8 Film Anime Cult Terbaik Sepanjang Masa. Ada Jagoanmu?

Di dunia kultur pop, kita sering banget mendengar istilah ‘cult’. Film cult, serial cult sampai anime cult terbaik sepanjang masa. Tapi, apa sih sebenarnya ‘cult’ itu? Sebenarnya, agak sulit untuk mendefinisikan arti kata ‘cult’ yang melekat di dunia kultur pop. Namun, secara singkat hiburan yang diberi embel-embel cult biasanya sangat dipuja-puja oleh banyak orang dengan berbagai alasan. Dari mulai ceritanya yang brilian dan epik sampai pengaruhnya yang luar biasa kuat pada produk-produk setelahnya.

Di dunia perwibuan, ada juga lo anime yang termasuk cult dan dipuja banyak orang. Biasanya anime-anime cult identik dengan ceritanya yang aneh, mendalam, brutal dan mendobrak norma-norma yang ada. Nggak melulu sukses, ada juga anime cult yang nggak laku di pasaran bahkan ada yang dilarang tayang di negara asalnya, Jepang. Emang apa aja sih anime cult ini? Daripada penasaran, yuk langsung aja simak daftar selengkapnya di bawah ini!

Akira

Pertama ada Akira. Siapa sih yang nggak tahu film satu ini. Anime ini dipuja dan berhasil mempengaruhi banyak orang lintas kesenian. Bukan hanya bagi para filmaker, para penulis dan juga musisi juga terpengaruh dan memuja film garapan Katsuhiro Otomo.

Sampai sekarang, anime ini masih sering dibicarakan baik soal ceritanya atau proses pembuatannya. Akira sendiri berkisah tentang dunia distopia di Kota New Tokyo. Berkisah tentang sekelompok geng motor yang terlibat pada hal supranatural yang mampu menghancurkan dunia.

Ghost In The Shell

Selanjutnya ada Ghost In The Shell. Film anime ini disebut-sebut sebagai masterpiece anime bergenre science-fiction. Nggak sedikit juga orang yang menyebut kalau Ghost In The Shell adalah ibu dari sub-kultur Cyberpunk.

Film ini bercerita tentang dunia yang telah dikuasai oleh teknologi. Manusia telah bersatu dengan teknologi. Di dunia tersebut, manusia mulai mengganti tubuhnya dengan teknologi yang menjadikannya cyborg sepenuhnya. Konflik bermula saat seorang hacker datang dan mengacaukan banyak hidup orang yang telah bergantung pada teknologi tersebut.

Metropolis

Selanjutnya ada film Metropolis, karya klasik dari Osamu Tezuka. Film ini terinspirasi dari film bisu tahun 1927 karya Fritz Lang. Metropolis juga digarap oleh legenda anime Katsuhiro Otomo, penggarap Akira dan Rintaro.

Film ini berkisah tentang kota industri dimana robot dan manusia hidup berdampingan. Metropolis ini kemudian mengeksplorasi tema diskriminasi dimana terjadi pemisahan ruang hidup antara manusia dan robot. Selain itu, Metropolis juga sangat kental dengan tema politik, kekuasaan, rasisme, ambisi dan ledakan. Kelak, film ini menginspirasi banyak film Hollywood dengan tema serupa.

Perfect Blue

Perfect Blue ditakdirkan untuk menjadi salah satu film anime cult terbaik sepanjang masa. Film ini diproduksi dan sempat terganggu karena gempa bumi pada tahun 1995. Awalnya, film ini akan dijadikan serial TV. Karena anggaran yang menipis, studio kemudian memutuskan untuk menjadikannya film layar lebar.

Film ini menyoroti tentang industri hiburan Jepang yang menjebak para idol di negeri Sakura tersebut. Film ini berisikan frustasi, kekerasan, misteri, erotisme dan pembunuhan. Buat kamu penggemar idol-idol Jepang, coba deh nonton Perfect Blue. Sampai beberapa titik, film ini masih relevan sampai sekarang.

Golgo 13: The Professional

Selanjutnya ada film yang diadaptasi dari manga berjudul Golgo 13: The Professional. Film ini berkisah tentang seorang pembunuh bayaran bernama Golgo 13, gabungan James Bond dan karakter-karakter superhero pada umumnya. Golgo 13 bukanlah pembunuh bayaran biasa. Ia bisa membunuh siapa saja bahkan pemimpin dunia. Konflik dalam film ini berkisah tentang balas dendam Golgo untuk membunuh seorang anak pengusaha minyak dunia. Ia kemudian diburu oleh FBI, CIA dan psikopat.

Golgo 13: The Professional adalah film gengster nor 60-an yang penuh dengan kekerasan. Film ini punya gaya dan stylenya sendiri. Banyaknya gambar-gambar erotis dan darah dalam jumlah banyak menjadikan film ini dipuja-puja sampai sekarang.

Midori

Lalu ada film berjudul Midori. Film ini adalah legenda tersendiri di dunia anime. Film ini nggak menemukan sposor dan dibuat secara mandiri. Sampai sekarang, Midori dianggap menjadi film yang ‘hilang’. Film yang dibuat selama 5 tahun ini hanya boleh tayang di Jepang karena tema dan gambarnya yang dianggap ilegal.

Midori didasarkan dari manga berjudul Shojo Tsubaki garapan Suehro Maruo. Film ini bercerita tentang seorang gadis yatim piatu yang mencari nafkah dengan menjual bunga. Ia kemudian dijebak oleh seorang pria pemilik sirkus aneh. Di tempat tersebut Midori dilecehkan dan dipermalukan setiap harinya. Tentu saja, adegan mengerikan dan erotis terjadi sepanjang film berjalan.

Ninja Scroll

Bagi kamu para penggemar ninja dan samurai, nggak ada salahnya untuk menonton film Ninja Scroll. Film ini disutradarai oleh Yoshiaki Kawajiri yang dikenal memiliki jalan ceritanya yang rumit dengan karakter yang menarik. Film ini juga punya penggambaran kekerasan yang menakjubkan. Berbeda dengan anime di tahunnya, Ninja Scroll telah memasukan unsur-unsur animasi barat dalam filmnya.

Film ini bercerita tentang tim ninja yang datang ke sebuah desa untuk menyelidiki epidemi yang membunuh semua penduduknya. Setelah sampai, mereka disergap oleh moster mengerikan. Seorang samurai tak bertuan bernama Juubei kemudian mencoba bertahan dan mengalahkan monster berbahaya tersebut.

Urotsukidoji: Legend of the Overfiend

Terakhir ada film Urotsukidoji. Film garapan Hideki Takayama ini mengadaptasi manga ciptaan Toshio Maeda. Berbeda dengan versi manganya, film ini dipenuhi dengan kekerasan, seks, sadisme yang bersebaur. Film ini benar-benar ekstrrim dan hanya diizinkan untuk diputar di luar Jepang dengan banyaknya adegan yang dipotong.

Film ini bercerita tentang konflik tiga alam yakni alam manusia, alam iblis dan alam campuran manusia-binatang. Kehancuran dan darah bermula saat makhluk dengan kekuatan dahsyat bernama Overfiend menyatukan tiga alam tersebut yang menimbulkan konflik besar-besaran.

Nah itu dia 8 film anime cult terbaik sepanjang masa versi Popculture.id. Gimana menurut kalian Popins? Adakah film anime cult jagoan dan favoritmu? Atau kalian punya fim anime kesukaan kalian sendiri? Yuk tulis dan diskusikan di kolom komentar~

Yuk, lanjut baca
Konflik Dengan Angelina Jolie Usai, Brad Pitt Dapat Hak Asuh Anak
%d blogger menyukai ini: