“House of the Dragon” Episode 4: Hubungan Daemon & Rhaenyra

Setelah menghadirkan pertempuran di episode sebelumnya, serial “House of the Dragon” episode 4 kembali ke ritme drama. Tapi di sini mulai ditunjukkan hubungan lebih jauh antara Rhaenyra dan Daemon Targaryen.

Episode ini menyorot masalah pernikahan demi kepentingan politik. Baik usaha perjodohan Rhaenyra maupun pernikahan Alicent Hightower dan Raja Viserys. Kedatangan Daemon di King’s Landing memicu hal itu lebih jauh.

Daemon & Rhaenyra

Episode 4 “House of the Dragon” dibuka dengan tur Rhaenyra di sebuah wilayah sebagai salah satu usaha perjodohannya. Dalam perjalanan pulang ke King’s Landing, rombongan Rhaenyra dikejutkan oleh Daemon yang lewat dengan menunggang Caraxes.

Kemenangan Daemon di Stepstones dirayakan di Red Keep. Namun seperti acara-acara besar sebelumnya, Rhaenyra merasa terasingkan. Daemon rupanya memperhatikan hal ini dan kemudian secara sembunyi-sembunyi memberitahu jalan rahasia keluar kastil.

Dengan menyamar, Daemon menunjukkan pada Rhaenyra kehidupan jalanan King’s Landing. Termasuk melihat bagaimana pendapat rakyat terhadap pemilihan Rhaenyra sebagai penerus tahta.

Tidak hanya itu, Daemon juga menunjukkan daerah pelacuran King’s Landing. Ia menyebutkan kalau pernikahan adalah sebuah tugas. Namun kesenangan adalah hal lain lagi. Daemon dan Rhaenyra kemudian berciuman.

Hubungan Sedarah di Westeros

Melihat hal adegan itu, kita mungkin teringat bahwa tidak ada keluarga yang normal di Westeros. Ingat hubungan Cersei dan Jamie Lannister di serial “Game of Thrones”?

Sejarah Westeros sendiri sudah menunjukkan hal itu. Hubungan sedarah ini pun lebih terlihat lagi di House of Targaryen.

Aegon I Targaryen (The Conqueror) pun memperistri dua saudara perempuannya, Visenya dan Rhaenys. Kemudian anak Aegon I, Aenys Targaryen, menikahi sepupunya, Alyssa Velaryon. Aenys Targaryen pun kemudian menikahkan anak laki-laki dan perempuannya, Aegon (The Uncrowned) dan Rhaena, satu sama lain.

Raja Jaeherys I bahkan menetapkan kebijakan yang membolehkan hubungan incest wangsa Targaryen. Alasannya, dewa-dewa Valyrian berbeda dengan dewa-dewa di Seven Kingdoms. Tradisi ini pun terus berlanjut.

Walau begitu, di epidose 4 “House of the Dragon” ini, Raja Viserys tidak suka dengan pendekatan Daemon ke Rhaenyra. Ia dianggap mengacaukan rencana perjodohan Rhaenyra.

Jawaban Daemon singkat. Nikahkah saja ia dengan Rhaenyra. Jawaban ini membuat Raja Viserys lebih marah lagi.

Bagi penonton yang sudah tahu riwayat Targaryen era Dance of the Dragon pasti sudah tahu perkembangannya. Tapi toh melihat bagaimana kejadian-kejadian itu diceritakan di serial ini menjadi daya tarik tersendiri.

SPOILER! Daemon Targaryen akhirnya menikah dengan Rhaenerys dan jadi suami keduanya.

Toh, walau hubungan Daemon dan Rhaenyra menjadi salah satu hal menarik di sini, kesadaran dan keputusan Raja Viserys di akhir episode juga tidak kalah menarik.

Yuk, lanjut baca
Keren! Junho 2PM Terlihat Kharismatik di Preview “The Red Sleeve Cuff”
%d blogger menyukai ini: