6 Film Ini Menceritakan Kisah G30S/PKI Dari Beragam Sudut

Sejarah adalah sesuatu yang penting bagi sebuah bangsa. Sebuah bangsa akan bisa terbang tinggi jika bisa melepaskan beban sejarah yang masih mengikat. Salah satu sejarah yang masih jadi polemik di negeri ini adalah peristiwa G30S/PKI. Karena pelik, banyak seniman yang membuat buku atau film tentang malam G30S/PKI dari beragam sudut.

Salah satu yang paling terkenal adalah film Pengkianatan G30S/PKI yang menceritakan pemberontakan Partai Komunis Indonesia pada tahun 1965. Bahkan film berdarah-darah ini wajib ditonton oleh masyarakat setiap 30 September di zaman Orde Baru. Nah untuk mengimbangi film tersebut, Popculture.id merangkum 6 film soal gerakan 30 September di bawah ini!

Pengkhianatan G30S/PKI

Pengkhianatan G30S/PKI adalah film yang di sutradarai oleh Arifin C. Noer. Film ini dirilis pada tahun 1984 dan menceritakan bagaimana Partai Komunis Indonesia membunuh 6 Jenderal di lubang buaya. Dulu banyak masyarakat yang percaya pada kejadian malam 30 September yang digambarkan film ini, namun kini banyak orang yang kritis dan mempertanyakan kebenaran film ini. Kini film yang dibintangi Umar Kayam ini berstatus film fiksi

Senyap

Kedua ada Senyap. Film ini adalah film dokumenter kedua yang digarap oleh sutradara Amerika Serikat, Joshua Oppenheimer. Film ini dirilis pada 2014. Berbeda dengan film Pengkhianatan G30S/PKI, Senyap menceritakan kisah malam berdarah tersebut dari perspektif simpatisan PKI yang menjadi saksi pembantaian di malam tersebut.

Jagal

Selain Senyap, Joshua Oppenheimer juga membuat film pertamanya berjudul Jagal yang dirilis pada tahun 2014. Film ini menceritakan bagaimana pelaku pembunuhan anti-PKI yang terjadi pada tahun 1965-1966. Yang lebih mengerikan, para pelaku tersebut bangga telah membunuh banyak orang dan tercatat dalam sejarah.

Gie

Gie adalah film fiksi yang bercerita tentang tokoh mahasiswa Orde Lama, Soe Hoek Gie. Dalam film yang dibintangi Nicholas Saputra ini kita bisa melihat kondisi hidup masyarakat Indonesia di bawah rezim Orde Lama. Kita juga disuguhkan dengan penggambaran transisi pasca 1965 dan demonstrasi menurunkan Soekarno. Gie juga memperlihatkan jatuhnya Partai Komunis Indonesia beserta seluruh organisasi di bawahnya.

40 Years of Silence: An Indonesian Tragedy

Film G30S/PKI lain adalah 40 Years of Silence. Film dokumenter ini dibuat oleh Robert Lamelson, seorang antropolog Amerika Serikat. Film yang dirilis tahun 2009 ini bercerita soal efek pribadi pada korban pembantaian di Indonesia pada tahun 1965-1966. Robert mengambil cerita dari dua tempat berbeda antara lain pulau Jawa dan pulau Bali

The Year of Living Dangereously

Terakhir ada The Year of Living Dangereously. Film ini bergenre drama romantis yang disutradarai oleh Peter Weir yang merupakan orang Australia. Film ini dengan apik menceritakan seorang wartawan Australia yang berada di Indonesia untuk meliput kejadian di Jakarta pada tahun 1965. Lewat perspektif sang jurnalis kita bisa melihat peristiwa sebelum dan sesudah malam 30 September.

Nah itu dia 6 film yang bercerita soal tragedi 30 September 1965. Film-film di atas mesti kalian tonton sebab dibuat berdasarkan kisah nyata. By the way, mau nonton film yang mana dulu?~

Yuk, lanjut baca
Ikuti Kesuksesan Shang-Chi, Eternals Hanya Akan Tayang Di Bioskop?
%d blogger menyukai ini: