5 Film Terbaik Makoto Shinkai Yang Wajib Tonton

makoto shinkai
Last updated:

Makoto Shinkai adalah seorang filmmaker dan animator asal Jepang yang sering disebut sebagai “The New Miyazaki” (Hayao Miyazaki adalah salah satu sutradara legendaris dari Studio Ghibli selain Isao Takahata). Film buatannya sangat khas dan berhasil merebut hati pecinta anime. Untuk itulah kali ini kami menampilkan beberapa film terbaik Makoto Shinkai.

Sebagai pembuat film, karir Makoto Shinkai sudah terbentang jauh sejak tahun 1999. Karya pertamanya adalah film pendek berjudul Kakomareta Sekai (The World be Enclosed). Ia meraih penghargaan pertamanya pada film Kanojo to Kanojo no Neko (She and Her Cat). Sejak saat itu, ia menghasilkan berbagai film yang kemudian meletakkannya sebagai sutradara ternama.

Nah, sampailah kita pada pertanyaan: Film apa saja yang harus ditonton?

1. Your Name (2016)

Saat ini, Your Name (judul asli Kimi no Na Wa) disebut merupakan film terbaik Makoto Shinkai. Film ini bercerita tentang bagaimana Taki, cowok asal Tokyo, dan Mitsuha, cewek dari kota kecil di desa, bertukar tubuh.

Film ini berhasil meraih banyak penghargaan. Selain itu, Kimi no Na Wa juga menjadi film anime dan film Jepang dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa. Film ini kemudian dilanjutkan dengan film Tenki no Ko (Weathering with You) yang rilis tahun 2019.

2. 5 Centimeters Per Second (2007)

5 Centimeter Per Second (judul asli Byōsoku Go Senchimētoru) adalah film yang terdiri dari tiga segmen. Yaitu: Cherry Blossom (Ōkashō), Cosmonaut (Kosumonauto), dan 5 Centimeters Per Second (Byōsoku Go Senchimētoru). Ketiga segmen itu bercerita seputar anak lelaki bernama Takaki Tōno, terentang dari awal tahun 90-an sampai 2008.

Film ini berhasil meraih beberapa penghargaan dan berhasil membuat dunia melirik Makoto Shinkai. Film ini terhitung relatif pendek untuk ukuran film layar lebar.

3. The Garden of Words (2013)

The Garden of Words (judul asli Kotonoha no Niwa) disebut oleh Makoto Shinkai sebagai salah satu karya terbaiknya. Film ini bercerita tentang seorang remaja pria, Takao Akizuki, yang sering bertemu dengan Yukari Yukino, perempuan berusia 27 tahun, di Shinjuku Gyoen National Garden.

Film ini berhasil meraih banyak penghargaan dan sukses di box office. Film ini memiliki durasi yang relatif pendek, yang sedikit mengecewakan banyak penonton.

4. Weathering With You (2019)

Film Weathering With You (judul asli Tenki no Ko) merupakan film terbaru Makoto Shinkai (paling tidak sampai artikel ini ditulis). Film ini bercerita tentang seorang remaja laki-laki yang lari dari rumah dan pergi ke Tokyo. Di sana ia berteman dengan gadis yatim piatu yang ternyata bisa mengontrol cuaca.

Film ini berhasil meraih 4 nominasi Annie Awards, yang membuatnya setara dengan Spirited Away (Hayao Miyazaki) dan Millenium Actrees (Satoshi Kon). Weathering With You juga disebut berhasil mengalahkan rekor film Your Name untuk pendapatan tiga hari pertama. Film ini akan mewakili Jepang di ajang Oscar tahun 2020.

5. Children Who Chase Lost Voices (2011)

Children Who Chase Lost Voices (judul asli Hoshi wo Ou Kodomo) merupakan film anime terpanjang Makoto Shinkai. FIlm ini bercerita tentang Asuna, seorang gadis kecil, yang berpetualang ke sebuah negeri bernama Agartha.

Dibanding film Makoto Shinkai yang lain, film ini lebih dekat dengan tema dari film-film Studio Ghibli (yah, film favorit Makoto Shinkai adalah Castle in the Sky).

Latest Reviews

More Stories
Butuh Piknik, THOR dan Spidey Tamasya ke Pulau Dewata
%d blogger menyukai ini: