10 Film Penjara Terbaik dan Keren yang Sayang Kalau Kamu Lewatkan!

Penjara adalah tempat yang paling dihindari banyak orang. Bukan tanpa alasan, penjara adalah tempat hukuman bagi mereka yang melakukan berbagai kejahatan. Karena terkesan menakutkan dan misterius, banyak orang yang penasaran dengan kehidupan penjara. Rasa penasaran tersebut kemudian membuat para sineas untuk membuat film bertema penjara terbaik dan keren di kemudian hari.

Selain film gangster dan perampokan, film bertema penjara menjadi salah satu tontonan favorit masyarakat dunia. Ketegangan, aksi dan penggambaran kehidupan penjara menjadi daya tarik utamanya. Nah buat kamu yang sedang mencari tontonan, Poculture.id merekomendasikan 10 film penjara terbaik dan keren yang sayang banget kamu kalau lewatkan. Daripada berlama-lama lagi, yuk langsung aja simak daftar lengkapnya di bawah ini!

Escape From Alcatraz

Pertama ada film Escape From Alcatraz yang dirilis tahun 1972. Buat kamu yang mungkin belum tahu, Alcatraz adalah salah satu penjara paling terkenal di dunia karena keamanannya. Penjara ini terletak di pantai San Francisco.

Sekarang, penjara ini berfungsi sebagai obkej wisata dan museum. Namun pada tahun 30-60’an penjara ini adalah tempat misterius dimana terjadi banyak kejadian misterius dan mengerikan. Film ini menjadi salah satu potret dari misteri dari penjara terkenal ini.

Papillon

Selanjutnya ada film penjara yang terinspirasi dari sejarah nyata. Film Papillon bercerita tentang dua pria yang mencoba untuk kabur dari penjara di daerah Guyana Perancis. Sama seperti kebanyakan film penjara pada umumnya, Papillion menjual perasaan putus asa, kebrutalan dan kegigihan manusia.

Kabarnya biaya produksi film ini sangatlah mahal mengingat lokasinya yang terpencil. Namun semua pengeluarkan dapat kembali dengan cepat dan mendapat keuntungan karena Papillon begitu dicintai oleh para penggemar film penjara. Film tahun 1973 ini mendapat remake di tahun 2017 yang sayangnya kurang well.

Shawshank Redemption

Siapa sih yang nggak tahu film ini? Shawshank Redemption menjadi film dengan rating terbesar di situs IMDb. Film yang diangkat dari novel Stephen King ini berkisah tentang seorang pria bernama Andy Dufrense yang mencoba keluar dari penjara setelah didakwa 20 tahun penjara. Seperti kita tahu, film ini menghadirkan plot twist luar biasa yang membuat banyak orang kaget dan terkesima.

12 Monkeys

Selanjutnya ada film 12 Monkeys. Film ini sangat berbeda dengan film penjara lainnya karena mengusung genre fiksi ilmiah. Film ini menarik karena berkisah tentang seorang tahanan yang berasal dari masa depan. Yup, kamu akan dibuat bertanya-tanya sepanjang film. Apakah adegan ini kenyataan? Apakah ini hanya khayalan? Konsep perjalanan waktu memang nggak pernah membosankan, apalagi dengan sentuhan cerita penjara yang memukau.

Cool Hand Luke

Cool Hand Luke adalah film klasik yang dirilis pada tahun 1967. Film ini diadaptasi dari novel berjudul sama yang mengisahkan seorang tahanan pemberontak di kamp penjara pada tahun 1950-an. Cool Hand Luke menjadi film yang paling berpengaruh karena mengusung semiotika yang kaya.

Sebagai bukti, film ini berhasil memenangkan banyak penghargaan termasuk Oscar untuk Aktor Pendukung Terbaik. Cool Hand Luke juga masuk dalam daftar film terbaik dan mendapat peringkat 100 persen di situs Rotten Tomatoes.

The Platform

The Platform adalah film baru yang dirilis oleh Netflix. Berbeda dengan film lain, The Platform mengusung konsep tahanan vertikal berupa lantai-lantai. Film yang berasal dari Spanyol ini kemudian mengisahkan tentang masalah pembagian makanan dari lantai atas sampai lantai bawah.

Yup film ini sangat sarat dengan kritik terhadap sistem kapitalisme dan menunjukan sifat paling buruk dari manusia. Menariknya, film ini diberi bumbu pemberontakan dan harapan yang membuat akhir ceritanya amat menarik.

Hunger

Selanjutnya ada film Hunger yang berkisah tentang mogok makan pada tahun 1981 di penjara Belfast, Irlandia Utara. Film ini berkisah tentang para tahanan yang tidak patuh dan menolak untuk makan. Tentu saja film ini kurang enak ditonton karena dipenuhi keputusasaan dan kematian karena bentuk protes.

Meski begitu depresif, film ini memiliki makna yang dalam dengan pengkarakteran yang kuat. Kamu akan dapat bayaran setimpal dengan ending yang memukau di akhir film ini. Coba tonton deh!

The Great Escape

Lalu ada The Great Escape. Film ini hasil adaptasi dari buku berjudul sama karangan Paul Brickhill. The Great Escape berkisah tentang pelarian tawanan perang Inggris dari Jerman pada tahun 1944, semasa Perang Dunia II.

Film penjara satu ini cukup terkenal dan berpengaruh pada budaya pop. Bahkan film ini kerap masuk sebagai referensi dalam budaya pop. Misalnya muncul di game Metal Gear, film Chicken Run sampai serial kartun The Simpsons.

The Green Mile

Stephen King memang seorang penulis hebat jika bicara soal penjara. Shawshank Redemption bukanlah satu-satunya film adaptasi berkisah tentang penjara dari buku miliknya. The Green Mile menjadi salah satu film penjara lain yang amat keren. Film satu ini memberikan nuansa supranatural dalam kisah penjara ini.

The Green Mile jadi salah satu film panjang yang ikonik dan punya durasi yang cukup lama. Namun durasi tersebut sepadan dengan tawa, air mata dan momen keren lainnya. Singkatnya film ini bisa memberikan kesan tersendiri yang sulit dilupakan.

Birdman of Alcatraz

Terakhir ada film Birdman of Alcatraz. Sama seperti judulnya, film ini berkisah tentang tawanan legendaris Alcatraz. Kita mengikuti sosok narapidana yang dapat julukan si manusia burung karena merawat beberapa burung pipit di halaman penjara.

Film ini tentu punya unsur drama yang kuat dan bisa membuat kamu merenung. Birdman of Alcatraz bukan sekadar memperlihatkan sistem penjara yang menindas, kehidupan para tahanan yang tidak layak. Tapi ia memperlihatkan bagaimana waktu berjalan di tempat hukuman tersebut. Begitu lambat dan membunuh.

Nah itu dia 10 film penjara terbaik dan keren yang sayang banget kalau kamu lewatkan. Dalam film penjara tersebut banyak adegan keren dari mulai pertarungan antar tahanan penjara sampai upaya kabur yang menegangkan. Gimana menurut kalian Popins? Apakah ada film penjara favorit kalian di atas? Atau kalian punya film favorit kalian sendiri? Yuk tulis di kolom komentar~

More Stories
Prasetia “Pepe” Biang Komik Receh yang Awalnya Cuma Buat Hore-hore
%d blogger menyukai ini: