Nggak Kalah, Ini 10 Film Karya Sutradara Perempuan Terbaik. Udah Tau?

Ada banyak sutradara laki-laki yang memiliki kualitas dan menelurkan beragam karya film yang ikonik dan fenomenal. Namun hari ini kita nggak akan membahas sutradara-sutradara laki-laki, untuk memperingati Internasional Women’s Day, Popculture.id akan membahas 10 film karya sutradara perempuan terbaik yang nggak kalah keren.

Nggak hanya keren, film karya sutradara perempuan terbaik ini juga ada yang fenomenal dan masuk dalam kategori film terbaik sepanjang masa. Nah buat kamu yang mungkin bosan menonton film yang disutradarai laki-laki, berikut adalah daftar 10 film karya perempuan yang sayang banget kalau kamu lewatkan.

Nomadland

Pertama ada film terbaru Nomadland. Film ini disutradarai oleh Chloé Zhao, seorang sineas keturunan Tiongkok. Noladland adalah sebuah film yang mengeksplorasi makna kesepian dan kesunyian dalam satu individu. Karena ceritanya yang berkualitas, film ini didapuk menjadi film terbaik di ajang Golden Globe 2021.

Jeanne Dielman, 23 Quai du Commerce, 1080 Bruxelles

Jeanne Dielman, 23 Quai du Commerce, 1080 Bruxelles adalah film klasik Perancis yang dirilis tahun 1975. Film yang disutradarai oleh Chantal Akerman akan membuat kamu terpana. Dengan durasi lebih dari dua jam dan hanya berlangsung di sebuah apartemen, karya ini amat ajaib.

Film ini bercerita tentang seorang perempuan yang terjebak dalam kehidupan dan tugas rumah tangga yang tak kunjung usai. Daialog terbatas dan emosional mengiringi setiap adegan sang tokoh utama mengerjakan setiap tugas-tugas rumah tangga biasa. Banyak orang yang menyebut kalau film ini merupakan karya film dengan konten feminisme yang sangat kental. Sampai sekarang, film ini masih sering diputar dan didiskusikan oleh gerakan-gerakan perempuan di seluruh dunia.

Beau Travail

Di akhir tahun 90-an, tepatnya tahun 1999, industri perfilman dunia dihebohkan dengan perilisan film asal Perancis berjudul Beau Travail. Film ini disutradara oleh Claire Denis dan bekerja sama dengan sinematografer Agnes Godard.

Secara singkat film ini bercerita tentang maskulinitas, lebih tepatnya kritik terhadap maskulinitas. Ceritanya sangat menarik dengan sinematografi yang ajaib. Setiap shot, gerakan, editing bak puisi yang sangat ekspresif.

The Piano

Jane Campion adalah sutradara film berhaulan feminis yang terkenal dan konsisten. Di setiap filmnya, ia selalu menempatkan perempuan sebagai pusat utama cerita. Nama Jane kemudian dikenal setelah ia merilis film pada tahun 1993 berjudul The Piano.

Film The Piano disebut-sebut sebagai film terbaik yang disutradarai oleh perempuan. Film ini mengisahkan kehidupan seorang perempuan yang diasingkan dengan anaknya dan bergelut dengan identitas dan cara untuk mengekspresikan dirinya sendiri.

Daisies

Daisies mungkin bukan film yang bisa ditonton oleh banyak orang. Pasalnya film ini sangat aneh dan absurd. Menceritakan petualangan dua perempuan bernama Marie yang mencoba lepas dari adat istiadat sosial. Film ini disutradarai oleh Věra Chytilová dan mendapatakan dukungan penuh dari negara Ceko terlepas dari konten feminis dan hal-hal subversif lain yang ada dalam film ini. Daisies adalah film yang menandai kebangkitan industri film Ceko.

Lady Bird

Selanjutnya ada film Lady Bird yang disutradarai oleh Greta Gerwig. Saat perilisan film ini, Greta mendapat banyak pujian karena berani mengangkat karya sensitif pada isu gender. Lewat tokoh remaja perempuan yang memberontak pada kehidupan ‘kolot’, Lady Bird dianggap sangat relate dengan kehidupan remaja perempuan di seluruh dunia.

Seven Beauties

Seven Beauties adalah film yang dirilis tahun 1975 dan disutradarai oleh Lina Wertmüller. Film ini menjadi salah satu film penting karenamampu membuat tema cerita yang biasa mampu memiliki sudut pandang yang berbeda. Pada dasarnya film ini berkisah tentang peristiwa Holocaust dan perang dunia kedua.

Frozen

Frozen mungkin nggak punya cerita sekuat film lain di daftar ini. Namun belum banyak yang tahu kalau salah satu sutradara film Disney ini adalah Jennifer Lee. Frozen juga berhasil membuktikan diri sebagai film yang sukses di antara film Disney lainnya.

Nggak hanya soal pendapatan, Frozen juga merupakan salah satu film Disney dengan gaya penceritaan yang paling beda. Saking berpengaruhnya film ini pada masyarakat, kalian pasti masih ingat masa saat orang-orang menyanyi lagu “Let it Go” dimana-mana.

The Kindergarten

Lalu ada film The Kindergarten. Film ini disutradarai oleh Sara Colangelo. The Kindergarten berkisah tentang seorang guru TK yang punya satu murid berbakat menulis puisi. Sang guru yang ingin melihat sang anak sukses dan berkembang mencoba meyakinkan orang tua murid tersebut.

Sayangnya perjalanan sang guru nggak mudah. Saking rumitnya cerita dalam film ini, ada banyak hal yang bisa kita diskusikan dari film ini. Dari mulai isu pendidikan, pola asuh, isu gender dan isu pedofilia.

Capernaum

Terakhir ada film dari Lebanon yang dibintangi oleh dua anak kecil berjudul Capernaum. Film yang disutradarai oleh Nadine Labaki ini mendapat banyak pujian dari kritikus film dan saat penayangannya di berbagai festival film. Nadine dianggap sukses menggambarkan kondisi nyata penelantaran anak, human trafficking dan pola asuh orang tua yang bobrok di Lebanon.

Nah itu dia 10 film yang disutradarai oleh perempuan. Gimana menurut kalian? Film-film di atas nggak kalah keren dari film karya laki-laki kan? By the way, kalian mau mulai nonton film yang mana dulu, nih?~

More Stories
dominic toretto fast furious 9 teaser trailer
Teaser Trailer Fast and Furious 9 – Ancaman Pada Keluarga Toretto?
%d bloggers like this: