Provokatif, Baca Manga Holyland Bikin Kamu Pengen Jago Berantem!

Membaca manga adalah salah satu kegiatan menyenangkan. Selain hiburan, manga bisa memberikan pengetahuan bahkan mendorong seseorang untuk merubah gaya hidupnya. Nah kali ini, Popculture.id akan membahas salah satu manga provokatif berjudul Holyland. Kami rasa, agak disayangkan kalau seorang penggemar manga melewatkan untuk baca manga Holyland ini.

Holyland adalah manga karangan Koji Mori. Manga ini memiliki 18 volume yang dirilis pada tahun 2000-2007. Holyland bergenre martial arts dan psikologis. Kembali lagi, Popculture.id akan membahas beberapa alasan kenapa kamu harus dan wajib banget baca manga Holyland. Yuk langsung aja penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Konsep From Zero To Hero Yang Realistis

Holyland adalah manga yang bercerita tentang seorang pemuda bernama Kamishiro Yuu. Karakter utama ini merupakan seorang anak sekolah yang selalu dianggap lemah dan mendapat perundungan dari teman-temannya. Setelah memutuskan keluar dari sekolah, selama satu tahun penuh Yuu berlatih bela diri boxing lewat metode shadowboxing di rumahnya.

Setelah setahun memukul bayangan, Yuu akhirnya keluar dari rumah dan memberanikan diri pergi ke jalanan yang dipenuhi preman dan berandalan. Secara nggak sengaja, Yuu berhasil menumbangkan seorang preman menggunakan teknik boxing yang telah ia pelajari. Yuu akhirnya dibicarakan di jalanan, namanya menjadi besar dan sering mendapat tantangan dari beragam orang dengan latar belakang berbeda.

Hal yang kemudian menjadi menarik adalah manga ini begitu realistis sehingga konsep from zero to hero yang diusung begitu mengalir apa adanya. Sang karakter nggak bisa berkembang dan mengalahkan musuhnya tanpa belajar dan terus berlatih. Selain itu, jalan cerita Holyland sangat intens dan nggak terlalu banyak filler. Sang author sepertinya ingin membuat cerita yang padat tanpa menghabiskan terlalu banyak panel. Kamu nggak akan menyangka akhir cerita mengejutkan dari komik ini saking seru dan intense-nya perjalanan Kamishiro Yuu di jalanan.

Pelajaran Martial Arts Yang Provokatif

Secara gambar, Holyland termasuk biasa-biasa saja. Namun kekurangan dari sisi gambar tersebut ditutupi oleh isi dari manganya sendiri. Manga ini sangat provokatif dan edukatif secara bersamaan. Jika kamu merasa manhwa How To Fight itu bagus, maka Holyland 100x lebih baik. Manga ini menjelaskan secara detil beragam martial arts. Nggak soal sejarah, kamu akan diajarkan latihan rutin, teknik memukul, membanting dan efektifitas beragam martial arts di pertarungan jalanan.

Ada martial arts apa aja di manga ini? Holyland memperlihatkan cukup banyak jenis martial arts yang dianggap efektif di jalanan. Beberapa matrial arts yang dibahas dan bisa kamu pelajari dari manga ini antara lain boxing, kick boxing, karate, kenpo, gulat, mix matrial arts, judo dan kendo. Holyland akan memperlihatkan keefektifan setiap bela diri tersebut di pertarungan jalanan serta memberi tahu pembaca cara berlatih otodidak. Nggak hanya itu, beragam strategi dalam pertarungan jalanan juga dijelaskan dengan realistis. Atas alasan tersebut, Holyland adalah manga yang sangat provokatif dan bisa mendorong seseorang belajar bela diri bahkan pergi ke jalanan untuk bertarung.

Pesan Mendalam

Jika kamu berfikir kalau Holyland hanya soal pertarungan jalanan, maka kamu keliru. Manga ini menawarkan banyak hal. Sebagai contoh, Holyland sangat memperdalam sisi psikologis karakter-karakter yang ada. Manga ini juga juga memberikan makna mendalam bagi para remaja yang mulai beranjak dewasa. Holyland seperti buku panduan untuk remaja yang mengharuskan kita untuk memperebutkan makna dalam hidup yang sedang dijalani.

Judul Holyland memiliki makna yang sangat mendalam. Judul tersebut merujuk pada sebuah tempat yang suci dimana para remaja mempertarungkan kehidupan mereka sebelum akhirnya beranjak dewasa. Holyland selalu diperebutkan dan diintrupsi oleh banyak pihak. Semua orang bisa berubah setelah menginjakan kakinya di Holyland. Meski begitu, sang author nggak menjelaskan pemaknaan Holyland secara satu arah, sebaliknya, pembaca mesti menafsirkan sendiri makna dari Holyland tersebut. Ini dibuktikan dari ending manga yang akan mengejutkan kamu sekaligus membuat kamu terprovokasi dan mencari tanah suci yang pernah dihuni oleh Kamishiro Yuu.

More Stories
Misteri dan Rahasia yang Terungkap Dalam WandaVision Episode 4
%d blogger menyukai ini: