Serial Fantasi Terbaik: Kerajaan, Kekuatan Magis, Monster!

Gambar oleh: jbrown67

Kalau kamu suka film Harry Potter atau Lord of the Rings, kemungkinan besar kamu tertarik dengan cerita dengan genre fantasi. Nah, untuk itu, kali ini kami mau memberikan rekomendasi beberapa serial (TV show) fantasi terbaik yang bisa kamu ikuti.

Kisah fantasi memang memikat. Mungkin karena kita bisa melihat dunia imajinasi yang luar biasa, di samping kisah yang heroik dari tokoh-tokohnya dan pertempuran yang epik.

Soal Genre Fantasi

Fantasi merupakan salah satu genre cerita fiksi yang biasanya melibatkan elemen magis dan tidak jarang juga mendapat pengaruh dari mitologi dan dongeng dari berbagai wilayah di dunia.

Genre ini secara umum terpisah dari fiksi ilmiah, walau kadang bersinggungan. Paling tidak, kamu bisa mengenali cerita fantasi dari kehadiran elemen magis, seperti sihir (baik kemampuan maupun karakter), ras (elf, dwarf, dll), dan makhluk (monster).

ilustrasi Gandalf oleh John Howe

Saat ini fantasi termasuk salah satu genre yang paling populer. Kehadirannya bisa kamu temui di buku, film, acara TV, komik, sampai video game. Kadang, genre fantasi juga sering disebut dengan istilah ‘dungeon and dragons.’

Serial TV Fantasi Terbaik

Kebanyakan serial ini merupakan adaptasi dari buku. Walau begitu ada juga yang dikembangkan dengan cerita asli berdasar kisah yang ada di buku.

Nah, inilah serial yang wajib kamu tonton:


Game of Thrones

Siapa yang tidak kenal “Game of Thrones”? Serial yang diangkat dari seri novel “A Song of Ice and Fire” karya George R. R. Martin ini menjadi pusat perhatian dunia sepanjang tahun 2011 – 2019. Serial ini memiliki total 73 episode yang terbentang sepanjang 8 season.

Sayangnya, ketika serial ini sampai di cerita yang belum ada novelnya, kualitasnya menurun (3 season terakhir). Bahkan season terakhir mendapat kritik pedas dari para penggemarnya.

Serial ini kini bisa kamu tonton di HBO Go.


House of the Dragon

Serial “House of the Dragon” merupakan prekuel dan salah satu spinoff “Game of Thrones.” Berlatar 200 tahun sebelum kejadian di “GoT,” serial ini berkisah soal konflik perebutan kekuasaan di dinasti Targaryen. Sebagian kisahnya berdasarkan buku “Fire and Blood” karya George R. R. Martin.

Serial “House of the Dragon” mulai tayang 22 Agustus 2022 (waktu Indonesia) dengan 10 episode di musim pertama. Kamu bisa menyaksikannya di HBO Go.


Rings of Power

Serial “Rings of Power” akan menjadi prekuel dari film “The Lord of the Rings” dan “The Hobbit.” Berlatar Masa ke-2 Middle Earth, serial fantasi ini akan bercerita soal penciptaan Ring of Power, kebangkitan Sauron, jatuhnya bangsa Numenor, dan aliansi terakhir Elf dan Manusia.

Serial ini mulai tayang di Prime Video tanggal 2 September 2022 dengan tiap episode hadir tiap minggu.


Shadow & Bones

Serial “Shadow and Bones” diangkat dari 2 seri buku Grishaverse, “Shadow and Bones” dan “Six of Crows” karya Leigh Bardugo. Seri ini mengikuti perjalanan Alina Starkov, yang menemukan kalau ia adalah seorang Grisha dan bisa menentukan nasib negara Ravka.

Serial “Shadow and Bones” bisa kamu temukan di Netflix.


The Wheel of Time

Serial “The Wheel of Time” diangkat dari seri novel karya Robert Jordan dengan judul yang sama. Seri yang seringkali dianggap termasuk novel fantasi terbaik.

Serial ini mengikuti petualangan Moiraine, anggota Aes Sedai, dan 5 anak muda yang menjadi calon reinkarnasi Sang Naga. Reinkarnasi ini disebut akan menentukan nasib dunia dari tangan the Dark One.

Serial “The Wheel of Time” bisa kamu ikuti di Prime Video dengan musim pertama sepanjang 8 episode. Musim kedua akan tayang, dan Amazon sudah merencanakan musim ketiga.


The Witcher

Serial “The Witcher” berasal dari seri buku karya Andrej Sapkowski dengan judul sama. Seri ini mengikuti petualangan Geralt of Rivia dalam melindungi Ciri, putri dari Cintra, yang bisa mempengaruhi nasib dunia mereka.

“The Witcher,” yang lebih dulu populer sebagai video game, bisa kamu tonton di Netflix.


Persaingan Serial Fantasi

Bisa kamu lihat dari beberapa rekomendasi serial fantasi di atas, kalau berbagai layanan streaming sibuk menggenjot genre ini. Yang mungkin terlihat jelas adalah persaingan dunia Westeros di HBO dan dunia Middle-Earth di Amazon.

Tapi di sisi lain, Amazon pun punya “The Wheel of Time” dari buku karya Robert Jordan yang tidak kalah populer dari “A Song of Ice and Fire” karangan George R. R. Martin. Di samping itu ada pula “The Witcher” di Netflix yang sudah punya fans tersendiri.

Kabarnya, seri buku “Eragon” juga akan diangkat menjadi serial TV. Nah, kalau sudah lebih jelas informasinya, nanti akan kami masukkan juga di daftar ini.

Nah, silakan perhatikan ketersediaan dan tanggal tayangnya untuk bisa mengikuti serial pilihan kamu. Eh, tapi… yang mana yang jadi favoritmu?

Yuk, lanjut baca
WOW! Inilah 5 Sinetron Indonesia dengan Jumlah Episode Terbanyak
%d blogger menyukai ini: