Fujiko A. Fujio, Mangaka “Ninja Hatori” Meninggal Dunia

Kabar duka datang dari dunia manga dan anime. Fujiko A. Fujio, mangaka “Ninja Hatori” meninggal pada 7 April 2022 di usia 88 tahun.

Penggemar anime jadul tentu sudah tak asing lagi dengan “Ninja Hatori.” Ya, anime yang ceritanya fokus pada sosok ninja bernama Hatori ini sempat booming saat tahun 2000-an di Indonesia. Bahkan anime ini dulu sempat tayang di salah satu stasiun TV Indonesia selama beberapa tahun.

Di balik kesuksesan anime “Ninja Hatori,” tentu ada tokoh yang menjadi suksesornya yakni siapa lagi kalau bukan sang mangaka, Fujiko A. Fujio. Lewat tangan emasnya, Fujiko A. Fujio berhasil mengantarkan “Ninja Hatori” menjadi salah satu manga dan anime tersukses dalam sejarah.

Ditemukan Meninggal di Kediamannya

Sayangnya kabar mengejutkan datang dari Fujiko A. Fujio. Pria dengan nama asli Abiko Motoo itu kini telah tiada. Mangaka “Ninja Hatori” itu ditemukan tewas pada tanggal 7 April 2022 pagi waktu Jepang, di usia 88 tahun. Fujio ditemukan tewas di rumahnya di Kawasaki.

Dikutip dari TBS News, polisi melaporkan bahwa mereka menerima panggilan telepon darurat dari kediaman Fujio. Saat polisi bergerak ke lokasi kejadian, mereka sudah menemukan Fujio tak sadarkan diri di rumahnya. Belum sempat dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan medis, Fujio dinyatakan meninggal dunia.

Sampai saat ini belum diketahui pasti penyebab kematian Fujiko A. Fujio. Polisi juga mengungkapkan kalau mereka masih mendalami penyebab meninggalnya Fujiko A. Fujio. Namun menurut temuan saat ini, pihak kepolisian tidak menemukan adanya luka trauma pada tubuh sang mangaka.

Kilas Balik Perjalanan Hidup Sang Mangaka “Ninja Hatori”

Fujiko A. Fujio atau Abiko Motoo lahir di Toyama, 10 Maret 1934. Mungkin ada yang belum tahu, sebenarnya Fujiko A. Fujio dulu sempat tergabung dalam duo mangaka bernama Fujiko Fujio pada tahun 1951, bersama Hiroshi Fujimoto (mangaka “Doraemon). “Fujiko Fujito” adalah nama samaran mereka berdua.

Mendiang Fujiko F. Fujio (Kiri) dan Fujiko A. Fujio (Kanan)

Sayangnya pada tahun 1986, Abiko Motoo dan Hiroshi Fujimoto memutuskan untuk berpisah. Ironisnya pembubaran ini terjadi setelah Fujimoto positif menderita kanker hati dan penyakit jantung. Fujimoto sendiri telah wafat pada 23 September 1996.

Sebelum rekannya wafat, mereka berdua sempat melanjutkan profesi sebagai mangaka menggunakan identitasnya masing-masing. Hiroshi Fujimoto menggunakan nama samaran “Fujiko F. Fujio.” Sedangkan Abiko Motoo menggunakan nama samaran “Fujiko A. Fujio” seperti yang kita kenal saat ini.

Setelah menjadi solo mangaka, Fujiko A. Fujio mulai menelurkan berbagai manga populer. Katakanlah seperti “Ninja Hatori,” “Shonen Jidai,” “Manga Michi,” “Kaibutsu Kun,” dll.

Fujiko A. Fujio tak hanya terkenal lewat karya-karyanya yang populer. Namun Fujio juga dikenal sebagai salah satu mangaka senior yang memiliki kepribadian menyenangkan dan rendah hati. Makanya nggak heran kalau beliau sangat disegani oleh semua mangaka yang ada saat ini.

Kini sang mangaka “Ninja Hatori” Fujiko A. Fujio telah meninggal. Cuma karya beliau lah yang kini bisa kita buat untuk mengenang sosok Fujiko A. Fujio. Selamat jalan sensei..

Yuk, lanjut baca
Gal Gadot Akan Jadi Mata-Mata Di Film Original Heart of Stone
%d blogger menyukai ini: