Haki, Kekuatan Misterius dalam Serial One Piece

Haki, Kekuatan Misterius dalam Serial One Piece

Dalam serial One Piece terdapat sebuah kekuatan aura misterius yang dinamakan Haki. Konsep Haki ini sekilas hampir sama dengan Chakra pada serial Naruto, Nen pada serial Hunter x Hunter dan Ki pada serial Dragon Ball.

Konsep aura ini dipopulerkan oleh serial Dragon Ball. Seperti yang kita tahu bahwa Dragon Ball merupakan serial anime yang paling populer di tahun 90 an dengan konsep auranya. Kemudian konsep ini diteruskan oleh serial-serial anime setelahnya. One Piece adalah salah satunya.

Apa Itu Haki?

Haki pertama kali diperlihatkan oleh Shanks, yang saat itu sedang menyelamatkan Luffy dari terkaman monster laut. Tapi konsep Haki baru terungkap setelah Luffy berada di Pulau Sabaody dan Amazon Lily. Kemudian secara detail dijelaskan oleh Rayleigh saat melatih Luffy di Rusukaina.

Haki sangat berguna untuk melawan kekuatan buah iblis. Pada awal serial one piece, seseorang yang mempunyai kekuatan iblis selalu dianggap sangat kuat.

Tetapi hal tersebut tidak berguna lagi setelah Haki mulai diperkenalkan. Bahkan bisa jadi pengguna Haki lebih kuat dari para pemakan buah iblis, seperti halnya Garp, Shanks dan Rayleigh.

Jenis dan Tingkatan Haki dalam One Piece

Secara umum, ada 2 jenis Haki yang bisa dipelajari semua orang, yakni Kenbunshoku Haki dan Bushoshoku Haki. Namun ada jenis Haki yang hanya orang tertentu saja bisa memilikinya, yakni Haoshoku Haki.

Haki bisa dibangkitkan dengan cara melatihnya dengan keras, atau bisa juga karena mengalami peristiwa yang berat. Artinya semakin serius dia melatih Hakinya, semakin kuat pula efeknya.

Kenbunshoku Haki atau Observation Haki

Haki ini memungkinkan penggunanya untuk merasakan keberadaan lawan disekitarnya. Cara kerjanya tidak jauh berbeda dengan indra keenam. Jadi, dengan Kenbunshoku Haki, lawan tidak akan bisa bersembunyi karena auranya pasti akan terdeteksi.

Karena itu, tidak heran jika Fujitora meskipun ia buta, ia bisa merasakan keberadaan orang di sekitarnya.

Bukan hanya itu, Haki ini juga mampu merasakan kekuatan, emosi bahkan keinginan lawannya. Pada level tertentu Haki ini memungkinkan penggunanya melihat masa depan meski hanya beberapa detik. Seperti yang dilakukan Katakuri saat bertarung dengan Luffy.

Bushoshoku Haki atau Armament Haki

Bushoshoku adalah Haki persenjataan, baik untuk bertahan atau menyerang. Haki jenis ini mampu menguatkan tubuh penggunanya dari dalam dan melapisi fisiknya dengan energi. Tidak sedikit juga karakter di One Piece yang mampu mengalirkannya pada senjata, misalnya Zoro.

Haki jenis inilah yang paling efektif digunakan ketika bertarung melawan pemilik buah iblis tipe Logia yang notabene tak bisa dihajar dengan kekuatan fisik saja.

Pada level lebih lanjut, Haki ini bisa mengalirkan kekuatan dari dalam tubuh penggunanya, sehingga mampu menghempaskan lawan tanpa menyentuhnya secara fisik.

Seperti yang dilakukan Rayleigh saat menghajar monster di Sabaody, dan teknik Ryuo yang dipelajari Luffy di pulau Udon bersama kakek Hyogoro.

Haoshoku Haki atau Haki Raja

Inilah Haki dengan tingkat tertinggi, yakni Haoshoku Haki. Tidak semua orang bisa mendapatkan Haoshoku Haki meski ia berlatih sekalipun. Karena hanya orang tertentu saja yang dianugerahi jenis Haki ini sejak kecil. Dengan kata lain potensi kepemilikan Haki ini adalah bawaan yang tidak semua orang bisa mendapatkannya.

Rata-rata orang yang diberkahi dengan Haoshoku Haki adalah orang-orang besar, seperti raja bajak laut Gol D. Roger, Akagami No Shanks, dan Luffy sendiri.

Cara kerja haki ini sangat misterius, karena penggunanya mampu mendominasi lawan dari auranya saja. Jadi orang-orang sekitar yang kekuatannya jauh lebih rendah akan merasa terintimadi bahkan sampai pingsan.

Pada level tertentu, pengguna haki ini mampu mengalirkan tenaganya pada sebuah senjata. Seperti yang telah dilakukan Kaido pada Luffy di awal pertemuan mereka.

Tambahan

Layaknya stamina, Haki juga memiliki batas tertentu. Semakin lama digunakan maka semakin cepat terkuras dan lemah. Contohnya seperti Luffy yang hanya bisa bertahan 10 menit saja pada mode Gear Four.

Karena itu, dibutuhkan banyak latihan agar penggunaan Haki bisa bertahan lebih lama. Misalnya Katakuri yang mampu mengaktifkan Hakinya setiap saat dengan cara menakar penggunaannya.

Yuk, lanjut baca
margot robbie harley quinn bird of prey
Sebelum Nonton Birds of Prey, Kenalan Yuk Dengan Harley Quinn
%d blogger menyukai ini: