Beberapa Film Kembar Yang Punya Tema Mirip & Rilis Hampir Bersamaan

film tema kembar

Kalau kamu penasaran dengan fenomena unik di dunia perfilman, mungkin kamu harus cek yang namanya ‘film kembar.’ Nah, di sini kami memberikan beberapa contoh yang tidak hanya menarik, tapi juga layak kamu tonton.

‘Film kembar’ merupakan fenomena ketika dua film dengan tema yang sama atau plot cerita yang mirip hadir dalam waktu hampir bersamaan oleh dua studio produksi berbeda. Jadi, bukan yang menampilkan tokoh kembar ya.

Menariknya, fenomena ini sering terjadi dan ada cukup banyak film seperti ini. Bahkan hal ini sudah terjadi sejak tahun 1930-an. Misalnya yang terjadi dengan film “Dishonored” dan “Mata Hari.”

Lalu, apa saja film kembar yang populer selain contoh di atas? Ini dia.

“Antz” vs “A Bug’s Life”

Film “Antz” dari Dreamworks dan “A Bug’s Life” dari Pixar sama-sama rilis pada tahun 1998. Keduanya juga sama-sama bercerita soal seekor semut pemberontak yang suka dengan putri semut di koloninya, diasingkan, dan kemudian menjadi pahlawan. Persaingan kedua film ini cukup kontroversial.

Jeffrey Katzenberg, yang kala itu menjadi salah satu pimpinan Disney, bermasalah dengan CEO Disney, Michael Eisner. Ia kemudian keluar dari Disney dan membuat DreamWorks bersama Steven Spielberg dan David Geffen.

DreamWorks awalnya merencanakan film “Prince of Egypt” sebagai debut mereka. Namun Disney dan Pixar menaruh tanggal rilis “A Bug’s Life” sebelum film itu untuk memukulnya. Katzenberg kemudian memindah jadwal tayang “Antz” dari tahun 1999 menjadi sebelum “A Bug’s Life” dirilis.

“Armageddon” vs “Deep Impact”

Film “Armageddon” dan “Deep Impact” sama-sama rilis tahun 1998 dan bercerita soal komet yang mau menabrak bumi dan bisa menyebabkan kehancuran. Kedua film bencana ini juga menampilkan usaha manusia menghancurkan komet tersebut sebelum menghantam bumi.

Dari kedua film ini, “Armageddon” lebih sukses di box office, karena ia punya unsur hiburan lebih kental (termasuk mempopulerkan lagu “I Don’t Want to Miss A Thing” dari Aerosmith). Sementara itu, film “Deep Impact” disebut lebih memiliki akurasi secara ilmiah.

“The Illusionist” vs” The Prestige”

Baik “The Illusionist” maupun “The Prestige” yang tayang tahun 2006 sama-sama bercerita soal pesulap di abad ke-19. Untungnya, selain tema sama soal pesulap, jalan cerita keduanya cukup berbeda.

Yang menarik, awalnya Christopher Nolan berencana membuat film ini di tahun 2003 sebelum “Batman Begins.” Namun kemudian ia memutuskan memproduksinya setelah film Batman itu, yang akhirnya hampir bersamaan dengan “The Illusionist.”

Keputusan itu membuat Christopher Priest, penulis novel “The Prestige,” jengkel karena film itu akhirnya harus bersaing dengan adaptasi cerita buatan Steven Millhauser, “The Illusionist,” yang juga temannya.

“Friends With Benefit” vs “No Strings Attached”

Film “Friends With Benefit” dan “No Strings Attached” sama-sama rilis di tahun 2011. Kedua film ini juga bercerita soal komitmen hubungan seks antara dua sahabat tanpa ikatan, namun akhirnya mereka jatuh cinta.

Selain plot cerita yang relatif mirip, tidak ada persaingan unik di antara keduanya. Namun, tentu saja, Ashton Kutcher dan Mila Kunis pernah sama-sama main di serial “That 70s Show” dan akhirnya menikah di tahun 2015.

“Olympus Has Fallen” vs “White House Down”

Kedua film ini rilis di tahun 2013. Baik “Olympus Has Fallen” dan “White House Down” sama-sama bercerita soal serangan teroris di White House dan usaha menyelamatkan Presiden Amerika.

Walau mirip dan kadang bikin bingung, kedua film ini tidak memiliki persaingan langsung selain tema yang sama. “Olympus Has Fallen” sendiri kemudian berkembang menjadi trilogi yang menghadirkan tokoh utamanya, Mike Banning. Sementara “White House Down” tidak memiliki sekuel.


Setelah membaca artikel ini, mungkin kamu langsung berpikir dan menemukan beberapa film lain yang juga punya tema kembar. Sekedar menambahkan, film gunung meletus “Dante’s Peak” dan “Volcano” juga sering disebut. Selain itu ada juga “End of Days” dan “Stigmata” yang menampilkan tema supranatural dan melibatkan Gereja Katolik.

Tapi mungkin kamu punya pilihan sendiri dari yang sudah disebut di atas? Film apa yang menjadi pilihanmu?

Yuk, lanjut baca
Resmi, “Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas” Tayang di Locarno
%d blogger menyukai ini: