Sambut 17-an, Ini 8 Film Tema Kemerdekaan Indonesia Terbaik!

Di tengah masa pandemi ini, masyarakat Indonesia harus terus semangat dan berpandangan optimis. Pasalnya, masyarakat Indonesia segera menyambut tanggal 17 Agustus, hari kemerdekaan Indonesia. Di tahun yang penuh kesulitan ini, Indonesia akan merayakan kemerdekaan ke 76 tahun. Untuk menyambut kemerdekaan, Popculture.id telah menyiapkan beberapa daftar film tema kemerdekaan Indonesia terbaik.

Seperti kita tahu, negara kita memiliki sejarah yang panjang penjajahan dan usaha kemerdekaan. Tokoh-tokoh muncul di setiap generasinya, sejumlah orang juga kemudian berhasil terlibat dalam prosesi kemerdekaan bangsa ini. Nah cerita-cerita perjuangan bangsa untuk mencapai kemerdekaan ini banyak diangkat ke layar lebar. Berikut ini adalah daftarnya~

Bumi Manusia

Pertama ada Bumi Manusia. Film baru darapan Hanung Bramantyo ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya Pramoedya Ananta Toer. Meski berformat fiksi, film ini didasarkan pada kisah nyata dan perjuangan Tirto Adji Soerjo, bapak Pers Indonesia. Dalam film ini kita bisa merasakan kehidupan sulit pribumi karena terhalangi oleh hukum Belanda yang menindas.

Perburuan

Masih dari adaptasi karya Pramoedya Ananta Toer, film rekomendasi Popculture.id selanjutnya berjudul Perburuan. Film ini dirilis tahun 2019 hampir berdekatan dengan perilisan film Bumi Manusia. Perburuan dibintangi oleh aktor ternama Adipati Dolken. Film ini berkisah tentang perjuangan bangsa Indonesia di masa penjajahan Jepang. Berbeda dengan Bumi Manusia, film ini berfokus pada pemberontakan pasukan PETA (Pembela Tanah Air) yang dibentuk Jepang untuk melatih bangsa pribumi berperang.

Kartini

Selanjutnya ada film yang dibintangi oleh Dian Sastro, Kartini. Sama seperti judulnya, film yang dirilis tahun 2017 ini mengisahkan hidup seorang ibu bangsa dan tokoh perempuan Indonesia, Kartini. Seperti tertulis dalam sejarah, Kartini adalah sosok pahlawan karena berjuang dalam bidang pendidikan. Film ini jadi bukti kalau perjuangan bangsa untuk mencapai kemerdekaan bukan hanya ditumpahkan lewat peperangan dan darah.

Tjoet Nja Dhien

Selanjutnya ada Tjoet Nja Dhien. Sama seperti judulnya, film ini mengisahkan kehidupan dan perjuangan tokoh asal Aceh tersebut. Film ini dibitangi oleh aktris legendaris Christine Hakim dan disutradarai oleh Eros Djarot. Film epos sejarah ini berdurasi kurang dari dua jam. Meski dirilsi tahun 1988 silam, Tjoet Nja Dhien kerap ditayangkan setiap tahun, terutama pada hari-hari nasional yang berkaitan dengan kepahlawanan dan kebangsaan.

BACA JUGA  Rekomendasi 10 Film Misteri Terbaik, Bikin Tegang Menduga Sampai Akhir

Jendral Soedirman

Pada tanggal 17 besok, Popculture.id merekomendasikan kalian untuk menonton film biografi Jendral Soedirman. Film rilisan tahun 2017 ini berkisah tentang perang gerilya dan upaya sang Jenderal untuk melawan balik dan mengusir penjajah yang kembali ke Indonesia pasca kemerdekaan. Film ini begitu menyentuh mengingat fakta bahwa Jenderal Soedirman berjuang melawan sakit keras kala peperangan pecah.

Guru Bangsa: Tjokroaminoto

Kalian pasti sudah nggak asing dengan sosok bapak proklamasi sekaligus presiden pertama Indonesia, Soekarno. Namun banyak orang yang belum tahu kalau Soekarno memiliki seorang guru bernama Tjokroaminoto. Kisah dari guru tiga tokoh besar; Soekarno, Musso dan Kartosuwirdjo ini bisa kamu tonton lewat film Guru Bangsa: Tjokroaminoto.

Film ini dibintangi oleh Reza Rahadian dan mengisahkan secara rinci kehidupan sang guru bangsa tersebut. Dari mulai kehidupan pribadi sampai kehidupan organisasi, ide-ide dan kontribusnya pada gerakan kemerdekaan Indonesia lewat Sarekat Islam (SI)

Soekarno: Indonesia Merdeka

Soekarno: Indonesia Merdeka adalah film biografi presiden pertama Indonesia. Film ini masuk menjadi salah satu film tokoh perjuangan terbaik yang pernah dibuat. Sama seperti judulnya, kita disuguhkan kisah hidup dari semasa kecil Soekarno sampai ia berhasil menjadi seorang proklamator. Nggak hanya itu, film ini juga memperlihatkan tokoh-tokoh lain yang membantu Soekarno dari mulai Sutan Sjahrir sampai Hatta.

The East

Selanjutnya ada film berjudul The East. Buat kamu yang bosan melihat film kemerdekaan dari sudut pandang kita, maka film ini cocok banget kamu tonton. Pasalnya film The East menyajikan masa-masa penjajahan Belanda dari sudut pandang mereka. Film ini berlatar pada tahun 1946-1947 saat tentara Belanda menginvasi provinsi Sulawesi Selatan dan melakukan peperangan untuk menumpas gerakan gerilya bangsa Indonesia.

Sultan Agung: Tahta, Perjuangan dan Cinta

Terakhir ada film Sultan Agung: Perjuangan dan Cinta. Film ini disutradarai oleh Hanung Bramantyo dan berfokus pada kisah hidup Sultan Agung. Film ini bergenre kolosal dan memperlihatkan kekuatan seorang raja Mataram yang berani melawan VOC Belanda. Kita disuguhkan dengan banyak pertarungan perang kolosal lengkap dengan kostum dan senjata pada era tersebut. Nggak hanya itu, film ini juga mengisahkan tentang drama cinta yang dialami Sultan Agung sendiri.

BACA JUGA  Rekomendasi 7 Film Tentang Penipu. Bikin Takjub Sekaligus Ngeri~

Nah itu dia 8 rekomendasi film tema kemerdekaan Indonesia terbaik versi Popculture.id. Gimana menurut kalian Popins? Apakah kalian pernah menonton salah satu dari film di atas? Atau kalian punya film-film kemerdekaan favorit kalian sendiri? Yuk langsung aja tulis pendapatmu di kolom komentar~

%d blogger menyukai ini: