Rekomendasi Film Bertema Kristiani, Termasuk yang Kontroversial

film passion of the christ

Agama merupakan salah satu tema yang juga sering diangkat menjadi cerita film, termasuk agama Kristen. Kali ini kami memberikan beberapa film Kristiani yang menarik untuk kamu tonton.

Kebanyakan film bertema Kristiani memang mengambil Yesus sebagai sosok utama. Yang menarik, ceritanya sering memiliki berbagai sudut pandang. Tidak jarang juga film itu dianggap sebagai film yang kontroversial.

Di samping itu, ada pula film yang mengambil tokoh-tokoh penting lain sebagai tokoh utama. Mulai dari prajurit Romawi di masa Yesus hadir, sampai Paus di jaman sekarang.

Rekomendasi Film Kristiani

Berikut ini kami pilihkan berbagai film dari masa ke masa dan dari berbagai genre berbeda. Daftar ini kami susu berdasar abjad, bukan urutan rating atau ranking.

Ben-Hur (1959)

Film ini merupakan salah satu film epik klasik yang melegenda. Ben-Hur menceritakan persahabatan antara Judah Ben-Hur dan Mesala yang berubah menjadi permusuhan karena perbedaan kepercayaan. Film ini mengambil latar menjelang Yesus ditangkap sampai disalib. Ben-Hur sempat dibuat film remake-nya, namun tidak sebagus versi 1959.

Sutradara:William Wyler
Pemeran:Charlton Heston, Stephen Boyd, Haya Harareet

The Last Temptation of Christ (1988)

Film arahan Martin Scorsese ini menceritakan bagaimana Yesus melalui berbagai godaan. Salah satu adegan di film ini sangat kontroversial sampai memancing kemarahan penganut agama Kristen. Di film ini, Willem Defoe berperan sebagai Yesus.

Sutradara:Martin Scorsese
Pemeran:Willem Defoe, Harvey Keitel, Barbara Hershey, David Bowie

Mary Magdalene (2018)

Seperti judulnya, film ini mengisahkan soal sosok Maria Magdalena yang menjadi murid Yesus walau ditentang murid lainnya, termasuk Santo Petrus. Terus terang, Mary Magdalene kurang begitu mendapat tanggapan baik dari kritikus film. Tapi sosok itu sendiri toh cukup menarik.

Sutradara:Garth Davis
Pemeran:Rooney Mara, Joaquin Phoenix, Chiwetel Ejiofor, Tahar Rahim

The Mission (1986)

The Mission bercerita tentang misionaris Yesuit dan pedagang budak yang menebus dosa di Amerika Selatan pada abad ke-18. Mereka mendapat tugas membantu suku Guarani, namun terjebak di antara peralihan wilayah antara Spanyol dan Portugis. Film pemenang penghargaan Palme d’Or dan Sinematografi Terbaik Oscar ini juga masuk dalam daftar film kategori Agama dari Vatican.

Sutradara:Roland Joffé
Pemeran:Robert De Niro, Jeremy Irons, Liam Neeson, Aidan Quinn

Monty Python’s Life of Brian (1979)

Film ini merupakan sebuah film komedi satir asal Inggris. Life of Brian menceritakan pemuda Yahudi yang lahir di tanggal yang sama, menjadi tetangga Yesus, dan akhirnya dikira Mesias. Film ini juga cukup kontroversial, namun menjadi salah satu komedi favorit penggemar film.

Sutradara:Terry Jones
Pemeran:Terry Jones, Graham Chapman, John Cleese, Eric Idle, Terry Gilliam

The Passion of the Christ (2004)

Film drama buatan Mel Gibson ini juga termasuk salah satu yang kontroversial. The Passion of the Christ mengisahkan rentang waktu 12 jam sebelum kematian Yesus, bermula dari Taman Getsemani. Yang luar biasa, dialog film ini dilakukan dalam bahasa Ibrani, Latin, dan Aramaik.

Sutradara:Mel Gibson
Pemeran:Jim Caviezel, Monica Bellucci, Maia Morgenstern, Rosalinda Celentano

Quo Vadis (1951)

Seperti Ben-Hur, Quo Vadis merupakan film epik klasik yang legendaris. Diadaptasi dari buku, film ini menceritakan konflik antara penganut agama Kristen dan Kekaisaran Romawi yang saat itu dipimpin Nero.

Kalimat “Quo vadis” sendiri berasal dari bahasa Latin yang berarti “Mau ke mana?”. Pertanyaan ini merujuk pada legenda ketika Santo Petrus menyelamatkan diri dari ancaman penyaliban dan bertemu Yesus. Ketika Santo Petrus bertanya “Mau ke mana?”, Yesus menjawab akan pergi ke Roma untuk disalib kembali. Mendengar jawaban Yesus, Santo Petrus pun kembali ke Roma dan akhirnya menjadi martir.

Sutradara:Mervyn LeRoy
Pemeran:Peter Ustinov, Robert Taylor, Deborah Kerr, Leo Genn

Risen (2016)

Risen adalah sebuah film drama yang menceritakan perwira Romawi bernama Claudius menyelidiki kebangkitan Yesus setelah disalib. Menggunakan sudut pandang yang berbeda, film ini cukup menarik melihat fenomena kebangkitan Yesus.

Sutradara:Kevin Reynolds
Pemeran:Joseph Fiennes, Tom Felton, Cliff Curtis, Peter Firth

The Two Popes (2019)

The Two Popes menceritakan soal bagaimana persahabatan antara dua Paus, Paus Benediktus XVI dan Paus Fransiskus, terbentuk. Berawal dari pemilihan Paus setelah meninggalnya Paus Yohanes Paulus II, film ini menceritakan perbedaan karakter antara kedua Kardinal, sampai bagaimana keduanya menjadi Paus. The Two Popes merupakan adu akting menarik antara Anthony Hopkins dan Jonathan Pryce.

Sutradara:Fernando Meirelles
Pemeran:Anthony Hopkins, Jonathan Pryce, Cesar Charlone, Christina Banegas
More Stories
Butuh Piknik, THOR dan Spidey Tamasya ke Pulau Dewata
%d blogger menyukai ini: