5 Karakter Boruto yang Bisa Menggantikan Naruto Uzumaki sebagai Hokage

Karakter Boruto calon pengganti Naruto

Dunia ninja gempar dan banyak karakter Boruto yang akan panik. Event di manga Boruto chapter 77 tentunya berpengaruh ke desa Konoha secara khusus dan dunia shinobi secara keseluruhan. Disegelnya Naruto Uzumaki dan istrinya Hinata di dimensi lain tentunya menyebabkan kekosongan posisi pimpinan di salah satu lima desa besar shinobi.

Tetapi, efeknya tak hanya kekosongan posisi pemimpin desa atau Kage. Sosok Naruto Uzumaki adalah legenda di dunianya. Sebagai sosok yang berhasil mengakhiri perang dunia shinobi keempat, mengalahkan berbagai lawan tangguh seperti Madara Uchiha, Kaguya Otsutsuki, dan Sasuke Uchiha.

Absennya Naruto berarti kehilangan shinobi terkuat (walau sekarang kekuatan Naruto sudah berkurang jauh sejak kematian Kurama). Tetapi, keberadaan Naruto di posisinya sebagai Hokage sudah cukup menenangkan para penduduk dan dunia shinobi.

Ditambah lagi, tak ada lagi Shinobi yang memiliki kekuatan berpindah dimensi setelah kekuatan Rinnegan milik Sasuke Uchiha juga hilang. Boruto Uzumaki bisa jadi menjadi alternatif orang yang bisa membawa Naruto kembali. Tetapi, tentu saja Kawaki, saudara angkatnya, tak akan membiarkannya begitu saja.

Kekosongan kekuasaan tertinggi di pemerintahan bisa berakibat kekacauan. Di manga dan anime Naruto, sudah berkali-kali peristiwa kekosongan posisi Hokage ini terjadi. Peristiwa pertama adalah ketika kematian Hokage ketiga, Hiruzen Sarutobi. Peristiwa kedua adalah ketika Hokage kelima Tsunade tak sadarkan diri dalam waktu lama setelah invasi Pain ke Konoha.

Dari dua kejadian tersebut, cara yang diambil untuk mengisi kekosongan kekuasaan bertolak belakang. Pada artikel ini, kami akan menuliskan lima karakter Boruto yang memiliki kemungkinan untuk mengisi posisi Hokage yang ditinggalkan kosong akibat menghilangnya Naruto.

Harap diingat kalau karakter yang disebutkan paling awal memiliki kemungkinan paling kecil untuk diangkat, dan semakin ke bawah, maka kemungkinannya untuk menjadi Hokage makin besar.

Karakter Boruto Yang Bisa Mengganti Naruto Jadi Hokage

Tsunade

Tsunade

Banyak yang mengatakan yang paling mengerti suatu jabatan atau posisi adalah yang sudah memiliki pengalaman di jabatan atau posisi tersebut. Untuk posisi Hokage, maka yang paling menonjol adalah Tsunade, cucu Hokage pertama Hashirama Senju, sekaligus wanita yang pernah menjabat sebagai Hokage kelima.

BACA JUGA  7 Rekomendasi Anime BL Terbaik 2022, Wajib Nonton Bareng-Bareng Sama Bestie!

Tsunade adalah Hokage dalam mayoritas cerita manga dan anime Naruto sebelum digantikan oleh Kakashi Hatake setelah perang dunia shinobi keempat.

Mantan Hokage kembali mengisi posisi yang sudah ditinggalkannya bukan hal yang langka terjadi di Konoha. Setelah kematian Hokage keempat Minato Namikaze saat serangan Kurama, Hiruzen Sarutobi kembali mengemban tugas sebagai Hokage.

Tsunade adalah ahli medis terbaik di dunia shinobi, dan penguasa segel Byakugo yang salah satu efeknya membuat penampilannya awet muda. Byakugo menyerap chakra yang tak dipakai Tsunade setiap hari, dan bisa dilepaskan saat dibutuhkan, menjadikan semacam power boost. Selain itu, Tsunade juga memiliki kekuatan fisik yang hebat, karena cara bertarungnya yang menggunakan taijutsu.

Tetapi, meski tampak muda, Tsunade sudah berusia lebih dari 70 tahun. Wanita ini kini lebih tua dari Hokage ketiga Hiruzen di awal cerita Naruto. Selain itu, segel Byakugo makin menyerap banyak chakra semakin tua penggunanya (untuk menjaga penampilan muda).

Karena itu, tentunya penduduk Konoha tak bisa berharap Tsunade bisa bertarung sebagus beberapa tahun yang lalu. Karena berbagai alasan tersebut, meski berstatus sebagai mantan Hokage, Tsunade berada di posisi terendah sebagai kandidat pengganti Naruto.

Sasuke Uchiha

Sasuke Uchiha

Di dunia ideal, tak ada sosok yang lebih pantas untuk menggantikan Naruto Uzumaki sebagai Hokage selain Sasuke Uchiha. Bisa dibilang, Sasuke adalah orang yang paling mengerti jalan pikiran Naruto.

Sasuke juga bisa dikatakan sebagai satu-satunya shinobi yang bisa mengimbangi kekuatan Naruto. Banyak yang menjuluki Sasuke sebagai “Hokage bayangan” karena perannya dalam menyelesaikan permasalahan yang mengancam Konoha dari balik layar.

Sasuke adalah keturunan Uchiha, salah satu klan terkuat sekaligus pendiri Konoha. Tak perlu diragukan lagi kekuatan Eternal Mangekyo Sharingan miliknya. Meski sekarang sama seperti Naruto yang kehilangan Kurama, Sasuke juga melemah karena kehilangan Rinnegan, Sasuke tetaplah menjadi salah satu shinobi terkuat di dunia saat ini.

Salah satu pertimbangan pemilihan Hokage adalah aliran sensei dan murid. Daimyo yang menunjuk Hokage biasanya akan mempertimbangkan apakah seseorang pantas mengemban posisi tersebut dengan melihat siapa gurunya.

Semakin terkenal gurunya, maka semakin besar kemungkinan dia akan ditunjuk. Sasuke bersama Naruto dan Sakura belajar di bawah Kakashi Hatake, sang Hokage keenam. Kakashi sendiri belajar di bawah Minato Namikaze, sang Hokage keempat. Minato dulunya belajar di bawah Jiraiya, murid Hokage ketiga Hiruzen Sarutobi, yang merupakan murid dari Hashirama dan Tobirama Senju, Hokage pertama dan kedua.

BACA JUGA  ‘Tokyo Ghoul: re Call to Exist’ Rilis di PlayStation 4 dan PC

Karena itu, tak ada masalah dalam aliran sensei dan murid dari Sasuke sendiri.

Lantas, mengapa meskipun secara kualitas Sasuke adalah kandidat terkuat, dia hanya berada di atas Tsunade? Seperti yang sudah disebutkan di awal, di dunia ideal, maka Sasuke adalah kandidat terbaik. Tetapi, Sasuke memiliki catatan buruk di masa mudanya sebagai seorang nukenin (Ninja pelarian) dan merupakan mantan anggota Akatsuki.

Sasuke bahkan bertanggungjawab menyerang pertemuan kelima kage dan menculik adik Raikage, Killer B.

Posisi Hokage adalah sosok yang menyatukan desa. Sungguh sulit apabila seorang mantan kriminal didudukkan di posisi tersebut. Meski Sasuke saat ini berusaha melakukan segalanya untuk Konoha, bahkan memilih tidak menggunakan tangan prostetik seperti Naruto, mayoritas generasi lama di Konoha masih memandang rendah Sasuke.

Di beberapa spin off tentang cerita Sasuke, diceritakan bahwa walau generasi Boruto sudah menghormati sosok Sasuke, generasi ninja senior masih tak menerima Sasuke.

Sakura Uchiha (Haruno)

Sakura Uchiha

Istri dari Sasuke sekaligus ibu dari Sarada Uchiha. Ninja medis terbaik saat ini, dan merupakan sosok yang merevolusi rumah sakit di dunia Naruto.

Sakura juga disebut lebih menguasai segel Byakugo ketimbang gurunya, Tsunade. Usia Sakura juga masih prima, ketimbang Tsunade yang sudah menginjak 72 tahun, membuatnya lebih siap dalam pertempuran.

Salah satu pertimbangan pemilihan Hokage adalah aliran sensei dan murid. Daimyo yang menunjuk Hokage biasanya akan mempertimbangkan apakah seseorang pantas mengemban posisi tersebut dengan melihat siapa gurunya.

Semakin terkenal gurunya, maka semakin besar kemungkinan dia akan ditunjuk. Sakura bersama Naruto dan Sasuke belajar di bawah Kakashi Hatake, sang Hokage keenam. Kakashi sendiri belajar di bawah Minato Namikaze, sang Hokage keempat. Minato dulunya belajar di bawah Jiraiya, murid Hokage ketiga Hiruzen Sarutobi, yang merupakan murid dari Hashirama dan Tobirama Senju, Hokage pertama dan kedua.

Sakura juga menjadi salah satu shinobi dari angkatan Naruto yang mampu mencapai tingkatan Jounin tercepat. Shinobi lainnya yang menjadi Jounin bersama Sakura adalah Shikamaru Nara.

Berbagai reputasi tersebut ditambah sebagai tokoh sentral dalam perang dunia shinobi keempat membuat Sakura menjadi salah satu karakter Boruto sebagai kandidat kuat menggantikan Naruto.

BACA JUGA  Berikut Ini 5 Plot Twist di Anime Attack On Titan. Bikin Mind Blowing!~

Shikamaru Nara

Shikamaru Nara

Penasihat Naruto saat menjadi Hokage. Shikamaru juga merupakan shinobi dengan kecerdasan tertinggi di dunia shinobi. Fakta itu membuat Shikamaru selalu mampu mengambil keputusan rasional terlepas dari situasi.

Shikamaru juga memiliki kemampuan memimpin pasukan, terlihat dari fakta kalau Shikamaru ditunjuk sebagai taktisi aliansi shinobi saat perang dunia shinobi keempat. Beberapa orang seperti Temari dan Asuma Sarutobi mengungkapkan kalau Shikamaru pantas menjadi seorang Kage, tetapi terhambat karena kepribadiannya yang cenderung malas dan santai.

Meski demikian, Shikamaru selalu mampu menyelesaikan tugas yang diberikan padanya secara rasional. Shikamaru adalah anggota klan Nara, yang memiliki jutsu memanipulasi bayangan.

Aliran sensei dan murid Shikamaru tak terlalu gamblang dijelaskan. Shikamaru adalah murid dari Asuma Sarutobi, yang merupakan anak dari Hokage ketiga, Hiruzen Sarutobi.

Reputasi dan kemampuan Shikamaru membuatnya pantas menjadi salah satu karakter Boruto kandidat Hokage pengganti Naruto. Terlebih saat absennya Naruto yang merupakan awal krisis yang jelas membutuhkan pemimpin berpikiran dingin dan rasional.

Kakashi Hatake

Kakashi Hatake

Sang Hokage keenam. Tak perlu lagi banyak perkenalan tentang karakter Boruto satu ini. Reputasinya di dua perang dunia shinobi, ketiga dan keempat sangat besar. Nama Kakashi selalu ada di buku bingo seluruh negara shinobi saat era peperangan.

Sebagai shinobi, kekuatan Kakashi tak perlu diragukan lagi. Dia memiliki berbagai perubahan elemen dan mampu meniru hampir semua jutsu. Meski sekarang sudah kehilangan sharingan dan dianggap melemah, Kakashi masih merupakan salah satu shinobi terkuat.

Usia Kakashi juga masih di kisaran 40-an tahun. Membuatnya sebagai kandidat yang lebih baik ketimbang mantan hokage lainnya, Tsunade.

Selain itu, Kakashi juga merupakan mantan Hokage yang bertanggungjawab di era transisi antara era sehabis perang dunia shinobi keempat dan era Boruto. Banyak fan yang beranggapan kalau Naruto-lah yang mempelopori modernisasi Konoha. Tetapi pada kenyatannya, Naruto hanya melanjutkan pekerjaan Kakashi.

Dari berbagai alasan tersebut, maka Kakashi bisa dibilang sebagai kandidat terkuat untuk menggantikan Naruto.

Kesimpulan

Berikut kelima karakter Boruto yang bisa menggantikan Naruto sebagai Hokage setelah sang Hokage ketujuh disegel oleh Kawaki. Bagaimana menurut kalian? Siapa yang bakal mengisi kekosongan posisi Hokage? Atau bahkan posisi tersebut nantinya akan dibiarkan kosong?

%d blogger menyukai ini: