Nambah Ilmu, 3 Hal Ini Juga Kamu Dapat Saat Baca Manga Akumetsu

akumetsu manga

Ada ratusan judul manga yang memiliki jalan cerita yang epik. Sebagian manga berkualitas bagus ada yang diadaptasi menjadi anime ada juga yang tidak. Salah satunya adalah Akumetsu. Banyak orang yang baca manga Akumetsu karena beragam alasan. Entah karena penasaran, entah karena mendapat rekomendasi atau karena ketenarannya sebagai manga shounen klasik.

Hari ini saya punya kesempatan untuk mengajak kamu baca manga Akumetsu. Tentu saja rekomendasi ini akan punya alasan yang detil dan jelas. Pertama-tama, Akumetsu adalah manga yang diciptakan oleh Yoshiaki Tabata dan diilustrasikan Yuki Yugo. Manga ini terbit di majalah Weekly Shounen Champion dari tahun 2002 dan berakhir pada bulan April 2006 dengan total 18 volume. Terus, apa sih yang membuat Akumetsu ini menarik?

Belajar Politik Jepang dan Pemikiran Filsafat

Di Indonesia, nggak sedikit orang yang mengenal, membanggakan dan memperdalam kebudayaan Jepang lewat manga dan anime. Tapi, nggak banyak orang yang memperdalam atau bahkan mengikuti kehidupan dan permasalahan politik yang ada di negara tersebut. Ruang kosong tersebutlah yang diisi oleh Akumetsu. Melalui pendekatan manga shounen, Akumetsu memperkenalkan kita pada sistem politik di Jepang secara khusus dan cukup mendalam.

Selain itu, manga ini juga memperkenalkan kita pada beragam filosofi terkenal. Baik itu pemikiran timur maupun barat. Contohnya ada filosofi Nietzsche, Plato, Sun Tzu, Karl Marx dan masih banyak yang lain. Selain mendapatkan cerita yang epik dan penuh ketegangan karena pembunuhan, kamu akan diperkenalkan dengan sistem politik Jepang yang belibet beserta permasalahan politik dan sosialnya. Sama seperti di negara kita, Jepang juga punya segudang permasalahan sosial seperti kemiskinan struktural, birokrasi yang korup serta gerakan-gerakan rasis dan fasis yang mengakar di masyarakat.

Bagi mereka yang tertarik dengan perpolitikan, membaca Akumetsu adalah hal yang menyenangkan, apalagi sang tokoh utama adalah refleksi dari pemikiran dan kritik masyarakat Jepang pada sistem pemerintahan dan politik di negaranya sendiri. Pandangan negara Jepang kamu kamu anggap sempurna akan berbalik 180 derajat saat kamu membaca manga ini.

Kritik Lewat Pembunuhan Besar-Besaran

Seperti sudah dibahas di awal, Akumetsu menjadi salah satu manga klasik yang nggak kunjung mendapat adaptasi anime. Tentu saja ini punya beragam alasan. Entah karena kritiknya yang terlalu tajam pada pemerintah atau karena konten gore yang diusung oleh sang mangaka.

Kalian boleh menyebut ratusan karakter vigilente yang ada di dunia, namun nggak ada yang bisa senekat dan sekonyol Akumetsu dalam mencapai tujuannya. Akumetsu adalah seorang vigilente yang bekerja dan memandang dunia sesuai filosofi yang ia percayai. Ia nggak pernah berkompromi untuk menyiksa, membunuh bahkan melenyapkan seorang politisi, pemimpin partai atau kepala negara yang terbukti menyengsarakan rakyat.

Semua politisi dalam cerita Akumetsu akan terkencing-kencing saat melihat topeng Akumetsu muncul dari kegelapan. Bagi para musuhnya, Akumetsu adalah seorang teroris keji yang main hakim sendiri tanpa ragu. Bagi kebanyakan masyarakat, Akumetsu adalah hukum yang diturunkan Tuhan bagi para politisi korup Jepang yang menyengsarakan banyak orang lewat kebijakan-kebijakannya.

Ending Misterius

Masyarakat Jepang dikenal sebagai masyarakat yang penuh kedisiplinan. Mereka juga gila kerja dan punya beragam inovasi bagi dunia. Di sisi lain, masyarakat Jepang dikenal sebagai masyarakat yang rasis sekaligus fasis kepada para pendatang. Hal ini diwariskan dari sejarah kekaisaran Jepang semasa perang dunia kedua.

Hal ini digambarkan dalam arc terakhir Akumetsu. Setelah mereformasi dan membantai semua politisi korup, Akumetsu harus dihadapkan dengan sebuah organisasi ultra-nasionalis yang rasis dan jahat serta mengakar kuat di masyarakat sosial Jepang.

Ending cerita ini juga sangat misterius dan menggantung. Pada akhirnya pembaca yang harus menyimpulkan akhir perjalanan sang anti-hero. Apakah Jepang membaik setelah semua insiden yang terjadi? Ataukah semakin memburuk? Apakah sekarang Jepang baik-baik saja? Atau ada suatu cacat besar yang sampai hari ini ditutupi? Semua pertanyaan tersebut menggantung begitu saja. Kritik berupa pertanyaan tersebutlah yang membuat Akumetsu selalu relevan dan menarik untuk dibaca.

akumetsu manga
Deskripsi
Komik
Tipe
Manga
Penulis
Yoshiaki Tabata
Ilustrator
Yuki Yugo
Judul Alternatif
アクメツ
Genre
Shōnen
More Stories
Disney Akan Garap Film Hercules Versi Live-Action
%d bloggers like this: