Baca “Legend of the Northern Blade” Bikin Ingat Cerita Silat Klasik

Legend of the Northern Blade
Last updated:

Kalau kamu suka baca cerita silat, ada satu komik yang bisa kami rekomendasikan, yaitu “Legend of the Northern Blade”. Komik ini punya cerita yang asik dan pertarungan silat yang seru.

Ya, memang ada banyak banget cerita silat di jagat perkomikan. Tapi sebagian besar — terutama manhua — penuh dengan kisah kultivasi yang gas pol sampai si tokoh utama sakti dengan cepat. Plot cerita kebanyakan lemah.

Di sinilah komik “Legend of the Northern Blade” memberikan sesuatu yang menarik buat kita baca.

Cerita “Legend of the Northern Blade”

Komik ini merupakan buah karya penulis Hae-Min yang berkolaborasi dengan Woo-Gak sebagai ilustratornya. “Legend of the Northern Blade” terbit di KAKAO Page dan bisa kamu cari di internet untuk versi bahasa Indonesia.

“Legend of the Northern Blade” bercerita tentang petualangan Jin Mu-Won, pewaris ‘Northern Heavenly Sect’ (sering diterjemahkan ‘Sekte Surgawi Utara’ walau saya lebih suka istilah ‘Sekte Langit Utara’).

Dulu, sekte ini merupakan kelompok yang berjasa melawan kelompok ‘Silent Night’ yang berniat menjajah. Namun kemudian sekte ini ditelikung yang berujung kematian Jin Kwan-Ho, sang pimpinan, dan mengalami kejatuhan.

Ditinggal sendirian, Jin Mu-Won tidak pernah belajar ilmu silat secara resmi. Walau ia menemukan sebuah ilmu rahasia, ia tetap tidak menunjukkannya pada siapa pun. Sampai suatu ketika sebuah kejadian besar kembali hadir di ‘Northern Heavenly Sect’ yang tinggal puing.

Seperti Kisah Silat Klasik

Mungkin ada yang menganggap cerita “Legend of the Northern Blade” membosankan. Yah, saya bisa memahaminya. Kalau kamu bandingan dengan komik seperti “Solo Leveling“, plot ceritanya memang berjalan relatif lebih lambat.

Tapi bagi saya, justru ini jadi kelebihan tersendiri. Ada perkembangan cerita yang bisa kita tunggu. Bagaimana Jin Mu-Won kembali terjun ke murim, bagaimana hubungannya dengan sekte lain atau ‘Silent Night’, atau ilmu apa sebenarnya yang ia miliki.

KIta tahu kalau Jin Mu-Won nantinya akan sakti. Tapi masih ada tokoh lain yang juga sakti. Kita masih mengira sampai di mana kesaktiannya. Sejauh ini si penulis bukan sekedar menambah tokoh yang overpowered sampai tidak masuk akal. Yah, misalnya kalau mau membandingkan (lagi-lagi) dengan komik manhua pada umumnya (sungguh ironis).

Dunia persilatan alias murim dengan berbagai sekte dan intriknya di komik ini mengingatkan saya pada cerita persilatan klasik. Misalnya seperti “Legenda Pendekar Pemanah Rajawali”, “Kembalinya Pendekar Rajawali”, dan “Kisah Pedang Langit dan Golok Pembunuh Naga”.

Toh interaksi Jin Mu-Won dengan murim berlangsung lebih cepat apabila kita bandingkan dengan komik “Chronicles of Heavenly Demon” yang masih berkutat dengan konflik internal sekte. Tapi interaksi ini pun masih belum intens seperti “Volcanic Age”. Yah, jumlah bab juga belum sebanyak itu sih.

Dari plot cerita sejauh ini, kelihatannya “Legend of the Northern Blade” bakal punya nafas cukup panjang buat kita baca. Sampai saat ini, menurut saya ceritanya masih menarik. Kalau kamu suka cerita cilat, nggak ada salahnya mencoba mengikuti serial satu ini.


Legend of the Northern Blade
Deskripsi
Komik
Tipe
Manhwa
Penulis
Hae-Min
Ilustrator
Woo-Gak
Judul Alternatif
북검전기
Penerbit

Latest Reviews

More Stories
Jagoan Cantik Tapi Kuat, Red Sonja Bakal Dibikin Film!
%d blogger menyukai ini: