Joker – Tokoh Komik yang Menerima Dua Piala Oscar

"Put on a happy face"

Joker The Killing Joke

Bong Joon-Ho beserta film Parasite merayakan kemenangan besar di ajang Oscar 2020. Namun, ada tokoh lain yang diam-diam ikut merayakan penghargaan bergengsi itu. Joker tersenyum setelah menjadi satu-satunya tokoh komik yang menerima dua piala Oscar dari pemerannya.

Sebuah film fantasi, terutama yang diangkat dari komik, biasanya menerima penghargaan di sisi efek visual, editing, kostum, atau hal teknis film lain. Para pemeran tokoh komik ini biasanya kalah dengan aktor atau akris yang memainkan film drama. Tapi tidak untuk Joker.

Karakter Menantang

Karakter Joker memang menantang. Apa yang ada di dalam benak musuh Batman ini sebenarnya penuh misteri. Di komik sendiri muncul banyak versi Joker dengan berbagai latar. Yah, paling tidak ada teori yang menyebutkan tiga Joker berbeda.

jack nicholson sebagai joker

Tokoh Joker sudah muncul beberapa kali di layar lebar. Yang paling gampang disebut adalah yang diperankan oleh Jack Nicholson di film Batman (1989), diperankan oleh Heath Ledger di The Dark Knight (2008), diperankan oleh Jared Leto di Suicide Squad (2016), dan tentu saja yang diperankan oleh Joaquin Phoenix di Joker (2019).

Joker yang diperankan oleh Jack Nicholson berhasil mendapat nominasi Aktor Pembantu Terbaik BAFTA dan nominasi Aktor Terbaik Golden Globe. Sedangkan yang diperankan oleh Jared Leto… sudahlah, kita lewati saja.

Joker versi Heath Ledger

Joker yang diperankan oleh Heath Ledger merupakan fenomena global pertama. Heath Ledger berhasil menampilkan karakter Joker dengan begitu baik, sampai semua aspek karakternya menjadi bahan pembicaraan. Dialognya, caranya berbicara, gerak tubuhnya, dll.

Heath Ledger sebagai Joker di film The Dark Knight

Heath Ledger, sebagai pemeran Joker, kemudian mendapat piala Oscar untuk Aktor Pembantu Terbaik di tahun 2009, setelah ia meninggal dunia. Ia juga menerima penghargaan BAFTA untuk Aktor Terbaik, dan penghargaan Golden Globe untuk Aktor Pembantu Terbaik.

Walau awalnya dipandang sebelah mata, Heath Ledger disebut sangat antusias ketika mencari karakter yang pas untuk peran Joker ini. Ketika ia berhasil menemukan karakter itu, semua terpana dan mengakui kehebatannya. “Why so serious…?

Joker versi Joaquin Phoenix

Film Joker yang dirilis tahun 2019 hadir secara independen, terlepas dari DCEU. Film ini secara khusus bercerita tentang Arthur Fleck yang kemudian menjadi “Joker”. Joaquin Phoenix, yang sebelumnya sudah menolak peran superhero dari Marvel, menerima peran Joker karena hal itu.

Joaquin Phoenix sebagai joker

Joaquin Phoenix berhasil membawakan Joker versinya sendiri dengan tidak kalah brilian. Mulai dari emosi yang tidak stabil sampai tawa yang “sakit”. Walau film ini menjadi kontroversial karena isu sosial, Joaquin berhasil menampilkan apa yang ada di balik benak badut kriminal ini.

Ia pun menerima penghargaan Oscar untuk Aktor Terbaik. Selain itu, ia juga menerima penghargaan untuk Aktor Terbaik di BAFTA dan Aktor Terbaik di Golden Globe.

Sampai saat ini, Joker adalah tokoh fiksi kedua yang menerima dua piala Oscar selain Vito Corleone di film The Godfather. Ia pun menjadi tokoh komik pertama yang menerima dua piala Oscar.

That’s what I call The Killing Joke…

Latest Reviews

More Stories
poster tnm
Epic! X-Men: The New Mutants Merilis Poster Perdananya.
%d blogger menyukai ini:
Lewat ke baris perkakas