Rilis: Kuartal 4 tahun 2023 (Sekitar bulan September -Desember 2023)

Sinopsis:

List terakhir dari film Korea Netflix 2023 ini adalah Ballerina dari sutradara Lee Chung-hyun.

Bagi penggemar film Call dari sutradara Lee Chung-hyun, bersiaplah dengan sebuah thriller-action terbarunya yang disisipi elemen horor. Apabila Call mengeksplor tentang misteri perjalanan waktu dan efeknya yang mengerikan, maka pada film ini Chung-hyun akan menunjukkan perjalanan balas dendam yang sensasional.

Ballerina menggambarkan balas dendam yang indah dan kejam oleh Okju, seorang mantan pengawal Minhee, sahabat baiknya. Ballerina disutradarai oleh Lee Chung-hyun, yang mengejutkan industri film Korea dengan film pendeknya, Bargain, dan menunjukkan karya penyutradaraan yang sensasional di thriller misteri Call, dengan genre yang menarik dan karakter yang penuh warna.

Ballerina akan menyajikan kepada pemirsa berbagai adegan aksi dan visual yang trendi serta penuh gaya, dan akan menarik perhatian karena deretan pemeran yang menyegarkan, terdiri dari Jun Jong-seo, Kim Ji-hun, dan Park Yurim.

Jun Jong-seo berperan sebagai Okju, mantan pengawal yang tidak memiliki batasan fisik dalam hal keterampilan bela diri, ilmu pedang, serta ketangkasan dengan senjata dan sepeda motor. Bayangkan saja versi Korea dari Beatrix Kiddo (Diperankan oleh Uma Thurman) dari Kill Bill , tokoh aksi wanita yang siap memberantas siapa saja dengan berbagai teknik bela diri dan senjata.

Sosok “Choi”, objek balas dendam, diperankan oleh Kim Ji-hun, aktor dengan jangkauan luas, baik dalam keterampilan akting dan kemampuan untuk membenamkan diri dalam karakter apa saja. Tampan, fit, dan cerdas, ia siap memerankan tokoh antagonis Okju.

Aktris yang sedang naik daun, Park Yurim, yang menyabet Piala Oscar ke-94 untuk perannya di Drive My Car yang disutradarai oleh Ryusuke Hamaguchi, akan memerankan balerina Minhee.

Selain itu, musisi serbabisa Gray, yang dapat memproduksi, menggubah, melakukan rap, dan bernyanyi, mengambil peran sebagai direktur musik, membuat kolaborasinya dengan Sutradara Lee Chung-hyun makin menarik.

Mana Film yang Paling Kamu Nantikan?

Berikut film Korea Netflix 2023 terbaru yang bisa kamu nantikan penayangannya di watchlist Netflix-mu tahun ini. Film mana yang paling menarik perhatianmu?

Film di atas merupakan bagian dari jadwal film Netflix terbaru 2023

%d blogger menyukai ini: