6 Film Komedi Indonesia Garapan Stand Up Komedian. Udah Nonton?

Perlahan tapi pasti, seni stand up comedy atau komedi tunggal mulai menemukan penggemarnya di Indonesia. Bahkan para pelaku komedi tunggal ini punya jenjang karier yang cukup menjanjikan. Nggak sedikit para komika terkenal yang sudah bermain film sampai membuat film mereka sendiri. Yup, ada beberapa film komedi Indonesia yang digarap oleh seorang stand up komedian.

Buat kamu yang senang dengan film-film bergenre komedi yang mengocok perut, nggak ada salahnya untuk menonton beberapa film garapan para komika ini. Nah buat kamu yang mungkin bingung mau mulai dari mana, berikut ini Popculture.id merekomendasikan 6 film garapan seorang stand up komedian. Apa saja? Daripada penasaran, yuk langsung aja simak selengkapnya di bawah ini!

Partikelir

Pertama ada Partikelir. Komika senior Pandji Pragiwaksono menjadi sutrada sekaligus bintang dalam film ini. Secara singkat, Partikelir berkisah tentang dua orang sahabat yang terobsesi untuk menjadi detektif sejak mereka masing kecil. Dua orang tersebut kemudian terpisah karena urusan kuliah dan pekerjaan. Mereka kemudian bertemu kembali dan menjadi detektif untuk menyelesaikan kasus besar.

Mau Jadi Apa?

Soleh Solihun adalah nama besar di dunia komedi tunggal. Setelah namanya besar, mantan jurnalis ini kemudian berkesempatan untuk membuat filmnya sendiri. Mengusung genre komedi, Soleh Solihun membuat film berdasarkan kisah hidupnya saat masih menjadi mahasiswa. Film tersebut berjudul Mau Jadi Apa? yang mengisahkan perjuangan mahasiswa-mahasiswa Jurnalistik yang membuat media lifestyle di tengah kondisi politik 1998 yang memanas.

Cinta Brontosaurus

Raditya Dika menjadi salah satu komika terpopuler yang ada di Indonesia. Selama kariernya, Raditya Dika memang telah menunjukan kemampuannya untuk membuat cerita komedi dengan menulis beberapa buku novel. Menariknya, novel-novel karangannya tersebut kemudian mendapat adaptasi filmnya masing-masing. Cinta Brontosaurus menjadi film penting Raditya Dika mengingat ini adalah film kedua Raditya Dika yang mendapatkan apresiasi dari banyak orang.

Cek Toko Sebelah

Selanjutnya ada film Cek Toko Sebelah. Film ini sendiri disutradarai sekaligus dibintangi oleh stand up komedian senior Ernest Prakasa. Cek Toko Sebelah nggak bisa kita pungkiri menjadi salah satu film drama komedi terbaik yang pernah Ernest Prakasa buat. Secara singkat, film ini berkisah tentang kehidupan seorang pemuda yang galau memilih karier atau mengikuti kemauan sang ayah untuk meneruskan toko kelontong milik keluarga.

Ghost Writer

Lalu ada film Ghost Writer. Film ini menjadi debut bagi seorang Bene Dion. Nggak seperti film yang sudah kita bahas di atas, Ghost Writer sendiri mengusung genre horror-komedi. Sama seperti film horor pada umumnya, Ghost Writer berkisah tentang seorang perempuan yang baru pindah ke rumah baru yang ternyata merupakan rumah angker, misterius dan ditinggali oleh makhuk jadi-jadian. Menariknya, hantu tersebut bukan menggangu si perempuan, ia justru membantu sang perempuan mencapai cita-citanya dengan membantunya menulis cerita.

Comic 8

Terakhir ada seri film Comic 8. Sebenarnya film ini nggak disutradarai oleh seorang komika. Meskipun demikian, Film action komedi garapan Anggi Umbara ini menggaet nama-nama besar stand up komedian yang ada di Indonesia. Beberapa nama yang menjadi bintang dalam film ini antara lain Mongol Stress, Ernest Prakasa, Pandji Pragiwaksono, Arie Kriting, Bintang Bete, Fico Fahriza dan masih banyak komedian tunggal lainnya.

Nah itu dia beberapa film komedi Indonesia yang digarap oleh seorang stand up komedian. Gimana menurut kalian Popins? Adakah film yang sudah kamu tonton? Atau kamu punya film stand up komedian favorit kalian sendiri? Yuk tulis pendapatmu di kolom komentar~

More Stories
Neon Genesis Evangelion 3.0 + 1.0 Akan Akhiri Pertarungan EVA?
%d blogger menyukai ini: