Jadwal Event Musik Indonesia Tahunan, Awas Ketinggalan!

Event Musik Indonesia Tahunan

Menikmati musik dari youtube? Boleh-boleh saja. Apalagi kalau itu sebagai pengawal sekaligus pemandu kegalauanmu. Karena musik memang begitu, seolah-olah paling bisa memahami perasaanmu.

Tapi lain waktu mungkin kamu perlu coba membuka pintu, dan berkerumun dengan massa dalam sebuah konser pilihanmu. Maka kamu akan tahu, bahwa ada hal lain yang bisa musik lakukan kepadamu.

Karena itu, aku mau berbagi informasi buat kamu yang—harus—suka musik. Siapa tau setelah ini kamu mau keluar rumah demi musik. Informasi itu adalah jadwal event musik Indonesia tahunan.

Bagi yang sudah biasa ini hanya nostalgia. Tapi bagi yang belum pernah, cobalah berangkat sekali saja.

Berikut adalah berbagai festival musik Indonesia dan jadwal mainnya:

Soundrenaline

Soundrenaline adalah event musik yang sudah ada sejak tahun 2002. Biasanya konser ini digelar dari kota ke kota. Jadi untuk jadwalnya pun susah ditebak.

Tapi sayangnya konser terakhir mereka diselenggarakan secara virtual pada tanggal 15 Oktober 2021 hingga 14 November 2021. Tahulah sebabnya, corona.

Sedangkan untuk tahun ini, belum ada yang tahu pasti kapan tanggal mainnya. Yang jelas infonya sekitar bulan September di pulau dewata, Bali. Btw Thor dan Spiderman juga pernah main ke sini loh.

Biasanya Soundrenaline selalu dihadiri oleh banyak sekali musisi papan atas lintas genre. Bahkan tidak hanya memakai satu panggung, namun sekitar 4 atau 5 panggung dalam satu waktu. Jadi apapun genremu, tidak ada alasan untuk absen ya.

Java Jazz Festival

Jangan salah paham ya. Kalau dilihat dari namanya, Java Jazz Festival, awalnya memang untuk genre Jazz saja. Tapi makin ke sini, semua genre musik ikut hadir, dari pop hingga rock.

Bisa dibilang, JJF adalah konser musik terbesar di Indonesia. Pertama kali muncul tahun 2005 di Senayan, yang saat itu langsung dibanjiri oleh 88 musisi sekaligus, 25 dari luar negeri dan 63 dari Indonesia sendiri.

Jadwal tahun ini, sudah digelar pada tanggal 27 – 29 Mei lalu di JIEXPO Kemayoran Jakarta.

Dieng Culture Festival

Nah kalau mau menghadiri event ini, siapkan jaket tebal ya. Pasalnya DCF selalu dilaksanakan di desa tertinggi Wonosobo, yakni Dieng.

Jazz Atas Awan memang menjadi acara puncak di festival ini. Tapi sebelum itu ada beberapa tradisi unik dalam susunan acaranya. Mulai dari cukur rambut gimbal, festival lampion, hingga festival caping.

Jika kamu mau ikut, masih ada waktu kok. Bertajuk “Return of The Light” DCF akan diselenggarakan pada tanggal 2 – 4 September 2022 ini.

Ngayogjazz

Kalau ini adalah event Jogja punya. Karena lokasi eventnya memang berada di plosok-plosok desa yang ada di Yogyakarta. Menurutku ini adalah event yang sangat unik, karena menyulap desa biasa menjadi panggung raksasa.

Musisi yang hadir kebanyakan bergenre Jazz. Tapi yang namanya Jazz pasti temenan baik sama Blues. Jadi nggak heran, kalau GBS (Gugun Blues Shelter) pernah jadi bintang utama di festival ini.

Untuk tahun ini, Ngayogjazz ada di tanggal 19 November 2022.

Prambanan Jazz

Nah kalau festival ini, kalian bisa teriak sambil berwisata. Karena konser ini selalu bertempat di Candi Prambanan sejak 2015.

Sayangnya Prambanan Jazz sudah terlaksana di 1 & 2 Juli 2022 kemarin. Tapi kamu nggak perlu khawatir. Acara ini hadir tiap tahun kok. Jadi kita tinggal tunggu jadwal 2023 nanti.

Jazz Gunung

Tak jauh beda dengan DCF, butuh jaket kalau mau hadir di Jazz Gunung, karena Bromo jadi lokasi satu-satunya festival ini.

Acara ini baru saja usai digelar, yakni tanggal 22 & 23 Juli 2022.

We The Fest

We The Fest jadi festival yang agak berbeda dengan yang lain. Soalnya kebanyakan yang hadir adalah musisi dari berbagai negara. Genrenya pun berbeda-beda.

Untuk jadwal, biasanya menjelang akhir tahun. Terutama 2022 ini akan berlangsung tanggal 23 – 25 September di Jakarta.


Itulah sebagian event musik indonesia tahunan yang hampir tidak pernah bolos manggung tiap sesinya. Euforia penontonnya pun tidak kalah dengan supporter bola, bahkan bisa dibilang lebih meriah.

%d blogger menyukai ini: