Siapa Enola Holmes Dan Apa Beda Kemampuannya Dengan Sherlock?

Setelah film Enola Holmes dirilis oleh Netflix, mungkin banyak yang merasa kebingungan. Pertanyaan yang sering diajukan adalah, sebenarnya siapa sih sosok Enola?

Nah, buat kamu yang belum atau sudah menonton film Enola Homes namun masih bingung soal karakter utamanya, yuk kita lihat karakter ini lebih dekat.

Enola Holmes Diciptakan Nancy Springer

Hal pertama yang perlu dan wajib diketahui adalah penciptaan. Berbeda dengan Sherlock Holmes yang diciptakan Sir Arthur Conan Doyle, Enola adalah karakter yang diciptakan oleh penulis bernama Nancy Springer. Sebenarnya dalam cerita asli Sherlock sempat disinggung bahwa sang detektif hanya memiliki satu saudara. Ia adalah Mycroft Holmes.

Mycroft Holmes sendiri adalah saudara Sherlock yang jauh lebih tua tujuh tahun. Ia adalah karakter yang bekerja sebagai pejabat pemerintah. Ia juga jenius, namun fokusnya lebih pada pemerintahan dan politik.

Nah, Nancy Springer kemudian meminjak karakter dan kisah milik Sir Arthur untuk menciptakan tokoh dan cerita sendiri. Jadi Nancy Springer tetap menunjukan karakter Sherlock dan Mycroft dalam kisahnya namun bintang utamanya tetaplah Enola, karakter yang ia buat sendiri.

Sempat ada permasalahan hak cipta yang digugat oleh perwakilan Sir Arthur. Namun pelanggaran hak cipta tersebut bukan karena Nancy membuat karakter Enola, melainkan Nancy menunjukan Sherlock yang memiliki emosi dalam ceritanya. Padahal pembangunan karakter Sherlcok belum sepenuhnya selesai.

Latar Belakang Kehidupan Enola Holmes

Dikisahkan Enola adalah saudara Sherlock paling bungsu yang berbeda 20 tahun. Ia tumbuh besar bersama sang ibu yang bernama Eudoria Holmes di perkebunan keluarga. Enola nggak pernah bertemu lagi dengan sang kakak sejak umur 4 tahun karena kedua kakaknya mengejar kesibukan masing-masing

Ibu Sherlcok sendiri bukanlah karakter yang ‘baik-baik’. Diceritakan ia dikucilkan secara tidak langsung oleh masyarakat karena melanggar norma yang eksis di abad ke-18. Terutama sebagai perempuan mandiri yang cerdas dan kritis. Sama halnya dengan ibunya, Enola juga tumbuh tanpa mempedulikan norma. Ia adalah sosok manusia bebas.

Sebagai Detektif Enola dan Sherlock Punya Perbedaan yang Signifikan

Enola adalah seorang detektif. Namun ia memiliki perbedaan yang signifikan dengan saudaranya. Karakter Enola Holmes belum punya pengalaman dan ilmu seperti Sherlock.

Sherlock Holmes tentu saja terkenal karena kemampuan deduksinya, juga wawasannya pada banyak hal, seperti kimia, sandi, dan juga jago menyamar. Dibanding dengan Mycroft, kemampuan Enola memang lebih dekat ke Sherlock.

Enola juga kemampuan deduksi, kimia, dan ahli menyamar. Tapi Enola punya pendekatan tersendiri dalam memakai sandi dan simbolisme. Ia juga menggunakan gambar sketsa untuk mencari detil fakta.

Perbedaan lain yang kentara adalah soal gender. Enola adalah tokoh perempuan abad ke-18 yang terkungkung patriari dan stigma masyarakat. Seperti kita tahu perempuan di zaman tersebut harus menurut pada norma dan kebiasaan yang sudah berlaku. Di bukunya, Enola membuka praktek detektif dengan menggunakan nama samaran “Dr Leslie T. Ragostin”.

Nah itu dia fakta dan perbedaan tokoh Enola dan Sherlock. Semoga saja penjelasan ini bisa membantu dan nggak membuat kamu bingung lagi ya!

Latest Reviews

More Stories
Intip Kisah Nobita dan Shizuka Dalam Trailer Doraemon Stand By Me 2
%d blogger menyukai ini: