Bukti Kalau Silat Jadi Bela Diri Jin Di Manhwa Mercenary Enrollment

A Observasi terhadap satu budaya dan cerita-cerita nyata jadi modal utama seorang seniman untuk mendapatkan inspirasi. Hal ini juga dilakukan oleh para komikus di seluruh dunia. Salah satu budaya Indonesia yang kemudian hadir adalah bela diri silat yang digunakan oleh Jin, tokoh utama dalam manhwa Mercenary Enrollment.

Buat kamu yang mungkin sudah baca, pasti nggak terlalu sadar dengan hal ini. Mungkin juga banyak dari kalian yang menampik dan nggak sepakat dengan argumen Popculture.id. Karena hal tersebut, kali ini Popculture.id akan membeberkan bukti kalau silat jadi bela diri utama tokoh Jin di manhwa Mercenary Enrollment. Daripada berlama-lama, yuk langsung aja simak selengkapnya!

Kuda-Kuda

Dalam manhwa Mercenary Enrollment, Jin adalah tokoh utama yang over power. Ia mirip dengan Jin Woo di Solo Leveling. Hal ini diperlihatkan sedari awal, dengan latar belakang seorang tentara bayaran, Jin kemudian memiliki pengalaman dan dasar bertarung yang kuat. Baik menggunakan senjata maupun tangan kosong alias bela diri. Di chapter-chapter awal, kita mungkin nggak bisa melihat apa sebenarnya bela diri yang digunakan Jin. Namun kalau kalian jeli, kalian bisa menemukan beragam hal yang menandakan satu bela diri. Salah satunya adalah kuda-kuda.

Di beberapa kesempatan, Jin memperlihatkan kuda-kuda bertarung khas silat. Tangan terbuka dan posisi kaki kanan di depan serta lutut yang ditekuk. Kuda-kuda ini umum digunakan bela diri silat di berbagai daerah dari mulau silat Sumatera, Jawa Barat sampai Betawi. Hal ini juga digunakan oleh musuh Jin yang merupakan tentara sepertinya. Tentu ini juga menjadi tanda kalau Jin dibesarkan oleh orang-orang di Asia Tenggara antara Filipina, Malaysia, Brunei atau Indonesia. Latar hutan, konflik pemberontakan dan bela diri silat adalah buktinya.

Pola Serangan

Salah satu hal yang menarik dari manhwa Mercenary Enrollment adalah penggambaran pertarungannya yang konsisten dan menarik. Berbeda dengan kebanyakan manhwa gengster dan anak sekolahan lain, komik ini nggak menyebutkan secara spesifik bela diri apa yang digunakan Jin. Ia seperti menyerang secara mengacak pada musuh-musuhnya. Contoh di komik Lookism, dengan jelas disebutkan beberapa bela diri yang digunakan oleh tokoh-tokoh utamanya.

Kendati nggak disebutkan, Popculture.id berani menjamin kalau bela diri yang dipraktekan oleh Jin adalah silat. Apa buktinya? Kita bisa melihat dari pola serangan Jin. Pola serangan dan cara bertahan Jin memperlihatkan bela diri silat yang ia gunakan. Buat kamu yang mungkin belum tahu, dalam sejarahnya silat menjadi bela diri yang berbahaya karena digunakan untuk membunuh lawan.

Karena hal itu, pola serangan silat selalu menyasar organ vital seperti ginjal, rusuk, wajah, dagu bahkan leher dari jarak dekat. Kalau kamu lihat, Jin beberapa kali menyerang lawannya dengan gerakan tusukan tangan ke leher yang membuat lawannya pingsan seketika. Selain itu, ada juga serangan menggunakan lutut dan menyerang rusuk dari samping.

Senjata

Setiap bela diri pasti memiliki senjata khasnya untuk bertarung. Sebenarnya ada banyak senjata yang dipelajari dan digunakan dalam pela diri silat. Keris, golok celurit dan karambit adalah beberapa di antaranya. Nah di chapter baru Mercenary Enrollment, kita bisa lihat musuh Jin yang memiliki bela diri sama dengannya menggunakan karambit sebagai senjata utamanya.

Hal tersebut jadi bukti nyata kalau Jin mempelajari bela diri silat saat ia kehilangan ingatannya. Karambit sendiri adalah senjata khas yang berasal dari Sumatera Barat, Malaysia dan Filipina. Karambit adalah senjata berukuran kecil yang efektif digunakan untuk melukai sampai membunuh lawan. Nggak mengherankan kalau kombinasi silat dan karambit sering muncul di produk-produk kultur pop. Film The Raid yang notabene asli Indonesia juga memperlihatkan petarung silat minangkabau yang menggunakan karambit.

Nah itu dia beberapa bukti kalau Jin menggunakan bela diri silat dalam setiap pertarungannya dengan berandalan dan mafia di Korea Selatan. Gimana menurut kalian Popins? Apakah kalian setuju? Yuk tulis pendapat kalian di kolom komentar~

More Stories
amber heard mera aquaman
Aktris Yang Cocok Mengganti Amber Heard Sebagai Mera Di Aquaman 2
%d bloggers like this: