Parasite – Film Berbahasa Asing Pertama yang Raih Film Terbaik Oscar

bong joon-ho parasite oscar 2020

Film Parasite besutan Bong Joon-Ho berhasil mencetak sejarah dengan meraih Film Terbaik di Oscar 2020. Ini membuat Parasite menjadi film berbahasa asing pertama yang mendapat penghargaan bergengsi tersebut.

Sebelum ini, Oscar selalu memberikan penghargaan Film Terbaik kepada film-film berbahasa Inggris. Film dengan bahasa asing memiliki kategorinya sendiri. Pemisahan kategori ini kerap menjadi perdebatan sengit karena ada film bagus namun bukan berbahasa Inggris.

Di Oscar 2020, kategori Film Berbahasa Asing Terbaik diubah namanya menjadi Film Internasional Terbaik. Keputusan ini terjadi karena istilah “Asing” sudah tidak sesuai dengan kondisi perfilman global.

Sebelum ini, Parasite sudah membuat rekor sebagai film Korea Selatan pertama yang menjadi nominasi Oscar untuk Film Terbaik. Di samping berhasil memenangkan kategori Film Internasional Terbaik, akhirnya Parasite juga berhasil mematahkan tradisi dan menjadi pemenang kategori bergengsi itu.

film parasite

Dengan begitu, film tragicomedy ini berhasil mengalahkan 1917, Ford v Ferrari, The Irishman, Joker, Jojo Rabbit, Little Woman, Marriage Story, dan Once Upon a Time in Hollywood.

Selain itu, Parasite juga memenangkan dua kategori lain di ajang Oscar 2020. Yang pertama adalah penghargaan untuk Sutradara Terbaik yang jatuh pada Bong Joon-Ho, dan film dengan Skenario Asli Terbaik yang jatuh pada Bong Joon-Ho dan Han Jin-Won.

Secara keseluruhan, film Parasite berhasil meraih 4 penghargaan (dari 6 nominasi) di tahun 2020 ini, yaitu untuk kategori Film Terbaik, Film Internasional Terbaik, Sutradara Terbaik, dan Skenario Asli Terbaik.

Kemenangan ini tentu menjadi kabar baik bagi perfilman internasional secara umum, dan Korea Selatan secara khusus. Selamat untuk Bong Joon-Ho dan tim produksi film Parasite.

Jangan lupa baca juga review film Parasite dari kami.

Latest Reviews

More Stories
film mulan mundur karena corona
Daftar Film Yang Ditunda Karena Virus Corona
%d blogger menyukai ini: